Loading...
Pengetahuan

Kicauan Poksay

Poksai hongkong / black-throated laughingthrush (Garrulax chinensis) pernah menjadi salah satu burung kicauan yang legendaris di kalangan kicaumania Indonesia. Bahkan bertahun-tahun lamanya, burung impor dari China ini mendominasi pasar burung di sejumlah daerah. Selain mudah dirawat, poksai hongkong juga mudah dipancing agar rajin berbunyi. 

Audio kicauan poksai hongkong untuk masteran dan memancing bunyi
Audio kicauan poksai hongkong untuk masteran dan memancing bunyi

Sempat “menghilang” dari pasaran, terutama sejak munculnya wabah SARS (sindrom sistem pernafasan akut) di China pada tahun 2003, poksai hongkong kini mudah dijumpai lagi di sejumlah pasar burung di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Burung poksay
Koleksi poksai hongkong di Trisakti BF Jakarta.

Burung dari keluarga Leiothrichidae ini mempunyai performa suara dan gaya menari yang unik. Yang membedakan poksai hongkong dengan jenis / spesies poksai yang umum ditemukan di Indonesia adalah suaranya mengalun lebih merdu.

Poksai hongkong sejatinya kurang memiliki kemampuan mimikri atau meniru suara kicauan jenis burung lainnya. Meski demikian, lagu-lagu yang dimilikinya cukup bervariasi. Selain itu, kita bisa membuat alunan suaranya menjadi lebih bervariasi dengan melakukan pemasteran menggunakan suara burung sejenis.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment