Makanan Burung Bambangan, Burung Pemalu Suka Menyendiri

Home | Burung Bambangan | Makanan Burung Bambangan, Burung Pemalu Suka Menyendiri

Makanan burung bambangan perlu diketahui oleh setiap penghobi burung. Sebelum itu, anda harus tahu bahwa bambangan merah dengan nama latin Ixobrychus cinnanomeus ini ialah burung anggota cangak yang memiliki ukuran kecil.

Bambangan ini adalah burung yang pemalu. Daerah persebaran burung ini berada di kawasan India, China, Asia Tenggara, Sulawesi, Sunda besar, dan juga Nusa Tenggara.

Sedangkan untuk persebaran lokalnya, fauna yang satu ini merupakan penetap umum di rawa-rawa air tawar dan juga sawah di seluruh wilayah Sunda Besar.

Burung ini seringkali suka habiskan waktunya untuk bersembunyi di antara rumput gelagah dan juga rumput rawa yang tinggi.

Burung ini dapat terlihat ketika terbang rendah di atas rawa-rawa untuk mencari makanan mereka. Makanan burung bambangan umumnya adalah serangga.

Makanan burung bambangan seringkali dicari pada waktu pagi atau ketika kembali ke habitatnya pada waktu sore hari.

Makanan Burung Bambangan, Burung Pemalu Suka Menyendiribelajarburunghias.blogspot.com

Burung bambangan ini merupakan burung yang pemalu dan juga senang menyendiri. Jika burung ini merasa terganggu, bambangan merah akan berusaha untuk diam dan tidak bergerak untuk mengecoh penglihatan orang dengan menegakkan lehernya lurus ke atas.

Pada siang hari, burung ini akan mencari makanan pada rumput-rumput atau padi. Akan tetapi, burung bambangan merah lebih aktif pada malam hari.

Dengan demikian, akan sangat jarang sekali orang yang mengetahui keberadaan dari burung ini. Burung bambangan ini termasuk ke dalam jenis pemakan segala.

Makanan burung bambangan ini adalah serangga, ikan, atau amphibi kecil. Dengan bantuan paruhnya yang tajam dan juga runcing, mampu menahan dan bahkan mematikan mangsanya.

Layaknya burung pada umumnya, burung ini akan menambah keturunan mereka dengan cara bertelur.

Biasanya burung ini berkembang biak mulai dari bulan Oktober hingga bulan Juni. Burung bambangan ini mampu menghasilkan telur sekitar 4 butir dengan warna putih berbintik kecoklatan.

Makanan Burung Bambanganurbanwildanimal.blogspot.com

Burung bambangan merah dewasa umumnya memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 41 cm. Warna bulu dari burung ini adalah merah kekuningan.

Pada burung bambangan jantan akan nampak pada tubuh bagian atasnya berwarna coklat beragam, sedangkan tubuh bagian bawah dan juga sisi tubuhnya berwarna merah kekuningan tua.

Dengan pola garis tengah seperti coretan putih di sisi leher. Sedangkan pada burung bambangan betina memiliki warna bulu yang lebih coklat dan terlihat lebih suram.

Tubuh bagian bawahnya memiliki pola coret-coret dan bertopi hitam. Sedangkan pada tubuh bagian atasnya tampak garis dan juga berbintik. Warna iris matanya berwarna kuning. Paruh berwarna kuning dan juga kaki berwarna hijau.

Memang akan agak sulit untuk mengamati burung bambangan merah. Karena burung ini sangat senang untuk duduk diam di antara rimbunan gelagah dalam waktu yang cukup lama.

Atau tampak berdiri diam dengan paruh yang menunjuk ke arah angkasa, sehingga jika dilihat dari kejauhan burung ini akan tampak seperti daun kering.

Para pengamat sering menjumpai burung ini dengan burung blekok sawah dan juga family rallidae. Burung ini sangat berbeda dengan burung cangak yang lainnya yang secara umum tinggal di bagian atas pohon untuk beristirahat.

Burung bambangan ini akan lebih senang bersarang di dekat permukaan tanah. Hampir di setiap persawahan burung ini dapat dengan mudah untuk ditemui, jumlahnya yang masih banyak menjelaskan populasinya yang masih terjaga.

Makanan burung bambangan dan beragam fakta lainnya di atas memang terbilang cukup unik sehingga burung ini sering diburu oleh banyak orang.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkap Cucak Ijo Liar Dengan Mudah dan Cepat

Sebagai penghobi burung yang baik, pastikan anda tak hanya mahir dalam memberikan perawatan saja, melainkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *