Mempersiapkan Kandang Pleci Untuk Lomba Agar Rajin Bunyi dan Prima

Home | Burung Pleci | Mempersiapkan Kandang Pleci Untuk Lomba Agar Rajin Bunyi dan Prima

Mempersiapkan kandang pleci untuk lomba tentu menjadi salah satu hal yang tak boleh anda lewatkan. Jangan sampai pleci kesayangan anda macet bunyi hanya karena kurang nyaman dengan kandangnya. Maka dari itu, perhatikan sangkarnya sebelum benar-benar melombakan pleci anda.

Perlu untuk anda ketahui, sangkar yang digunakan untuk lomba tentu saja berbeda dengan kandang untuk harian. Tak hanya soal kenyamanan saja, akan tetapi juga keindahannya. Supaya pleci anda lebih mencuri perhatian, tentu saja anda harus menggunakan kandang yang menarik.

caragacor.com

Burung pleci yang hendak dilombakan haruslah dibuat senyaman mungkin dengan menempatkannya di sangkar. Dalam hal ini, kandang pleci untuk lomba yang sesuai yaitu sangkar yang dibuat dengan kayu. Dengan menggunakan kayu, sangkar akan terkesan alami dengan daya tarik tersendiri.

Bahan kayu ini juga bisa dipadukan dengan bambu di bagian jerujinya. Untuk membuat sangkarnya, anda tak perlu menggunakan bahan besi. Hal ini dikarenakan bahan kayu sudah terbukti kuat sebagai kandang burung pleci.

Berbeda dengan lovebird yang bisa mematahkan jeruji berbahan kayu sehingga lebih cocok menggunakan sangkar yang berbahan besi. Selain karena bentuk paruhnya yang pendek, burung pleci juga berukuran kecil sehingga aman di dalam sangkar berbahan kayu dan bambu.

Saat anda ingin melombakan pleci, anda juga disarankan untuk menggunakan sangkar yang terdapat ukiran. Tampilan sangkar akan menarik apabila ukirannya terlihat di sekelilingnya. Selain membuat pleci merasa nyaman, sangkar ini juga mempercantik penampilannya saat lomba.

Dengan menggunakan bahan kayu dan bambu, sangkar untuk burung pleci pastinya akan lebih menarik jika didesain dengan model yang berbeda. Adapun salah satu modelnya yaitu kandang dengan bentuk bulat.

Perlu untuk anda ketahui, kandang dengan model bulat bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Model kandang burung pleci untuk lomba ini bisa didesain dengan warna yang beragam. Hal ini dilakukan untuk memberi kesan yang unik dan menarik.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki kandang dengan bentuk bulat. Adapun salah satu kelebihannya yaitu lebih praktis. Dengan modelnya yang bulat, anda bisa dengan mudah membawa sangkar pleci kemanapun yang anda mau. Maka jangan heran jika model sangkar ini recommended untuk dibawa ke acara lomba.

Hanya saja, anda harus memperhatikan ukuran sangkarnya. Jangan sampai ukuran kandangnya membuat pleci merasa kesempitan sehingga tak bisa bergerak secara leluasa. Perlu diketahui, hal tersebut akan membuat pleci merasa tak nyaman.

Selain bulat, anda juga bisa gunakan kandang pleci untuk lomba dengan model persegi. Jika dibandingkan dengan model bulat, sangkar berbentuk persegi memang jarang dibawa ke acara lomba.

Bukan tanpa alasan. Tak sedikit penghobi burung yang merasa sangkar berbentuk persegi terkesan kurang praktis. Bentuknya yang persegi juga lebih banyak menghabiskan tempat.

Walau demikian, tak ada salahnya jika anda membawa sangkar berbentuk persegi ke acara lomba. Pasalnya, model sangkar pleci yang satu ini sangat baik untuk mental burung.

Perlu diketahui bahwa sangkar pleci yang berbentuk persegi memiliki garis batas yang bisa dijangkau secara baik oleh penglihatan pleci. Penglihatan burung pleci bisa semakin luas sehingga merasa lebih nyaman di dalam sangkarnya.

Jika dibandingkan dengan sangkar berbentuk bulat, kandang persegi bisa membuat pleci lebih aktif dalam beraktivitas. Dengan demikian, pleci akan lebih rajin berkicau. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi anda yang ingin melombakannya.

Sangkar pleci dilengkapi dengan berbagai aksesoris, salah satunya tenggeran. Dalam hal ini, anda bisa memilih tenggeran yang dibuat dengan bahan plastik. Sebenarnya anda juga bisa gunakan bahan kayu dengan pertimbangan tersendiri.

Hanya saja, bahan plastik terbukti lebih kuat jika dibandingkan dengan material kayu. Namun hal tersebut sesuai dengan selera anda. Dengan menggunakan bahan plastik, sangkar pleci juga terkesan lebih menarik dan rapi.

Bagi anda yang ingin menampilkan kesan alami, anda bisa hadirkan tenggeran dengan dahan atau ranting pohon di dalam sangkar. Adapun dahan yang cocok untuk pleci diantaranya yaitu ranting pohon asam, pohon jambu air dan lain sebagainya.

Namun sebelum anda memasangkan tenggeran dengan dahan pohon, pastikan anda membersihkannya terlebih dahulu. Dengan demikian, pleci bisa lebih nyaman saat mencengkeramnya. Apalagi jika ukurannya disesuaikan dengan cengkeraman pleci.

Selain tenggeran, pastikan anda juga melengkapi kandang pleci untuk lomba dengan kerodong (penutup). Kerodong ini memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi kerodong yaitu menjaga pleci agar lebih tenang, tak gacor sebelum dilombakan dan mengoptimalkan kicaunya saat lomba.

Ketika lomba, anda bisa menyiapkan dua kerodong sekaligus. Satu kerodong dibuat dengan kain tipis, sementara satu kerodongnya lagi dibuat dengan kain yang tebal. Kerodong tipis digunakan ketika di rumah sebelum berangkat untuk dilombakan.

Lain halnya jika anda sudah membawa pleci ke area lomba, anda bisa gunakan kain kerodong yang tebal. Dijamin pleci kesayangan anda bisa ikut lomba secara maksimal. Hasilnya pastinya tak akan mengecewakan anda.

omgacooor.blogspot.com

Kandang pleci harus selalu bersih agar burung merasa nyaman saat dilombakan. Dalam hal ini, anda harus membersihkan sangkar pleci dari sisa-sisa kotoran dan pakan. Untuk membersihkannya, anda bisa memanfaatkan sikat untuk menggosok jeruji, alas dan tenggerannya.

Selain membersihkan sangkar dari sisa kotoran dan pakan, pastikan anda juga membersihkan tempat pakan dan minum yang ada di dalam kandang pleci untuk lomba. Perlu untuk diketahui, tempat pakan dan minum sangat mudah terinfeksi bakteri dan kuman sehingga wajib dibersihkan.

Jangan lupa juga untuk membersihkan karamba atau bak mandi yang kotor maupun sudah terkena karat. Untuk membersihkannya, anda bisa memanfaatkan asam sitrat. Caranya, anda taburkan saja asam sitrat secara merata ke dalam karamba atau bak mandi.

Langkah selanjutnya, anda bisa menambahkan air ke dalam bak mandi sampai ketinggiannya setengah dari kapasitas keramba. Jika sudah, anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan karamba tersebut.

Setelah selesai mencucinya, anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih. Selain air, anda sebenarnya juga bisa mengaplikasikan sabun terlebih dahulu. Dengan demikian, keramba mandi pleci anda bisa bersih secara tuntas.

Disamping itu, bersihkan pula botol sprayer yang digunakan untuk menyemprot pleci. Dengan rutin dibersihkan, maka botol sprayer tersebut tak akan mudah berjamur.

Caranya, anda masukkan sedikit air ke botol sprayer. Lalu anda bisa mencampurkan asam sitrat ke dalamnya. Biarkan selama 10 menit. Jika sudah, anda bisa membilas botol sprayer menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Anda bisa lakukan hal yang sama apabila masih ada sisa-sisa jamur pada botol sprayer tersebut. Perlu diketahui, kandang pleci untuk lomba memang harus disiapkan sebaik mungkin. Dengan demikian, pleci yang anda rawat bisa ikut lomba secara optimal sebagaimana yang anda harapkan.

About dr.gaplek

Check Also

Menelusuri Lebih Dekat Fakta Unik Burung Kakatua yang Menarik

Home | Burung Kakatua | Menelusuri Lebih Dekat Fakta Unik Burung Kakatua yang Menarik Burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *