Home / Liputan / Jenis Burung Merak Tercantik

Jenis Burung Merak Tercantik

BurungCantik.com – Masih mencari informasi mengenai jenis, karakteristik dan ciri burung merak? Bila iya, silahkan baca dan pahami artikel berikut ini.

Burung merak terkenal dengan keindahan bulunya terutama si pejantan yang mampu mengembangkan ekornya untuk menarik perhatian si betina. Berasal dari keluarga Pavo dan Afropavo, burung ini masih satu famili dengan ayam hutan.

Semakin berkurangnya jumlah burung merak di alam liar membuat burung merak masuk kategori dilindungi karena jumlahnya yang kian punah. Berikut kami rangkumkan 4 jenis merak paling populer beserta ciri dan gambarnya.

Jual Daftar Harga Dan Gambar Ciri Ciri Anakan Burung Merak Biru India Jantan Dan Betina Hasil Ternak Yang Bisa Terbang Burung Merak India

Daftar Harga Jual Gambar Ciri Ciri Suara Kicau MP3 Beserta Habitat Dan Cara Melestarian Anakan Burung Merak Hijau Jawa Hasil Ternak Yang Bisa Terbang Burung Merak Hijau

Pavo Muticus adalah nama latin burung yang tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Pulau Jawa (Indonesia).

Ciri ciri burung merak hijau (merak jawa)

Bulunya berwarna hijau keemasan.Panjangnya mencapai 300 cm dengan penutup ekor berwarna hijau.Terdapat jambul yang tegak berdiri berwarna gelap.Iris hitam dengan bulu di sekitar mata berwarna biru dan kuing membentuk semacam topeng.Betinanya berukuran lebih kecil dengan bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan tanpa dihiasi bulu penutup ekor.

Baca Juga: jenis burung nuri yang bisa bicara

Harga Jual Video Dan Gambar Suara Kicau MP3 Dan Ciri Ciri Anakan Burung Merak Putih Albino Hasil Ternak Yang Bisa Terbang Burung Merak Putih

Diantara jenis merak lain, merak putih (Pavo Cristatus)merupakan jenis yang paling langka karena warna putih yang dihasilkan adalah hasil kelainan gen dimana burung ini tidak mempunyai pigmen warna alias albino.

Ciri ciri burung merak putih (merak albino)

Seluruh tubuhnya berwarna putih polos.Jambul berwarna putih tegak membantuk kipas.Iris mata hitam, paruh dan kaki putih pucat.

Baca Juga: jenis burung cucak ijo dan asalnya

Jual Daftar Harga Dan Gambar Ciri Ciri Anakan Burung Merak Biru India Jantan Dan Betina Hasil Ternak Yang Bisa Terbang Burung Merak Biru

Bernama latin Pavo Cristatus, burung dengan daerah persebaran India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan ini merupakan pemakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti cacing, laba-laba dan kadal kecil dengan panjang tubuhnya mencapai 230 cm.

Ciri ciri burung merak biru (merak india)

Bulu berwarna biru pekat mengkilap.Terdapat jambul tegak berwarna biru membentuk kipas.Penutup ekor berwarna hijau metalik.Iris hitamdengan garis putih di bawah mata.Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.Betina memiliki bulu berwarna coklat kusam kehijauan bergaris-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor.

Baca Juga: burung kicau termahal di dunia

Foto Daftar Harga Jual Gambar Anakan Burung Merak Hitam Kongo Peafowl Jantan Dan Betina Hasil Ternak Burung Merak Hitam

Bernama latin Afropavo Congensis, burung yang merupakan endemik di Republik Demokratik Kongo ini adalah pemakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil.

Ciri ciri burung merak hitam (merak kongo)

Ukuran jantan saat dewasa hanya mencapai 70 cm.Memiliki bulu berwarna biru gelap dihiasi warna hijau dan ungu mengkilap.Kulit lehernya berwarna merah.Terdapat jambul tegak berwarna putih diatas kepalanya.Burung betina berwarna coklat, dengan bulu sayap dan bulu belakang tubuhnya berwarna hijau mengilap serta jambul coklat di kepala.

Baca Juga: jenis burung cendrawasih papua

Orang Juga Bertanya: gambar burung merak burung merak tercantik di dunia warna burung merak burung merak paruh cara menggambar burung merak foto burung merak gambar burung merak putih Gambar burung tercantik Gambar hewan merak hadap belakang Merak ijo betina

Kunjungi artikel aslinya

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888