Loading...
Pengetahuan

Hud-hud si burung unik bersenjata unik

Burung yang namanya beberapa kali disebut dalam kitab suci Al Qur’an dan Injil ini memiliki nama Noble Hoopoe atau Eurasian Hoopoe [Upupa epops] dalam bahasa arab disebut dengan nama burung Hud-hud ternyata selain memiliki kicauan yang menarik juga mempunyai cara unik dalam mempertahankan dirinya dari serangan musuh atau binatang predator.


 

Burung yang dahulu memiliki hubungan dengan Nabi Sulaeman A.S ( Prophet Solomon ) ini memiliki warna bulu yang indah serta jambul yang unik ini merupakan jenis burung yang memiliki keterkaitan dengan burung rangkong. Penamaan Hoopoe itu juga disesuaikan dengan suara panggilannya yang melengking dengan suara ‘hoops’  ( dalam logat inggris ) atau terdengar seperti ‘hud-hud’ ( dalam logat arab) yang jelas dan berulang-ulang. Ada tujuh spesis burung ini yang dikenal didunia dan menyebar secara luas di Inggris, Eropa, Asia dan Afrika utara. 

Keunikan lain dari burung ini adalah jika merasa terancam burung ini akan menyemprotkan kotorannya ke mata binatang yang mencoba menyerangnya dengan cara  mengarahkan pantatnya ke pengancam tersebut. kalau strategi tersebut tidak berhasil atau tidak mengenai sasaran maka burung ini akan menyelimuit tubuhnya dengan bau yang sangat busuk. 

Burung ini memang memiliki kelenjar khusus didekat anusnya, yang bisa menghasilkan zat yang berbau sangat busuk. 

Burung ini menggosokan zat terebut ke bulu-bulunya yang kemudian akan menutupi seluruh tubuhnya dengan bau yang sama dengan bau dari daging yang sudah busuk, dengan demikian hewan atau binatang predator pun akan kehilangan selera makannya dan meninggalkannya.  

zat yang berbau tersebut selain berfungsi sebagai pertahanan diri juga berfungsi sebagai penola parasit dan sebagai anti bakteri serta melindungi burung tersebut dari berbagai penyakit. 

Itulah keistimewaan burung hud-hud seperti juga istimewanya burung ini seperti disebutkan dalam kitab-kitab suci. 

Semoga menambah pengetahuan kita, salam kicau.


About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment