Karakteristik Burung Kancilan Bakau, Master Burung Ocehan Terpopuler

Home | Dunia Burung | Karakteristik Burung Kancilan Bakau, Master Burung Ocehan Terpopuler

Kita perlu mengenal lebih dekat karakteristik burung kancilan bakau agar lebih memahami beragam ciri dari jenis burung ini.

Burung kancilan bakau mempunyai nama latin pachycephala grisola. Dimana merupakan salah satu burung ocehan endemik asli Indonesia.

Jenis burung ini cukup populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sebutan untuk burung tersebut.

Seperti dengan sebutan burung salakan dan burung drodot. Burung kancilan bakau juga terkenal sebagai burung ocehan yang memiliki suara kicau yang merdu.

Karakteristik Burung Kancilan Bakau, Master Burung Ocehan Terpopuler omkicau.com

Karakteristik burung kancilan bakau mempunyai beberapa ciri yang antara lain pada sayap, ekor, serta punggung berwarna cokelat keabu-abuan.

Perut berwarna keputihan, dagu, tenggorokan, sisi badan, serta dada berwarna abu-abu muda. Untuk mahkota serta tengkuk berwarna abu-abu.

Sedangkan pada iris berwarna coklat, kaki kebiruan dan paruh berwarna abu-abu tua. Jenis burung kancilan bakau merupakan salah satu burung pendiam, tidak terlalu mencolok serta sulit terlihat.

Burung kancilan bakau adalah burung endemik Indonesia dengan daerah penyebaran hampir di seluruh wilayah. Seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Lombok.

Pada umumnya burung kancilan bakau sering berada di tepi pantai, hutan dataran rendah, atau pada hutan yang berada di daerah pesisir.

Suara burung kancilan bakau hampir sama dengan burung kancilan emas. Dengan memiliki suara yang tajam dan keras yang menjadi karakteristik burung kancilan bakau ini.

Jenis burung ini menciptakan sarang dengan bentuk cawan berdinding tipis yang berasal dari akar halus serta penggalan rumput. Dimana yang mereka letakkan pada cabang-cabang pohon dengan ketinggian beberapa meter dari tanah.

Karakteristik burung kancilan bakau mempunyai telur berwarna putih, kemerahjambuan, kuning tua serta berbintik coklat dan hitam dengan jumlah dua butir.

Pada saat mencari makan, burung kancilan bakau bergerak dengan bergabung dengan burung lain ataupun secara sendirian.

Mengenai jenis makanan yang paling digemari jenis burung ini adalah jenis serangga dengan ukuran kecil hingga sedang.

Waktu berkembang biak terjadi pada bulan Maret hingga bulan Juni dengan membangun sarang dengan bentuk seperti mangkuk kecil.

Sarang tersebut diletakkan diatas dahan pohon yang cukup tinggi untuk menampung telur yang akan dierami oleh induknya.

Burung kancilan bakau mempunyai suara yang tajam dan nyaring serta lumayan lantang. Dengan kicauan dengan volume yang sangat tinggi sehingga terdengar dengan suara yang melengking.

Jenis burung ini memiliki suara yang cukup berirama yang disertai dengan nada naik turun yang dibunyikan secara beraturan. Oleh karena itu, burung kancilan bakau sering dipergunakan sebagai master jenis burung ocehan lainnya.

Selain itu, juga dapat dipergunakan dalam memancing supaya burung cepat mengeluarkan suara kicauannya.

Karakteristik Burung Kancilan Bakau, Master Burung Ocehan Terpopulermajalahhewan.com

Untuk dapat memelihara burung kancilan bakau agar tetap bersuara gacor, anda dapat melakukan pengembunan pada waktu pagi hari.

Letakkan sangkar burung di depan rumah pada pukul 5 pagi sehingga burung dapat menghirup udara segar. Selanjutnya anda dapat melakukan penjemuran burung di pagi dan sore hari.

Hal ini akan membantu menjaga kesehatan badan burung kancilan bakau. Biarkan burung mendapat sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung kancilan bakau, maka penting untuk mengenal lebih dekat karakteristik burung kancilan bakau diatas. Hal ini memudahkan anda dalam melakukan pemeliharaan jenis burung ini.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *