Loading...
Pengetahuan

Kenali burung cucak hijau semiran

Banyak penggemar burung kicauan yang akhirnya harus menerima kenyataan bahwa burung cucak hijau yang baru dibelinya ternyata berjenis kelamin betina, hal ini terjadi kalau kita terlanjur membeli burung cucak hijau semiran.
Cucak hijau memang burung yang populer di kalangan kicau mania seluruh indonesia, selain suaranya yang bervariasi juga karena burung ini sangat mudah dimaster dengan burung lainnya. Selain itu baik burung jantan maupun betinanya sama-sama bisa bersuara variasi dan ada juga betina yang bisa bersuara kencang seperti halnya burung jantan, dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa pedagang burung yang tidak jujur merubah penampilah burung betina menjadi mirip dengan burung jantan, dengan cara menyemir atau memberi warna bagian dagu hingga lehernya sehingga mirip dengan burung jantan, bahkan ada juga yang hanya memberi sedikit warna hitam pada bagian leher atau dagunya dan dikatakannya kalau cucak hijau tersebut adalah trotolan jantan. Lalu bagaimana kita bisa mengenali ciri-ciri burung betina apalagi burung semiran.

Ciri-Ciri khusus Burung Cucak Hijau betina

Burung betina yang masih berusia muda memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan langsing dibanding ukuran tubuh burung jantan yang cenderung lebih bongsor. sedangkan ciri khusus yang bisa diamati adalah sebagai berikut:

Perbedaan mencolok antara
burung betina muda dan burung betina dewasa

  1. Warna lingkar mataPada bagian lingkaran mata. pada burung yang masih sangat muda lingkar mata akan berwarna seperti halnya burung jantan yaitu kuning, dimana warna ini akan memudar dan berganti warna menjadi keputihan setelah berganti bulu dewasa. Sedangkan pad burung jantan lingkar mata tersebut akan berubah menjadi kehitaman setelah berusia dewasa.
  2. Warna bawah dagu dan leherBegitu juga dengan warna bulu pada bagian bawah dagu dan lehernya yang berwarna kuning terang dan setelah berganti bulu warna kuning pada bagian tersebut berangsur angsur memutih. sedangkan pada burung jantan warna kuning ini akan berganti menjadi warna hitam setelah burung dewasa.
  3. Warna di bawah paruh. Warna paruh pada burung betina adalah coklat terang sedangkan burung jantan berwarna hitam.

Kenali burung semiran

Untuk mengenali bagaimana ciri-ciri burung semiran bisa diamati dari :

  • Warna hitam yang cenderung lebih berwarna doff atau tidak mengkilat seperti warna asli burung jantan. 
  • Warna garis kebiruan yang ada dipangkal paruh tidak tampak. 
  • Burung betina yang disemir hingga berbentuk topeng/nopeng, jika diperiksa pada bagian kulit lehernya pun akan berwarna hitam akibat hasil semiran tersebut. 
  • Paruh yang dicat hitam baik dengan spidol atau pewarna lain bisa dihapus dengan menggunakan jari tangan yang diolesi minyak kayu putih atau air, kalau jari kita turut berwarna hitam berarti warna paruh tersebut adalah hasil semiran dan burung tersebut adalah burung betina. 
  • Burung cucak hijau jantan biasanya akan memiliki tubuh yang berwarna hijau kekuningan, tentunya untuk membedakannya dibutuhkan dua ekor atau lebih maka pilihlah tubuh yang berwarna hijau kekuningan dengan warna kuningnya lebih terang.
  • Untuk suara burung cucak hijau betina ada yang bersuara kencang seperti halnya jantan, tetapi suara nya lebih cenderung ngeban atau di ulang-ulang dan lebih rajin ngeriwik serta lebih sering mengeluarkan suara aslinya. 
-->

Itulah beberapa tips bagaimana mengenali burung cucak hijau semiran serta beberapa tips mengenali perbedaan burung jantan dan betinanya. semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama pemula yang masih bingung menentukan burung cucak hijau jantan dengan betinanya. semoga bermanfaat dan salam kicau. [ Aries Munandi ]
Artikel terkait Cucak hijau :

Dapatkan informasi seputar cucak hijau disini

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment