Loading...
Pengetahuan

Kacer Kelebihan EF Bisa Hadapi Kerontokan


Gudang BurungBerita menarik berasal dari salah satu teman saya di salah satu kecamatan di Klaten Utara, yang mendapati fenomena bulu burung Kacernya rontok bukan karena mabung, tetapi terlalu banyaknya porsi extrafooding.


Extrafooding yang dimaksud adalah ulat hongkong. Ya, salah satu extrafooding yang berdampak panas perlahan pada burung ini ternyata juga berefek pada kualitas bulu Kacer.

Dapat dilihat ketika saya memantau burung peliharaan teman saya tersebut, hanya tersisa sedikit bulu di bagian kepala burung, pada sayap hanya terdapat beberapa helai buli saja, bagian perut dengan tak terlalu banyak bului, dan hanya ada 2 bulu pada ekor.

Jelas membuat teman saya berpikir dua kali apakah akan menjual burung tersebut atau tidak. Teringat artikel tentang penanganan Kacer rontok bulu bukan karena mabung, saya memberitahukannya sedikit informasi.

Dengan pengurangan bahkan meniadakan pemberian extrafooding 
ulat hongkong, dan merubahnya ke extrafooding yang sifatnya banyak mengandung protein, seperti jangkrik dan kroto.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment