Loading...
Pengetahuan

Manfaat dan pentingnya vitamin E untuk burung peliharaan


Vitamin E adalah salah satu dari vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua jenis burung peliharaan. Vitamin ini mudah larut dalam lemak, dan manfaatnya adalah menjaga kondisi tubuh dan kesuburan dari burung peliharaan atau yang ditangkarkan. Selain itu, manfaat penting lain adalah meningkatkan metabolisme burung secara keseluruhan dan meningkatnya kekebalan tubuh. 


 vitamin E untuk burung peliharaan


Secara umum, vitamin E akan bertindak seperti antioksidan dengan melindungi vitamin lain, dan sangat penting untuk sistem pernafasan, hati, dan jaringan otot burung.

Burung yang mengalami defisiensi vitamin E


Burung peliharaan yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin E akan mempunyai tubuh yang cenderung lemas, kurang aktif dan rentan mengalami masalah dalam sistim syarafnya. Selain itu mereka mudah mengalami gangguan dalam vasular, terhambatnya pertumbuhan sel darah, anemia, dan masalah otot lainnya termasuk kejang-kejang. 

Makanan yang mengandung vitamin 


Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, bisa dilakukan dengan menyediakan suplemen atau vitamin tambahan dalam perawatan hariannnya, atau menyediakan beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E. 

Sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, umbi jalar, biji bunga matahari (kuaci), dan gandum memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, selain itu juga ditemukan dalam biji-bijian dan sereal. 

Manfaat vitamin E

Vitamin E bisa dikombinasikan dengan selenium, yang akan menghasilkan enzim glutation peroxidase yang cukup diperlukan untuk mengatasi gangguan pertumbuhan dan ketidaksuburan. 

Glutation peroksidase: adalah selenium yang mengandung enzim, peran utama dari enzim ini adalah untuk melindungi organisme dari kerusakan oksidatif. Karena properti antioksidan, enzim ini dapat meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi kerusakan sperma.

Kesimpulannya bahwa vitamin E dan Selenium ini bisa diberikan pada burung yang masih muda untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan mempercepat proses pertumbuhannya, selain itu bisa diberikan pada burung yang memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah, untuk mengurangi jumlah sperma yang rusak atau telur yang infertil (kosong/gagal menetas).


Semoga manfaat.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment