Ketahui Cara Mengatasi Penyakit Kenari Mata Bengkak yang Tepat

Home | Burung Kenari | Ketahui Cara Mengatasi Penyakit Kenari Mata Bengkak yang Tepat

Penyakit kenari mata bengkak menjadi permasalahan serius yang harus segera ditangani. Terlebih jika mata bengkak tersebut diikuti dengan kondisi mata yang berair. Kondisi ini seringkali disebabkan dari kebiasaan kenari yang suka menggosok-gosokkan kepala ke dinding sangkar.

fauna.id

Jika tak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan kenari menjadi stres. Lebih parah lagi, kenari bisa mati secara perlahan. Apabila anda sangat peduli dengan kenari kesayangan, pastikan anda memahami dan mempraktekkan berbagai cara jitu untuk menyembuhkannya.

Penyakit mata bengkak dikenal dengan istilah snot. Snot itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami di bagian pernapasan. Istilah ini juga disebut dengan coryza. Dimana penyakit ini mengakibatkan suara kenari menjadi ngorok dan serak.

Pada umumya, penyakit ini dikarenakan oleh bakteri jahat Haemophilus Palagalinarum. Saat berada di luar tubuh kenari, bakteri ini bisa mati dalam kurun waktu 4 jam saja. Akan tetapi jika sudah menginfeksi, bakteri ini bisa hidup selama 1-4 hari. Bakteri ini juga menyebabkan kondisi kenari melemah, nafsu makan menurun dan bahkan stres.

Penyakit mata bengkak dan berair sebenarnya tak hanya bisa dialami oleh kenari saja, akan tetapi juga berbagai jenis burung lainnya. Hanya saja, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan ulasan mengenai cara menyembuhkan penyakit kenari mata bengkak terlebih dahulu.

Cara pertama yang perlu anda lakukan dalam menyembuhkan kenari mata bengkak ialah memindahkan kenari. Pastikan anda memisahkan kenari yang sakit mata dengan kenari lainnya. Dengan begitu, penyakit mata bengkak yang dialami satu kenari tidak akan menular ke kenari lainnya.

pengicau.net

Selama kenari mengalami mata bengkak, pastikan anda tidak melakukan penjemuran kenari. Anda bisa kembali melanjutkan rutinitas penjemuran apabila kondisi kenari sudah membaik. Perlu diketahui bahwa penjemuran justru semakin memperparah kondisi kenari.

Kenari bisa kembali sehat apabila dikerodong. Setelah itu, anda tempatkan sangkar yang sudah dikerodong tersebut di dalam rumah. Lakukan cara ini sampai kenari anda benar-benar pulih. Maka dari itu, lakukan pengecekan setiap saat sampai kenari bisa dipindahkan.

Kandang kenari yang sakit mata harus disterilkan agar tidak ada lagi bakteri, kuman maupun bibit penyakit yang mengancam kesehatannya. Dalam pembersihan kandang kenari ini sendiri, anda bisa memanfaatkan cairan pembunuh kuman maupun desinfektan. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan air panas. Bersihkan setiap hari.

Mata bengkak yang dialami oleh kenari juga bisa diatasi dengan mengoleskan obat salep mata Oxytetracycline. Lakukan pengolesan obat salep mata ini secara teratur 3 kali sehari. Dengan begitu, kenari anda akan kembali pulih seperti sediakala secepatnya.

Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin untuk mengobati mata bengkak pada kenari dari dalam. Adapun vitamin yang dianjurkan ialah vitamin OrBird. Anda bisa berikan vitamin OrBird ke dalam minuman matang untuk nantinya diminum kenari. Dengan mencampurnya ke dalam minumannya, kenari lebih mudah merasakan manfaat yang diberikan vitamin tersebut.

Dalam kurun waktu 2 minggu, biasanya mata kenari sudah membaik. Hanya saja, jika mata kenari belum juga sembuh, anda perlu membawanya ke dokter. Dengan bantuan dokter, penyakit kenari mata bengkak bisa ditangani secara cepat dan tepat oleh ahlinya. Anda pun tak perlu merasa khawatir lagi. Tak butuh waktu lama, kenari anda bisa kembali sehat dan aktif lagi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *