Loading...
Pengetahuan

Manfaat terapi burung dengan jus belimbing

jus belimbingBanyak cara untuk membuat burung peliharaan menjadi rajin bunyi atau gacor, salah satunya dengan memberi makanan yang bisa merangsang burung untuk berbunyi. Beberapa pakan yang cukup popular bisa merangsang burung bunyi adalah cabai merah dan kini ramai dibicarakan adalah terapi jus belimbing yang disebut-sebut bisa membuat suara burung jadi lebih bening dan tambah gacor.

Belimbing adalah buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium selain itu belimbing mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, terutama pektin yang sangat berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Kandungan zat besi, kalsium, dan karbohidrat yang tinggi bisa bermanfaat sebagai tambahan energi bagi burung. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah belimbing.

Kalori 31 Kcal  1.5%
Karbohidrat 6.73 g  5%
Protein 1.04 g  2%
Lemak 0.33 g  1%
Kolesterol 0 mg  0%
Serat 2.80 g  7%
Vitamin
Folat 12 µg  3%
Niacin 0.367 mg  2.25%
Pyridoxine 0.017 mg  1.5%
Riboflavin 0.016 mg   1.25%
Thiamin 0.014 mg   1%
Vitamin A 61 IU   2%
Vitamin C 34.4 mg   57%
Vitamin E 0.15 mg   1%
Vitamin K 0 µg   0%
Elektrolit
Sodium 2 mg   0%
Kalium 133 mg   3%
Mineral
Kalsium 3 mg   0.3%
Zat besi 0.08 mg   1%
Magnesium 10 mg   2%
Fosfor 12 mg   2%
Seng 0.12 mg   1%

Sumber: USDA – National Nutrient data base 

Selama ini burung yang sering diberikan terapi jus belimbing adalah cucak hijau  dan ciblek pemberian jus belimbing diyakini bisa membuat burung tambah rajin berbunyi. Meski begitu tidak semua bisa mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, karena semua tentu bergantung dari kondisi dan juga perawatan harian dari burung tersebut.

Adapun cara pemberian buah belimbing pada burung peliharaan adalah sebagai berikut:

  • Belimbing yang telah matang diperas airnya dengan cara diperas.
  • Air perasan itulah yang kemudian diberikan pada burung sebagai air minumnya.

Catatan: 
Hasil tidak selalu seperti yang diharapkan, bahkan jika burung belum terbiasa pada tahap-tahap awal akan mengalami perubahan pada kotorannya.

Walau mempunyai manfaat yang banyak bagi burung akan tetapi pemberian yang berlebihan bisa merugikan burung itu sendiri, terlebih belimbing mengandung asam oksalat (Oxalit acid) yang bisa mengganggu pencernaaan dan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment