Inilah Cara Memasang Ring Anakan Lovebird Usia 1-3 Minggu

Home | Burung Lovebird | Inilah Cara Memasang Ring Anakan Lovebird Usia 1-3 Minggu

Salah satu jenis burung kicauan yang paling banyak diminati yaitu Lovebird. Sebab lovebird adalah jenis burung kicauan yang indah dari segi fisiknya maupun dari suara kicauan yang dikeluarkan. Bulunya yang berwarna-warni menjadikan burung ini disukai banyak orang.

Jika dinilai dari kicauan yang dikeluarkan, Lovebird memiliki kicauan yang lain dengan jenis burung kicauan yang lainnya. Sebab, burung ini mampu mengeluarkan kicauan ngekek panjang dan bervariasi. Dengan demikian burung ini banyak sekali ditangkarkan dan juga dilombakan.

youtube.com

Semakin banyaknya para pecinta burung kicauan yang mulai mencoba memperbanyak dengan membreeding lovebird, maka semakin banyak juga penghobi lovebird yang berinovasi untuk berusaha dalam memasarkan lovebird mereka supaya dapat diterima oleh kicaumania yang ada di berbagai wilayah.

Salah satu cara untuk mengetahui burung yang anda beli itu termasuk burung hasil dari penangkaran yaitu adanya ring kode atau cincin yang ada pada kaki burung. Ring kode di kaki lovebird sendiri bisa dibuat sesuai dengan keinginan pemilik penangkaran atau peternakan burung. Anda pun juga bebas membuat kode tulisan yang ditulikan pada ring kaki burung.

Ring pada kaki burung lovebird termasuk salah satu ciri burung para penangkar. Namun yang terpenting untuk para penangkar yaitu dengan mengenalkan jika burung itu hasil penangkarannya memanglah penting sekali di pasangkan ring pada kaki burung. Selain dijadikan sebagai tanda juga kita bisa membedakan kualitas burung dari ring tersebut.

Akan tetapi, terkadang burung justru mengalami berbagai masalah pada waktu dipasangi ring. Entah sebab kesalahan dalam pemasangan atau pemilihan jenis ring yang kurang tepat. Pastinya, burung tidak merasa senang, namun malah tersiksa dan terluka. Saat keadaan seperti ini burung akan merasa kesakitan dan tidak akan mau berkicau sedikitpun.

Dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasang ring anakan lovebird. Namun tidak sembarangan juga dalam pemasangannya. Sebab, nantinya akan mengakibatkan kelumpuhan pada kaki burung tersebut. Mungkin dalam triknya semuanya hampir sama untuk masalah pemasangannya. Namun kali ini akan membahas cara memasang ring anakan lovebird usia 1 sampai dengan 3 minggu.

jitunews.com

Untuk cara memasang ring anakan lovebird usia 1-3 minggu, yang bisa anda lakukan yaitu dengan pegang lovebird anda dengan kuat, aman dan tidak menyakiti lovebird. Selain itu, buat lovebird suoaya bisa senyaman mungkin di dalam genggaman anda. Usahakan juga supaya kaki lovebird yang akan dipasangi ring menjadi rilex.

Selain itu, anda bisa julurkan atau luruskan 3 jari bagian terluar dari lovebird rapatkan hingga kuku berbentuk lurus supaya nantinya ring akan mudah masuk. Kemudian sisakan jari bagian dalam (jempol).

Cara memasang ring anakan lovebird usia 1-3 minggu selanjutnya terlebih dahulu, anda bisa masukkan 3 (tiga) jari bagian luar. Setelah itu, dorong sampai melewati pangkal jari, terus sampai melewati jari bagian dalam.

Apabila terjadi dimana ring yang akan dimasukkan terasa sulit atau terasa sempit. Selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu urut sedikit secara pelan, tujuannya supaya kaki menjadi rilex atau bisa juga dibantu dengan bantuan minyak goreng supaya tidak terjadi lecet.

Umur atau usia burung yang disarankan atau sudah dirasa aman untuk dimulai pemasangan ring anakan lovebird yaitu pada saat berada di umur 1 sampai dengan 3 minggu. Dengan begitu, lovebird tidak akan merasa terganggu dengan diberikan ring pada pada bagian kakinya.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *