Karakteristik Gagak Australia Beserta Habitat, Distribusi, dan Perilakunya

Home | Burung Gagak | Karakteristik Gagak Australia Beserta Habitat, Distribusi, dan Perilakunya

Mengetahui informasi seputar karakteristik Gagak Australia cukup menarik untuk kita ulas. Terutama bagi para pecinta burung, mengenal lebih dekat Gagak Australia menjadi pembahasan yang penting untuk diketahui.

Gagak Australia dikenal dengan sebutan Gagak Torres atau Gagak Papua. Burung dengan nama ilmiah Corvus orru ini merupakan burung asal Australia Barat dan Australia Utara.

Tak sedikit pula kita jumpai jenis burung yang satu ini ada di Indonesia. Ada juga di bagian wilayah Papua Nugini. Untuk mengenali keberadaan Gagak Australia, dapat dilihat dari ukuran tubuhnya.

Karakteristik Gagak Australia ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung Gagak lainnya.

Habitat, Distribusi, Perilaku dan Karakteristik Gagak Australiafr.wikipedia.org

Di wilayah Australia, jenis burung Gagak yang satu ini memiliki kekerabatan yang dekat dengan Gagak kecil dan Gagak hutan. Meskipun demikian, sangat mudah untuk membedakan Gagak Australia dengan jenis Gagak lainnya.

Spesies ini memiliki warna dominan hitam di beberapa tubuhnya seperti mulut, paruh dan bulu. Kecuali untuk bagian iris mata berwarna putih. Gagak Australia juga memiliki paruh yang tajam dan kuat.

Sebagai karakteristik Gagak Australia, morfologi sendiri memiliki keterkaitan untuk melihat lebih luas ciri-ciri burung ini. Gagak Australia memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dengan panjang 48 hingga 53 cm.

Saat burung ini mengepakkan sayapnya, terlihat bentangan sayap dengan lebar kurang lebih 100 cm. Gagak Australia memiliki kemampuan terbang yang sangat bagus lantaran bobot tubuhnya cukup ringan yaitu sekitar 650 gram untuk burung seukurannya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gagak Australia memiliki warna hitam pada sekujur tubuhnya kecuali iris matanya yang berwarna putih. Bulu-bulunya yang berwarna hitam ini, saat dilihat secara langsung tampak berkilau biru hitam atau biru ungu.

Sontak menambah kegagahan dan keanggunan dari jenis burung Gagak ini. Karakteristik Gagak Australia yang lainnya dapat dilihat dari kakinya yang kuat dan kokoh. Kaki semacam ini memberikan kekuatan dan kemudahan bagi Gagak Australia untuk hinggap dan mencari makanan.

Gagak Australia atau Gagak Torres memiliki wilayah persebaran yang cukup luas. Selain tersebar di wilayah Australia, Gagak Tores juga dapat kita jumpai di Papua Nugini tepatnya di Pulau Bismarck. Selain itu juga tersebar di pulau-pulau Indonesia lainnya, seperti Maluku.

Demi mempertahankan kelangsungan hidupnya, sebagian besar Gagak Australia bertempat tinggal di daerah yang memiliki kenampakan geografis dengan ketersediaan air melimpah. 

Habitat Gagak Australia semacam pulau lepas pantai, rawa-rawa, pantai, semak terbuka, hutan eukaliptus, hutan hujan tropis dan tempat-tempat semacamnya.

Menariknya, karena karakteristik Gagak Australia yang unik, burung ini memiliki kebiasaan adaptasi yang sangat baik terhadap lingkungan buatan. Seperti daerah pedesaan, perkotaan kecil hingga perkotaan besar sekalipun.

Karena adaptasinya yang mampu tinggal di pedesaan ini, terkadang Gagak Australia menjadi hama bagi para petani. Pasalnya, burung ini dapat merusak tanaman-tanaman pangan semacam buah-buahan, gandum, jagung, dan kacang tanah.

Karakteristik Gagak Australiaid.wikipedia.org

Gagak Australia memiliki perilaku dan kebiasaan hidup yang cukup unik. Jenis burung Gagak yang satu ini tidak semuanya melakukan migrasi.

Sebagian dari populasinya memilih menetap di habitat aslinya. Meskipun demikian, jika Gagak Australia melakukan migrasi, jarak paling jauh yang dapat ditempuh lebih dari 16 kilometer dari habitat aslinya.

Gagak Australia memiliki kebiasaan hidup menggerombol atau berkelompok. Di mana spesies ini dapat membentuk kawanan kecil hingga kawanan besar.

Kawanan kecil ini memiliki kemampuan bermigrasi sekitar 260 kilometer persegi dengan jumlah Gagak Australia 8 hingga 30 burung. Sedangkan untuk kawanan besar yang terdiri dari 300 burung Gagak Australia dapat melakukan migrasi hingga ratusan kilometer.

Pola migrasi semacam ini tak lain bertujuan untuk mencari maka demi mempertahankan karakteristik Gagak Australia dan kelangsungan populasinya.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *