Loading...
Liputan

Jenis Burung Kicau Srigunting dan Cara Memeliharanya

Burung kicau yang juga sangat handal untuk dipelihara bagi para pecinta burung adalah burung Srigunting atau Dicrurus hottentottus. Burung ini sebenarnya bukan termasuk burung yang tidak banyak memiliki penggemar. Jenis burung ini termasuk burung yang tergolong rentan terkena stress apalagi jika burung ini merupakan hasil dari tangkapan di hutan. Sehingga bagi Anda yang ingin memelihara burung ini untuk jangka waktu yang lama sebaiknya membeli burung Srigunting anakan. Hal ini dikarenakan, jika burung Srigunting hasil dari tangkapan hutan tidak akan berumur panjang dan cepat mati. Dengan membeli burung Srigunting anakan, maka Anda akan lebih mudah merawatnya dan juga lebih mudah untuk dijadikan masteran disamping suara dari burung lainnya.

jenis burung srigunting batu jenis burung srigunting batu


Burung Srigunting ini banyak ditemukan di tepi hutan, maupun kawasan atau area yang jarang terdapat pohon, hutan mangrove dan semak. Tak hanya kicau Srigunting saja yang sangat keras dan lantang, tetapi juga burung ini akan sangat mengganggu burung lainnya yang juga termasuk burung pemangsa ketika burung tersebut masuk ke area burung Srigunting ini. Sejenis burung pemangsa Srigunting juga memiliki keunikan tersendiri ketika berburu mangsanya. Dimana, Srigunting akan mencari dahan dari pohon tertinggi, maka burung ini dapat mengamati gerak-gerik yang ada di area sekitarnya tersebut. Nah, dari tempat tersebutlah Srigunting akan terus mengejar banyak serangga di area terbuka.


Srigunting sendiri memiliki gaya unik ketika menangkap serangga yaitu dengan gaya akrobatik khas yang dimilikinya. Setelah menangkap serangga, maka Srigunting akan kembali untuk bertengger ke tempat semulanya. Gaya uniknya ketika mengejar serangga sebagai mangsanya ini sangat persis seperti burung cendet. Sebagai salah satu jenis burung yang unik, Srigunting memiliki berbagai macam jenis. Ada beberapa jenis Srigunting yang bisa dijumpai, yaitu Srigunting Krantil, dan Srigunting Kelabu. Bagi penggemar burung ini, Srigunting jenis Krantil merupakan jenis yang paling banyak digemari. Srigunting Krantil ini mempunyai 2 buah antena menjuntai ke bawah pada bagian ekor burung. Sedangkan burung Srigunting ini memiliki warna yang hitam peka. Selain itu, jenis burung Srigunting Krantil jugalah yang memiliki suara bervariasi sehingga mudah untuk dijadikan masteran.

kicau srigunting gacor kicau srigunting gacor


Untuk merawat bakalan dari Srigunting ini sebaiknya dilakukan pemberian campuran pakan, antara kroto dan juga voer. Anda bisa mencampur kedua bahan ini hingga beberapa hari, supaya Srigunting lebih terbiasa memakan jenis pakan voer. Anda juga bisa memberikan vitamin untuk tetap menjaga kondisi burung Srigunting ini agar selalu sehat. Karena jenis burung ini mudah stres, untuk menguranginya Anda bisa memakai Bird Mineral maupun BirdVit yang biasa dimanfaatkan para pecinta burung nyanyian yang ada di Indonesia. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara Srigunting gacor diimbangi dengan melatih suara Srigunting secara rutin.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara menangkap burung srigunting
  2. cara memikat burung srigunting
  3. cara mikat burung srigunting
  4. mikat burung
  5. cara menangkap srigunting
Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment