Inilah Cara Mengatasi Kebiasaan Lovebird Gesek Tangkringan

Home | Burung Lovebird | Inilah Cara Mengatasi Kebiasaan Lovebird Gesek Tangkringan

Bagi pemelihara burung lovebird anda harus tau mengetahui perilaku atau permasalahan lovebird yang harus diatasi. Tingkah tersebut yaitu lovebird gesek tangkringan.

Kelakuan tersebut sering terjadi pada lovebird jantan yang telah beranjak dewasa. Namun terkadang prilaku gesek tangkringan juga terjadi pada lovebird betina.

Perilaku lovebird gesek tangkringan ini tandanya yaitu dengan lovebird terlihat menggesek-gesekkan supitnya pada tangkringan maupun tempat bertengger. Dan tampak mirip seperti lovebird yang sedang kawin.

Lovebird Gesek TangkringanLovebird Gesek Tangkringan

Tak hanya menggesekkan tangkringan saja, lovebird yang over birahi pada umumnya akan tampak ngeleper maupun mengepakkan sayapnya.

Lovebird yang sering mengesekan pada tangkringan tersebut diantaranya disebabkan oleh hal seperti berikut ini.

Over BirahiKandungan protein pada makanannya yang mungkin terlalu tinggi.Stress.Burung sedang Sakit.Pemberian extra fooding yang tidak terkontrol.Waktu penjemuran terlalu lama.Cara Mengatasi Lovebird Gesek TangkringanCara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Pada lovebird yang jantan yang akan diternak mungkin justru bagus pada saat sudah over birahi dan gesek tangkringan. Sebab apabila disatukan dengan lovebird betina yang berjodoh dan telah memasuki masa produktif.

Dengan demikian tidak akan segera bertelur.Namun bila lovebird gestang itu terjadi dalam lovebird yang dijadikan kicauan harian atau bahkan dijadikan lovebird lomba, perilaku tersebut akan menjadi sebuah permasalahan yang serius yang kemiudian harus segera diobati.

Apabila lovebird Anda sedang melakukan gesek tangkringan, maka tangkringannya bisa anda ambil dan dijauhkan dari lovebird anda.

Apabila tak ada tangkringan, maka otomatis lovebird akan menghentikan perilaku tersebut. Hal ini tak akan bisa ada pengaruh pada keinginan burung yang justru semakin kuat apabila tak ada alat pelampiasan.

Jika sesudah anda melepaskan tangkringan dan birahinya telah stabil lagi, maka anda bisa letakkan tangkringan lagi pada tempatnya dan rawat dia dengan baik.

EF bisa menjadikan burung lovebird menjadi naik birahinya dan pada umumnya diberikan pada lovebird lomba. Akan tetapi apabila sedang masa gestang, maka anda bisa menyetop pemberian EF.

Sebab dapat menambah birahi agar menjadi lebih tinggi. Tidak hanya menghentikan gestang, tidak memberhentikan pemberian makanan tambahan dapat mengakibatkan perilaku tersebut justru lebih kecang dari sebelumnya.

Makanan tambahan yang dapat menurunkan birahi juga ada khusus lovebird serta tersedia dalam bentuk vitamin penurun birahi. EF disini yaitu berupa daun kemangi dan mentimun.

Makanan tersebut berikan secara bergantian hingga birahi turun serta bisa normal lagi. Langkah ini dinilai ampuh untuk lovebird yang sering menggesek tangkringan atau sekedar burung lovebird yang punya tingkat birahi tinggi berlebihan.

Jika lovebird gesek tangkringan anda bisa memandikan malam hari. Menurunkan birahi lovebird dengan mandi malam memang sudah dikenal ampuh sekali untuk menurunkan birahi burung yang sedang meninggi.

Langkah ini dapat diterapkan oleh berbagai jenis burung selain lovebird. Mandi malam merupakan proses mandi yang dilakukan pada saat malam hari di atas jam 7 malam.

Jika burung lovebird gesek tangkringan sebaiknya untuk sering memandikan burung supaya birahinya dapat normal kembali.

Di dalam frekuensinya sendiri bisa dilakukan paling tidak 3 kali sehari yaitu pagi, siang, sore, atau bahkan bisa ditambah satu yaitu malam. Sering memandikan malam bisa membantu dalam menurunkan birahi.

Selain itu mandi malam juga bisa membantu menurunkan stress pada burung dan juga dapat membantu memperkokoh bulunya.

About dr.gaplek

Check Also

Setia Sampai Mati, Ini Beberapa Fakta Unik Lovebird yang Bikin Terharu

Home | Burung Lovebird | Setia Sampai Mati, Ini Beberapa Fakta Unik Lovebird yang Bikin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *