Loading...
Perawatan

Manfaat dan Cara Pemberian Krokot Untuk Lovebird Lebih Aktif Ngekek

Burung lovebird memang masih menjadi primadona untuk para kicaumania, terbukti di setiap lomba yang diadakan di kelas lovebird selalu full gantangan. Menariknya di Evaluasi lomba burung lovebird yang paling banyak mendapatkan bendera atau burung LB yang rajin bunyilah yang mendapatkan juara jadi intinya makin sering bunyi/ ngekek, makin bagus pula nilainya, yang setelah itu digabungkan dengan Evaluasi dari segi irama, lagu, panjang lagu, volume, speed, gaya, dan durasi kerja.

Maka dari itu para pecinta lovebird sekarang lebih suka bila burung yang dirawatnya rajin ngekek walaupun pendek di karenakan terkadang LB yang ngekeknya panjang hanya ngekek sekali duakali aja dan selebihnya hanya diam dipangkringan. Lovebird yang rajin ngekek akan sering dipantau juri dan diberikan bendera, semakin banyak bendera maka nilainya juga semakin bagus.

Gambar Daun Krokot

Gambar Daun Krokot

Lalu bagaimana supaya burung lovebird lebih rajin berkicau/ ngekek? jawabannya tentunya dari faktor perawatan yang konsisten dan latihan gantang supaya burung tak demam Anjung.

Beberapa waktu lalu saya membaca mengenai cara membuat lovebird menjadi rajin ngekek panjang dengan memakai Flora krokot! Lalu saya mencoba sendiri di burung LB dirumah dan hasilnya cukup menyenangkan, memang LB lebih aktif ngekek walaupun ngekeknya masih terbilang pendek2 akan tetapi ada peningkatan dibandingkan sebelum memakan Flora krokot ini.

Dulu saya memakai Flora krokot untuk makanan jangkrik lalu jangkriknya untuk makanan burung kicau lain seperti kacer dan cendet, hasilnya burung cendet dan kacer lebih rajin bunyi jadi apakah memang benar Flora krokot ini Bisa membuat burung lebih rajin bunyi? mari kita simak beberapa kandungan yang terdapat dalam Flora krokot liar ini.

Kandungan gizi daun krokot di copas dari website Burungnya.com
Daun krokot kaya akan Omega-3. Selain itu, dalam 100 gram daun krokot segar terkandung sedikitnya 225-300 mg asam linolenat. Secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 0 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vitamin A, berbagai jenis asam amino yang bagus untuk kesehatan, serta aneka jenis mineral.

Flora krokot mempunyai kandungan kimia antara lain: KCI, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, I-noadrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niacin, pydoxine, dan karotenoid.

Tak hanya itu, krokot juga mengandung mineral, di antaranya besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Selain itu, krokot mengandung dua jenis pigmen betalain alkaloid dan beta-xanthins. Kedua jenis pigmen ini ampuh untuk antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Beberapa manfaat Flora krokot untuk burung lovebird

  • Mendongkrak power dan setamina
  • Dipercaya mampu menambah suara lebih keras dan jernih
  • Menambah durasi kekekan tentunya dengan rawatan yang konsisten
  • Rajin ngekek dan ngedurrr
  • Bisa di beri sebagai selingan EF atau minimal 3x seminggu

Ya itulah beberapa manfaat dari Flora krokot untuk burung lovebird, wajib kita ingat cuci dahulu krokot yang akan kita berikan di burung LB kita di karenakan terkadang krokot yang tumbuh disawah sudah terkena pestisida atau racun yang digunakan petani untuk membunuh hama dan rumput liar.Oiya, hampir lupa mengenai cara pemberian daun krokot di lovebird!!! pemberiannya sangat mudah cukup cuci Higienis lalu berikan langsung di burungnya, seperti kita membagikan kangkung jadi hanya di selipkan di ruji sangkar aja. Krokot Bisa diberikan setiap hari akan tetapi lebih baiknya juga diselang seling dengan EF lainnya seperti jagung dan kangkung.Bagaimana, apakah kita tertarik memakai daun krokot untuk lovebird supaya lebih rajin ngekek? untuk menguji kasiatnya silahkan berikan di burung yang malas bunyi dan bedakan sebelum dan sesudah diberikan Flora krokot.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. boleh tidaj sarang lb pake daun sereh
  2. cara meracik daun krokot buat brung love bird

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment