Inilah Perbedaan Burung Beo Jantan dan Betina Yang Harus Anda Tahu

Home | Burung Beo | Inilah Perbedaan Burung Beo Jantan dan Betina Yang Harus Anda Tahu

Perbedaan burung beo jantan dan betina memang sulit untuk ditebak. Sebab, untuk burung jantan dan betina memiliki ciri fisik yang hampir sama. Khususnya untuk mereka yang baru mengenal jenis burung kicau. Maka dari itu, anda semuanya harus bisa mengenalinya dengan baik dan cermat.

flickr.com

Untuk mengetahui perbedaan burung beo jantan dan betina sebaiknya anda mengetahui bagian-bagian tubuh tertentu yang bisa dijadikan patokan untuk membedakannya.

Ciri pertama dari burung beo jantan yang sudah berusia dewasa ditunjukkan pada ukuran tubuh dari beo jantan yang memang agak lebih kecil dari betina. Sedangkan, untuk bagian belakang kepalanya pun terbentuk lengkungan sudut misalnya saja seperti siku-siku. Tak hanya itu, pada bagian mata burung beo jantan juga mempunyai ukuran yang lebih lebar.

Ciri berikutnya yang terlihat melalui bentuk paruh, yang mana ukuran paruh beo jantan lebih besar dan juga lebih pendek. Jadi, apabila dilihat dari depan paruh beo jantan itu terlihat lebih lebar.

Selain itu, dilihat dari cara berdiri dari burung beo jantan yang cenderung atau bahkan kerap kali menunduk dan juga membungkukkan tubuh yang dimilikinya. Ini semua dilakukan sebab tubuh dari burung beo jantan yang jauh lebih besar dari pada dengan burung beo betina.

Perbedaan burung beo jantan dan betina juga bisa dilihat dari bagaian jenggernya. Jengger juga menjadi ciri khas yang bisa dilihat dari burung beo. Walupun mempunyai tampilan yang nampak sama, faktanya jengger burung beo jantan itu mempunyai warna kuning yang cukup gelap. Selanjutnya, pada bagian sisi dari samping mata beo juga ada ukuran segitiga yang tidak beraturan.

Untuk melihat perbedaan burung beo jantan dan betina selanjutnya, pada burung beo jantan terlihat melalui bagian kloaka atau saluran pembuangan yang dimilikinya, pada beo jantan itu ada benjolan yang cukup mencolok.

flickr.com

Untuk beo yang betina itu mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan nampak lebih bulat. Untuk postur tubuh yang dimilikinya, Beo betina ini biasanya mempunyai bentuk kepala yang lebih kecil. Kemudian, di bagian belakang kepalanya ada bentuk sudut yang lebih landai. Selanjutnya bagian mata burung beo betina juga tampak lebih kecil.

Ciri selanjutnya nampak pada bentuk paruh dari burung beo betina yang lebih kecil namun justru lebih panjang dari paruh burung beo jantan.

Hal ini dapat anda buktikan dengan melihatnya dari bagian sisi samping yang mana dapat menunjukkan tampilan bentuk paruh burung beo betina yang lebih panjang dan ramping.

Jengger juga menjadi ciri berikutnya untuk mengetahui perbedaan burung beo betina dengan jantan. Sebab, untuk burung beo betina ini memiliki jengger dengan warna kuning yang lebih terang. Tak hanya itu, pada bagian sisi matanya juga terbentuk segitiga yang sempurna.

Pada bagian kloaka atau saluran pembuangan burung beo betina justru tidak terdapat benjolan atau bahkan terlihat rata dari pada yang terdapat bada burung beo yang berjenis kelamin jantan.

Selanjutnya untuk burung beo betina bisa terlihat melalui cara berdirinya yang lebih tegak. Tak hanya itu saja, ia juga bisa menengadahkan kepalanya dengan baik. Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari sikap burung beo betina yang jauh lebih cerewet serta memiliki nafsu makan yang lebih besar.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Keunikan Burung Toucan dan Perkembangbiakannya

Toucan merupakan salah satu jenis burung unik yang bisa dijumpai di wilayah Amerika Tengah dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *