Karakteristik Burung Bondol Haji Yang Menarik Untuk Diketahui

Home | Dunia Burung | Karakteristik Burung Bondol Haji Yang Menarik Untuk Diketahui

Berbicara soal jenis burung yang ada di Indonesia, karakteristik burung Bondol Haji tak boleh sampai terlewatkan. Jenis burung yang satu ini memiliki bentuk tubuh serta warna bulu yang apik dan menarik.

Burung ini selain disebut sebagai Bondol Haji, juga memiliki sebutan lainnya. Seperti halnya Pipit Haji, yang mana jika di dalam bahasa Jawa dikenal dengan burung Emprit Haji. Burung Bondol Haji mempunyai nama ilmiah yaitu Lonchura maja yang juga termasuk ke dalam suku Estrildidae.

Mungkin bagi sebagian orang, belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan burung Bondol Haji ini. Maka dari itu, akan menjadi informasi yang sangat menarik bila mengetahui karakteristiknya.

Karakteristik Burung Bondol Hajiburungcantik.com

Menariknya lagi dari burung Bondol Haji ini, selain dikenal sebagai Emprit Haji, di berbagai daerah, burung ini mempunyai sebutan yang lain, seperti Peking Haji.

Jika di dalam bahasa Inggris, burung Bondol Haji ini memiliki makna White Headed Munia. Bukan tanpa alasan burung ini diberi nama Bondol Haji.

Hal tersebut dikarenakan burung Bondol Haji memiliki kepala berwarna putih yang mana mengingatkan kita kepada peci Pak Haji yang berwarna putih. Sungguh penamaan yang unik memang.

Burung Bondol Haji memiliki ukuran tubuh yang kecil. Bahkan ketika beranjak dewasa, burung Bondol Haji ini hanya mempunyai panjang hingga 11 cm. Untuk lebih detailnya lagi, berikut ini karakteristik burung Bondol Haji yang dapat kita ketahui.

Burung Bondol Haji mempunyai warna bulu putih cokelat seperti finch. Sekilas dilihat, burung ini sedikit menyerupai burung Bondol Oto Hitam.

Akan tetapi, yang membedakannya adalah warna bulunya yang cokelat pucat, sedangkan untuk seluruh kepala dan tenggorokannya berwarna putih.

Saat burung Bondol Haji berusia muda, bulunya akan berwarna cokelat pada bagian atas badannya. Untuk tubuh bagian bawah berwarna kuning tua.

Kemudian, iris mata berwarna cokelat, sedangkan untuk paruhnya berwarna abu-abu kebiruan. Pada bagian kakinya memiliki warna biru pucat.

Karakteristik burung Bondol Haji ini juga dapat dilihat dari suara kicauan yang dihasilkan. Dimana memiliki suara yang bernada tinggi dan juga nyaring.

Jenis makanan burung Bondol Haji ini adalah biji padi. Sebab itulah, sebagian para petani menyebut burung yang satu ini sebagai hama.

Terutama saat menjelang musim panen, burung Bondol Haji akan bergerombol. Terkadang, para petani menggunakan racun hingga bantuan burung Hantu untuk mengatasi serangan burung Bondol Haji.

Karakteristik Burung Bondol Hajinimadesriandani.wordpress.com

Bagi anda yang ingin melihat burung Bondol Haji ini, dapat dijumpai dengan sangat mudah. Pasalnya, burung Bondol haji memiliki tempat hidup di rawa serta rawa-rawa bulu pada ketinggian hingga 1.500 mdpl.

Ketika musim panen padi, burung Bondol Haji ini akan membentuk kelompok besar. Namun, saat musim kawin, burung Bondol Haji akan menyebar di sejumlah tempat. Hal ini justru menjadi karakteristik burung Bondol Haji yang cukup unik.

Pada dasarnya, burung Bondol Haji memiliki tingkah laku dan kebiasaan seperti burung Pipit lainnya. Selain tinggal di rawa-rawa, burung ini juga berada di dataran terbuka dengan rerumputan serta kebun.

Umumnya, burung Bondol Haji tidak hidup secara berpasangan, kecuali ketika memasuki musim kawin. Ketika proses perkawinan terjadi dan burung Bondol Haji betina berhasil mengeluarkan telur, mampu menghasilkan telur sebanyak 4 hingga 5 butir .

Namun, terkadang dapat menghasilkan 6 butir telur. Sebagai karakteristik burung Bondol Haji lainnya, sarang burung ini berbentuk bola yang berasal dari rerumputan.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ragam Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung Kicauan

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan pastinya harus diiringi dengan perawatan yag baik dan benar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *