Loading...
Pengetahuan

Gambar beberapa Jenis Ciblek

Gambar beberapa Jenis Ciblek

Ciblek merupakan jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Kelebihan paling menonjol untuk burung yang nama latin Prinia familiaris ini dapat diamati dari perawakan imut serta gerakannya yang lincah.

Ciblek yang terkadang disebut dengan burung Prenjak termasuk jenis burung penyanyi di Tanah Air yang juga memiliki suara unik dan juga khas.

Jenis burung ciblek banyak yang sekarang ini cukup populer di Indonesia, antara lain adalah ciblek jawa, sawah, gunung dan juga ciblek tambak.

Namun untuk wilayah penyebaran jenis burung ini tidak seluruhnya terdapat pada berbagai pulau di Tanah Air.

Jenis Burung Ciblek
Jenis Burung Ciblek

Karena ciblek memang burung endemik yang kerap sekali ditemui di pulau Jawa, pulau Sumatera dan juga pulau Bali.

Burung ini hampir sama dengan burung gereja dan juga burung pipit. Karena burung ciblek juga gampang bersahabat dan berdaptasi dengan lingkungan manusia.

Dan bahkan ia kerap berkeliaran pada pemukiman padat penduduk guna mencari makanan bermacam serangga kecil, ulat dan juga kroto.

Dan jenis burung dengan tubuh kecil ini juga cukup mudah didapatkan. Sebab populasinya di alam liar masih sangat terjaga.

Walaupun pada tahun 1990-an jenis burung ini pernah tidak punya nilai tinggi, tapi sekarang ini sudah cukup banyak pebisnis yang menangkarnya.

Terlepas dari semua itu, burung ciblek memang pantas dijadikan burung kicauan untuk setiap penghobi.

Selain mempunyai mempunyai penampilan fisik yang terlihat lucu, seluruh burung dari keluarga Cisticolidae itu memang punya kicau ngotot yang tidak dapat diremehkan.

Mungkin burung ini belum bisa dibandingkan dengan burung istimewa lain, misalnya Murai Batu, Cucak, Anis Merah, Kepodang, Kacer, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, tidak jarang juga suara burung ciblek ngebren, gacor serta nembak yang ngotot kerap mendominasi berbagai acara perlombaan dan kontes latber pada beberapa kawasan di Tanah Air.

Jenis Burung Ciblek

Terdapat beberara jenis burung Ciblek yang kerap kita jumpai di Indonesia, mulai dari jenis Ciblek Gunung, Ciblek Sawah , Ciblek Tambak, dan juga Ciblek Jawa atau Ciblek Kebun dan Ciblek Putih.

Berbagai jenis burung Ciblek tersebut yang populer di Indonesia memang punya postur tubuh yang kecil serta suara kicauan yang terdengar unik.

Burung itu populer dengan nama burung Ciblek sawah, Ciblek Jawa, Ciblek Tambak dan juga burung Ciblek Gunung.

Tapi, walaupun burung Ciblek terdiri atas beberapa jenis yang lumayan populer, keberadaan dari burung ini saat ini dikhawatirkan sebab hampir dinyatakan punah.

Nah, untuk anda para pecinta burung kicauan, sebaiknya anda punya niat dan tekat untuk melestarikan burung-burung jenis Ciblek ini dengan cara ternak burung ciblek.

Karena untuk mencegahnya supaya tidak terjadi kepunahan, burung ini juga bisa menemani hari-hari anda dengan suara kicauannya yang terdengar merdu dan indah.

Berikut ini ulasan tentang jenis burung Ciblek yang terdapat di Indonesia dan kerap diikutkan perlombaan.

Ciblek Kebun

Ciblek Kebun
Ciblek Kebun

Jenis burung ciblek ini mempunyai jiwa petarung. Ciri khas suara burung ciblek ialah nembak ngebren dengan kicauan yang keras. Oleh sebab itu burung ini juga begitu cocok untuk dijadikan menjadi burung masteran.

Untuk burung ciblek yang lolohan perawatannya mudah, sebab burungnya bisa dipastikan jinak serta kita bisa memaster burung ini dengan burung yang lain.

Misalnya burung prenjak serta kenari. Namun jika kita merawat dari tangkapan hutan pastinya kita harus menjadikan burung ini terlebih dulu mau makan voor.

Kemudian menjinakkan supaya burung tidak takut pada suasana barunya saat di sekitar manusia.

Suara dari burung tangkapan hutan serta penangkaran tidak berbeda jauh. Apabila diperhatikan burung tangkapan hutan lfisiknya ebih kuat apabila dibandingkan burung tangkaran.

Hal ini dikarenakan burung tangkapan hutan memiliki daya jelajah tinggi dalam beradaptasi pada lingkungannya. Berbeda dengan burung hasil tangkaran yang terus dalam sangkar jadi kekuatan fisiknya tidak tampak bagus.

Banyak suara dari burung tangkapan hutan yang telah gacor juga bertipe panjang, merdu serta keras yang begitu dipengaruhi oleh pernafasannya yang baik.

Sesungguhnya ada langkah tertentu untuk burung tangkaran bernafas baik. Yakni dengan cara memasukan pada sangkar umbaran yang memiliki tinggi serta lebar jauh berbeda dengan sangkar biasanya.

Perbedan Ciblek Jantan dan Betina

Ciblek Kebun dengan jenis kelamin jantan dan betina bisa dibedakan dari warna pada bagian paruh dan juga pada motif ekornya. Untuk burung ciblek kebun yang jantan paruh bagian bawah warnanya hitam pekat.

Kemudian yang betina mempunyai warna paruh putih bersih ataupun juga terdapat sedikit semburat pada bagian ujung paruh.

Burung Ciblek Putih

Ciblek Putih
Ciblek Putih

Ciblek Putih termasuk salah satu dari jenis burung Ciblek yang ada di negara kita. MemilikBurung ini punya ciri-ciri utama yakni, bulu yang didominasi dengan warna putih.

Kemudian dengan perpaduan hitam pada bagian kepala, pada bagian sayap, serta pada bagian ekornya anda akan menjumpai warna putih pada bagian ujung.

Burung Ciblek Putih yang didominasi dengan warna itu mulai dari bawah paruh serta bagian dada. Selanjutnya pada bagian perut serta bagian bawah ekor.

Untuk warna kakinya cenderung lebih terlihat terang. Burung betina pada umumya punya kaki dengan warna pink atau kemerah-merahan.

Burung ini banyak yang hidup di sawah, kebun, dan juga rawa-rawa dan menciptakan sarang pada padang ilalang ataupun di tempat-tempat yang tidak begitu tinggi.

Burung ciblek putih ini begitu menyukai dengan makanan yang berupa ulat, capung, serangga-serangga kecil, belalang, dan lain sebagainya.

Sebagian dari jenis burung ini juga banyak dijumpai di daerah sawah atau di daerah pegunungan.

Ciri Ciri Ciblek Putih

Berbagai kelebihan yang dipunyai oleh Ciblek Putih antara lain yaitu, suaranya yang jernih dan dapat dijadikan sebagai masteran.

Pada waktu berkicau sebagian jenis burung ini ekornya akan diangkat dan terlihat seolah-olah memberikan tantangan serta menunjukkan mental yang begitu kuat.

Jadi, banyak para peternak yang menyatakan jika jenis burung ini yaitu jenis yang dapat dijadikan burung lomba dengan isian yang bervariasi.

Karena ini burung petarung, keahlian burung ini saat beradaptasi tergolong begitu bagus.

Ciri-ciri lain yang dipunyai burung Prenjak Putih yaitu matanya yang cenderung bulat serta berwarna kemerah-merahan.

Ciblek Tambak

Jenis burung ciblek berikutnya adalah burung ciblek tambak. Ciri yang pertama bulunya dominan dengan warna putih dan juga warna abu-abu.

Warna putihnya terdapat pada bagian leher sampai dengan perut. Sedangkan untuk jenis burung ini yang kedua mempunyai perpaduan warna bulu putih dan juga kekuning-kuningan.

Warna kuning ada pada bagian pantatnya serta bagian punggung hingga bagian ekornya dengan warna putih kecokelatan.

Untuk suara kicauan yang dimilikinya, masih sama dengan suara kicauan jenis ciblek yang lainnya.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. gambar sikatan londo

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment