Habitat Burung Pelikan Beserta Persebaran dan Perilakunya

Sebagai pecinta satwa terutama jenis burung, menjadi suatu informasi yang penting ketika kita berbicara mengenai habitat burung Pelikan. Ya, siapa yang tidak kenal dengan burung Pelikan?

Burung Pelikan atau juga dapat disebut sebagai burung Undan merupakan salah satu jenis burung air. Dimana saat ini, sudah diketahui terdapat delapan spesies yang berada di berbagai wilayah.

Umumnya, burung Pelikan yang ada di Indonesia sendiri kurang lebih terdapat tiga spesies. Namun, tak semuanya dapat kita jumpai dengan mudah.

Hanya ada satu burung Pelikan yang mudah kita jumpai yaitu Pelikan Australia atau orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai Undan Kacamata. Burung Pelikan Australia ini memiliki nama ilmiah Pelecanus conspicillatus.

habitat burung Pelikanflickr.com

Sebenarnya, jika kita berbicara mengenai habitat dari burung pelikan ini, maka terdapat dua aspek penting lainnya yang sangat berkaitan. Diantaranya adalah perilaku dan persebaran dari burung Pelikan itu sendiri.

Kali ini kita akan membahas mengenai habitat burung yang satu ini terlebih dahulu. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa burung Pelikan merupakan salah satu jenis burung yang hidup di perairan.

Maka dari itu, tak heran bila burung Pelikan mempunyai habitat asli di seluruh daerah perairan yang ada di dunia. Jika anda ingin menemukan dan melihat burung Pelikan yang hidup di alam bebas, maka dengan sangat mudah menemukannya hampir di setiap penjuru.

Akan tetapi, terdapat tempat-tempat tertentu yang jika anda kesana, maka tidak akan menjumpai burung Pelikan ini. Diantaranya seperti kepulauan samudera, laut dalam, antartika, benua Amerika bagian selatan, serta daerah kutub.

Tidak adanya burung Pelikan di tempat tersebut sudah barang tentu wilayah-wilayah yang dimaksud tidak sesuai dengan habitat burung Pelikan.

Masih berkaitan dengan habitat burung Pelikan. Selanjutnya kita akan mengulas persebaran dari burung Pelikan ini.

Habitat serta persebaran burung pelikan sebenarnya hampir sama dan saling berkaitan. Jenis burung ini berasal dari wilayah Tasmania dan daerah Australia.

Persebaran burung Pelikan sangatlah luas. Paling banyak, anda akan menjumpai burung ini di bagian utara. Hingga ke Papua, Indonesia bagian barat, dan tak lupa juga di daerah Pasifik bagian barat daya.

Dari persebaran yang dapat kita perhatikan ini, burung Pelikan juga memiliki waktu untuk bermigrasi atau berpindah tempat guna mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Pada saat musim dingin, burung Pelikan akan bermigrasi dan berkunjung sampai ke Jawa hingga Sumatera. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari makan.

habitat burung Pelikanpixabay.com

Jika persebarannya sangat berkaitan dengan habitat burung Pelikan, maka tak heran bila dari habitat dan persebarannya inilah juga akan mempengaruhi perilakunya.

Burung Pelikan memiliki perilaku hidup secara berkelompok dan juga memiliki kemampuan terbang bersama kawanannya. Menariknya lagi, ketika burung Pelikan terbang, maka akan membentuk sebuah formasi garis panjang.

Selain memiliki kemampuan di dalam perairan, burung ini juga mempunyai keahlian yang cukup hebat saat berada di udara. Dimana burung Pelikan dapat terbang dalam jangka waktu yang cukup lama dengan ukuran badannya yang cukup besar.

Meskipun demikian, burung Pelikan sendiri tidak memiliki pergerakan yang lincah. Burung Pelikan juga dapat berkembangbiak dengan baik di dalam sebuah kelompok.

Atau biasa disebut sebagai koloni. Bukan hanya itu saja, karena habitat burung Pelikan yang berada di perairan ini juga memiliki kemampuan dalam beradaptasi di lingkungan jenis burung air lainnya seperti kelompok Flamingo atau Cormorant.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *