Jenis Penyakit Burung Jalak Suren dan Cara Pengobatannya

Bagi anda yang kini tengah memelihara Jalak Suren, maka mengetahui berbagai jenis penyakit burung Jalak Suren sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, mengingat segala perawatan yang diberikan tak terlepas dari kondisi kesehatannya pula.

Burung Jalak Suren merupakan salah satu jenis  burung yang cukup populer di Indonesia. Burung dengan bentuk yang unik, serta paduan warna yang khas yaitu hitam dan putih, tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi burung ini untuk dipelihara.

Bukan hanya itu saja, burung Jalak Suren juga merupakan burung yang memiliki suara kicauan yang menarik untuk didengar. Selain itu, bentuk perawatan yang diberikan juga cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

jenis penyakit burung Jalak Surenid.wikipedia.org

Berbicara mengenai jenis penyakit apa saja yang dapat menyerang dan mengganggu kesehatan burung kesayangan ini, pastinya membuat penasaran bagi sebagian orang. Sebab, hal ini tentunya menajdi sebuah ancaman.

Jika tidak diketahui lebih dini dan dibarengi dengan penanganan serta pengobatan yang tepat, maka dapat memberikan dampak buruk bagi burung Jalak Suren sendiri. Lebih buruknya lagi, burung Jalak Suren yang anda pelihara dapat mengalami kematian akibat penyakit yang dideritannya.

Berikut ini, beberapa jenis penyakit burung Jalak Suren beserta pengobatannya yang wajib anda ketahui. Tentunya, informasi ini sangatlah bermanfaat untuk anda, terutama bagi mereka yang kini tengah memelihara burung Jalak Suren.

Jenis penyakit yang dapat menyerang burung Jalak Suren, salah satunya adalah berak darah. Ketika burung Jalak Suren mengalami penyakit ini, maka terdapat beberapa pertanda yang dapat anda kenali.

Pertama, burung Jalak Suren akan terlihat sangat lesu. Kemudian, tampilan bulu yang dimiliki tidak seperti biasanya atau terlihat lebih kusut.

Gejala lainnya yang dapat ditunjukkan adalah sayap yang menjuntai ke bawah, matanya menutup, tinja yang dikeluarkan berbentuk lebih encer, mengalami mencret, dan sudah pasti tinja yang dikeluarkan berwarna merah karena dibarengi dengan keluarnya darah.

Ketika burung ini mengalami gejala semacam ini, maka anda tak perlu khawatir. Pasalnya, jenis penyakit burung Jalak Suren yang satu ini dapat diobati. Tenutnya, dengan pengobatan yang tepat dan benar.

Salah satunya adalah dengan mengurangi porsi makanan. Sehingga organ pencernaan yaitu usus yang sempat terluka dapat melakukan penyembuhan. 

Selain mengurangi jumlah makanan dibandingkan biasanya, jangan lupa juga berikan makanan yang memiliki tekstur yang lebih halus. Sehingga memudahkan burung Jalak Suren dalam mencerna makanan.

jenis penyakit burung Jalak Surenukmkreatif.com

Jenis penyakit lainnya yang dapat menyerang burung Jalak Suren adalah gangguan pencernaan. Pada dasarnya, penyakit berak darah dengan gangguan pencernaan ini sangatlah berbeda.

Gejala yang ditimbulkan pun juga tidaklah sama. Ketika burung Jalak Suren mengalami gangguan pencernaan maka akan memiliki tingkah yang sediktt aneh yaitu berjingkat-jingkat sewaktu membuang kotoran.

Cara mengobati jenis penyakit burung Jalak Suren tersebut cukup mudah, yakni dengan memperhatikan kebersihan kandang yang digunakan. Bersihkan kandang secara rutin begitu pula dengan tempat makanan dan minumannya.

Tidak lupa unutk meberikan makan yang sesuai dnegan kebutuhan nutrisi burung jalak Suren. Tentunya tidak memunculkan bibit penyakit.

Masih berbicara mengenai jenis penyakit yang dapat menyerang burung Jalak Suren. Penyakit berikutnya adalah gangguan pernafasan.

Timbulnya penyakit ini, disebabkan karena perubahan cuaca yang tidak menentu. Burung Jalak Suren ketika terserang penyakit ini, maka akan menimbulkan gejala megap-megap dan mengeluarkan bunyi saat bernafas.

Ketika jenis penyakit burung Jalak Suren ini menyerang maka cara pengobatannya adalah dengan memberikan kapsul terafit  yang dicampurkan dengan air minummnya.

About dr.gaplek

Check Also

Burung Hud Hud Si Cantik Dari Afro Eurasia

Anda mungkin sudah sering mendengar burung yang satu ini. Kisahnya memang tertuang dalam kitab suci, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *