Ketahui Fakta Unik Burung Gagak yang Menyeramkan

Burung gagak merupakan spesies burung yang dianggap menyeramkan oleh sebagian besar orang. Di negara Eropa saja, burung ini dianggap sebagai burung jelmaan dari penyihir.

Sedangkan di Indonesia sendiri dianggap sebagai burung pembawa kematian. Oleh sebab itu, mari cari tahu fakta unik burung gagak. Burung gagak adalah burung dari keluarga Corvidae.

Selain burung ini dianggap misterius, fakta unik burung gagak lainnya adalah burung dengan kecerdasan luar biasa. Meski penampilannya menyeramkan, burung gagak memiliki keahlian khusus.

Banyak spesies burung ini yang tersebar di seluruh dunia. Burung berbulu hitam pekat ini memiliki penampilan yang sangar dan menakutkan. Agar tidak ada anggapan buruk lagi, alangkah baiknya anda mengenalnya lebih dekat. 

lifestyle.okezone.com

Mengetahui fakta unik tentang burung gagak secara ilmiah justru bermanfaat. Manfaat mengetahuinya dapat menghilangkan mitos menyeramkan burung yang satu ini.

Dengan otak burung yang lebih besar jika dibanding dengan bentuknya, maka terbukti memiliki kualitas yang bagus. Betapa menariknya fakta burung yang satu ini untuk diketahui.

Dengan otak yang besar, burung ini ahli dalam memanfaatkan peralatan dan sumber daya di sekitar untuk memperoleh makanan. Salah satu fakta unik burung gagak yaitu kecerdasannya dalam menggunakan ranting pohon untuk memperoleh makanan di dalam lubang.

Selain itu, burung gagak juga dapat menggunakan sumber daya alam yang lain, seperti menyusun bebatuan untuk memperoleh makanannya. Begitu cerdas bukan?

Fakta menarik lainnya yang mungkin tidak anda bayangkan adalah kepintarannya dalam menyimpan peralatan penting yang dimiliki. Biasanya burung gagak menyimpan peralatan untuk mencari makan sehingga dapat digunakan kembali.

Karena kecerdasan yang dimilikinya membuat burung gagak menjadi salah satu binatang yang memiliki daya ingat bagus. Burung gagak dan kecerdasannya dapat membantunya beradaptasi dengan lingkungan baru.

Seringkali burung gagak saling mengingatkan kawannya jika ada bahaya yang mengancam. Burung elang adalah bahaya yang paling sering mengancam burung ini. Banyak sekali bahasa isyarat yang dilakukan untuk saling memberi tahu.

Kecerdasan burung gagak juga pernah diangkat dalam kisah Qabil dan Habil. Saat Qabil membunuh saudaranya, Qabil merasa kebingungan saat ingin menyembunyikan jasad Habil.

Namun ada seekor burung gagak yang memberitahunya untuk menguburnya dengan menggali tanah. Begitu mengagumkan bukan burung gagak yang terlihat seram ini.

Selain kecerdasannya yang mengagumkan, burung gagak juga dapat anda ketahui dari sisi ilmiahnya. Ada beberapa fakta yang dapat anda ketahui dibalik seramnya burung tersebut. Diantaranya:

Burung gagak masuk ke dalam kelompok burung pemecah biji. Burung ini terdiri dari 40 jenis burung gagak yang ada di dunia, kecuali di Antartika. Gagak biasa hidup di wilayah pertanian dan padang rumput. Namun, burung ini juga bisa anda dapatkan di lingkungan pinggiran kota.

Burung gagak selain memiliki kecerdasan juga memiliki ukuran yang lumayan besar. Ukuran burung gagak sekitar 20-65 cm. Gagak terkecil berukuran 20-23 cm dimiliki jenis gagak Dwarf Jay.

Sedangkan burung gagak terbesar dimiliki gagak Raven atau Corvus coirax. Ukuran terbesar memiliki panjang 65 cm.

Layaknya manusia, fakta unik burung gagak lainnya yaitu pandai berkomunikasi. Gagak dapat menjaga komunikasi baik dengan kelompoknya. Burung gagak juga dapat berkomunikasi menirukan suara manusia.

Kelompok burung gagak memiliki sifat setia kawan. Jika salah satu ada yang mati, maka yang lain akan bersedih. Kelompok burung ini akan mengelilingi bangkai burung gagak yang mati.

Selain meratapi kematiannya, ternyata burung ini juga mencari penyebabnya. Jika kelompok burung gagak mengetahui siapa yang membunuhnya, maka akan balik menyerang. Perilaku yang diperlihatkan ini biasa disebut dengan mobbing.

idntimes.com

Dari segi makanan, burung gagak termasuk jenis omnivora, artinya pemakan segala jenis makanan. Biasanya gagak memakan serangga, mamalia kecil, telur, biji-bijian bahkan bangkai. Akan tetapi, kebanyakan serangga yang dimakan oleh burung gagak merupakan hama pertanian.

Saat berkembangbiak, burung gagak membuat sarang pada ketinggian 4,5-18 m. Diameter sarangnya antara 46-61 cm.

Sarang dibuat dari cabang, ranting, benang, kulit kayu, lumut dan bahan lainnya. Burung gagak betina dapat menghasilkan telur 4-5 butir.

Masa pengeramannya burung gagak membutuhkan waktu 18 hari. Jika sudah menetas, indukan gagak akan meninggalkan anaknya jika berumur 4 minggu.

Akan tetapi, indukan masih memberinya makan hingga umur 60 hari. Dalam kelompoknya, burung gagak terdapat anak-anak dan dewasa yang tidak kawin.

Komunitas tersebut disebut dengan komunitas pengembara. Burung gagak bisa hidup hingga 14 tahun.

Fakta unik burung gagak yang lain terletak pada warna bulunya dan jenisnya. Burung gagak pada umumnya memiliki warna bulu hitam pekat.

Namun, ada warna bulu burung gagak yang lainnya yaitu gagak albino. Burung gagak albino dikenal dengan warna putih penuh di seluruh tubuhnya.

Perbedaan yang terjadi ini disebabkan karena mutasi genetik. Gagak hawai juga masuk dalam jenis burung ini namun sudah punah.

Burung gagak memiliki perilaku yang unik jika berada di sarang semut. Gagak berdiri agar semut memanjat tubuhnya, kemudian akan digosongkan dengan bulunya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan parasit. Perilaku ini biasa disebut dengan anting.

Fakta unik burung gagak yang tidak dimiliki burung lain adalah suaranya. Pada segi suaranya burung gagak memiliki banyak variasi. Suara burung ini terdiri dari 15 hingga 30 variasi suara yang unik dan berbeda.

Seperti halnya manusia yang memiliki logat bahasa yang bermacam-macam, begitu juga dengan burung gagak.

Kawanan gagak yang berada di suatu wilayah ternyata memiliki aksen yang berbeda. Ketika burung ini berada di kelompok yang lain, gagak harus mampu menyesuaikan diri di tempat tersebut.

Seekor gagak dapat mengingat manusia yang pernah jahat kepadanya. Saat anda bertemu jenis burung yang menyeramkan ini, jangan coba-coba mengganggunya.

Gagak dapat mengenali anda meski dalam waktu yang lama. Jika tidak anda perlakukan dengan baik, maka burung ini akan menyerang anda. Bahkan burung ini dapat mengajak kawanannya untuk melakukan penyerangan.

Fakta yang paling mencengangkan yaitu kecerdasan gagak bisa melebihi kepintaran manusia. Jika dibanding dengan ukuran tubuhnya, gagak memiliki ukuran otak yang besar.

Ukurannya 2,7 % dari bagian tubuhnya. Sedangkan otak manusia dewasa hanya 1,9 % saja dari berat tubuhnya. Fakta unik tersebut tidak pernah anda bayangkan bukan. Oleh sebab itu, burung ini memiliki kelebihan dibanding dengan sarjana sekalipun.

Itulah beberapa fakta unik burung gagak yang dapat anda ketahui. Burung gagak selain menyeramkan ternyata memiliki keunikan dan kecerdasan.

Secara ilmiah saja, burung gagak memiliki fakta unik dari berbagai segi. Oleh karena itu, hilangkan mitos yang beranggapan burung ini adalah burung kematian. Meski demikian, anda harus tetap berhati-hati saat bertemu dengan burung ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *