Fakta Unik Burung Madu Sriganti, Pecinta Burung Wajib Tahu Ini!

Home | Burung Madu | Fakta Unik Burung Madu Sriganti, Pecinta Burung Wajib Tahu Ini!

Fakta unik burung madu menjadi satu alasan bagi sebagian orang untuk memeliharanya. Bentuk tubuhnya yang begitu kecil dan mungil akan menarik perhatian bagi mereka yang melihatnya.

Namun, perlu kita ketahui, bahwa tidak semua burung madu dapat dipelihara dengan bebas di rumah-rumah. Terdapat beberapa burung madu yang sudah langka dan dilindungi.

Tidak perlu risau, jika anda tetap ingin memelihara burung cantik ini di rumah. Burung madu Sriganti, salah satu jenis Burung madu yang dapat dipelihara sendiri.

id.wikipedia.org

Burung madu Sriganti dapat kita temukan di areal terbuka, seperti hutan dan kebun. Burung ini mempunyai warna yang cantik dengan didominasi warna kuning pada bulunya.

Jika ditanya bagaimana respon burung ini terhadap lingkungan, maka jangan salah. Burung ini sangat aktif dan gesit, selalu hinggap dan terbang berpindah-pindah dari satu dahan ke dahan yang lain, atau dari satu bunga ke bunga yang lainnya.

Fakta unik yang satu ini jarang sekali diketahui oleh sebagian orang. Burung dengan tubuh mungil berukuran 8 hingga 15 cm mampu mengepakkan sayap-sayapnya sebanyak 90 kali/detik. Menakjubkan bukan?

Bahkan burung madu ini dapat terbang mundur. Saat terbang, manuver yang dimiliki cukup tinggi dengan kecepatan mencapai 54 Km/jam atau setara dengan 15 meter/detik.

Fakta unik burung madu Sriganti lainnya juga terletak pada kicauannya. Gacoran yang dimiliki oleh burung madu Sriganti sangatlah merdu.

Bahkan, saking merdunya, dapat mengalahkan kicauan beberapa burung lainnya seperti burung Cucak Ijo dan juga burung Kenari. Burung madu Sriganti memiliki julukan lain yaitu Sogok Ontong.

Setelah kita sudah mengetahui seputar fakta unik burung madu Sriganti, bukan tidak mungkin jenis burung ini akan semakin banyak diminati. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa burung madu Sriganti banyak tersedia di alam.

Meskipun begitu, kita tidak boleh secara terus menerus mengambilnya. Seiring waktu berjalan, semakin sering ditangkap, maka burung madu Sriganti ini juga akan langka dan punah.

Maka dari itulah, perlu dilakukan upaya untuk membudidayakan dan melestarikan burung mungil kesayangan kita ini. Nah, berikut ini morfologi dan habitat burung madu yang perlu diketahui agar memudahkan kita dalam menjaga kelangsungan spesies mereka.

Tahukah anda, burung madu ini termasuk ke dalam famili apa? Ya, burung madu telah dikelompokkan ke dalam keluarga Nectariniidae.

Sesuai dengan nama dan familinya, burung ini merupakan burung pemakan madu atau nektar, bisa juga dengan laba-laba atau serangga kecil lainnya. Bagi anda yang ingin membudidayakan dan memeliharanya, jangan lupa dengan jenis makanan burung ini ya!

Jumlah spesies burung madu saat ini kurang lebih 132 spesies. Salah satunya adalah burung madu Sriganti.

132 spesies ini sudah termasuk dengan burung madu yang langka atau hampir punah. Karena kita pecinta burung, maka sudah sepantasnya turut andil dalam mempertahankan jumlah spesies burung madu ini.

Bentuk sarang juga menjadi sisi dari fakta unik burung madu. Jenis burung ini dapat membuat sarangnya dari ranting rumput terjalin, kapas alang-alang ataupun dahan pohon.

Sarang yang dibuatnya berbentuk kantung yang nantinya akan diletakkan di dahan pohon yang rendah. Karena kebiasaan burung madu inilah, terkadang tangan-tangan usil dengan mudahnya mengambil sarang yang berisikan telur-telur atau anakan.

Demi kelestarian burung ini, harap perilaku ini dihindari. Untungnya burung madu dapat berkembang biak sepanjang tahun.

Umumnya tubuh burung madu jantan lebih besar dibandingkan dengan tubuh betina. Untuk burung madu Sriganti dapat dibedakan jantan dan betina melalui warna bulunya.

Burung madu Sriganti jantan punggungnya berwarna hijau zaitun, hitam ungu metalik pada dada dan dagunya, bagian tubuh bawah berwarna kuning terang.

Burung madu Sriganti betina memiliki alis berwarna kuning muda, pada dada dan dagunya ungu metalik tanpa warna hitam, untuk tubuh bagian bawah juga berwarna kuning.

Itulah fakta unik burung madu yang dapat kita ketahui. Sebagai pecinta burung, tetaplah bijak dalam memelihara burung madu Sriganti ini, agar kelestarian dan keberlangsungan hidupnya tetap terjaga.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *