Home / Pengetahuan / Kolibri Ekor-merah, Temminck’s sunbird (Aethopyga temminckii)

Kolibri Ekor-merah, Temminck’s sunbird (Aethopyga temminckii)

Kolibri Ekor-merah – Kolibri Ekor-merah merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Nectariniidae dan Genus Aethopyga atau merupakan salah satu dari beberapa jenis burung kolibri yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung yang juga dikenal dengan sebutan burung-madu ekor-merah memiliki nama ilmiah Aethopyga temminckii atau Temminck’s sunbird dalam bahasa inggrisnya sebulumnya diperlakukan sebagai sejenis dengan kolibri jawa. Burung-burung dari Gunung Dulit, di Kalimantan, digambarkan sebagai ras perretti, tetapi ini dianggap tidak bisa dipertahankan.


jenis burung kolibri, kolibri ekor-merah, Temminck's sunbird, Aethopyga temminckii, suara ekor-merah, ekor-merah gacor, makanan ekor-merah, burung -madu ekor-merah


Burung kolibri ekor-merah alias burung-madu ekor-merah tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 10 sampai 13 cm dengan berat badan jantan sekitar 4,6 sampai 6,1 gram dan betina sekitar 5 gram. berekor tajam. Jantan : berwarna merah tua, tunggir kuning, ekor merah padam. Alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor bawh ungu metalik, tubuh bagia bawah putih keabu-abuan. Betina : sangat kecil, tubuh bagia atas colat zaitun, kaki kepala abu-abu, ciri khasnya sapuan merah pada sayap dan ekor, tubuh bagian bawah berwarna zaitun kekuningan. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.


Semenanjung Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.


Kicauan kolibri ekor-merah monoton tapi berirama “cheet-cheet”, “tit-ti tit-it tit-it tit-it”


Sering mengunungi di pohon berdaun lebar di hutan sekunder, dataran rendah dan perbukitan yang lembab dengan ketinggian sekitar 1500-1900 meter dari permukaan laut. Biasanya mencari makan sendiri, tapi kadang-kadang berpasangan, dan kadang-kadang dapat bergabung dengan spesies lain dalam mencari makan. Agak jarang di hutan perbukitan dan gunung antara ketinggian 800-1800 m di Sumatera dan Kalimantan. Di beberapa tempat di dataran rendah Kalimantan sampai ketinggian 2000 m.


Burung kolibri ekor-merah bersifat teritorial selama musim kawin. Jantan yang menjaga daerah dengan kicauan dari puncak pohon, dan dapat melakukan perilaku agresif terhadap penyusup.


Makanan kolibri ekor-merah berupa nektar dan arthropoda kecil. Kadang-kadang dapat melakukan flycatching untuk mencapai nektar di Corolla tubular, seperti Kolibri lakukan.


Musim kawin bervariasi sesuai dengan jangkauan, tetapi sering terjadi antara Februari dan Agustus. Sarang burung-madu ekor-merah berbentuk kantung yang terbuat dari rumput kering dan tanaman bawah, dan dilapisi dengan beberapa jenis ornamen seperti kertas, kulit kayu dan bahan tanaman lainnya. Sarang ini diletakkan di ranting kecil dengan atap runcing. Betina meletakkan 3 butir telur yang dierami selama sekitar 13-15 hari. Para anak kolibri ini diberi makan oleh kedua induknya sampai berumur sekitar 14-19 hari setelah menetas.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Kolibri Ekor-merah, Temminck’s sunbird (Aethopyga temminckii)


Artikel asli diterbitkan oleh https://jenisburung.co/kolibri-ekor-merah-temmincks-sunbird-aethopyga-temminckii/

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888