Fakta Unik Burung Gelatik Alasan Disukai Pecinta Burung Kicauan

Home | Burung Gelatik | Fakta Unik Burung Gelatik Alasan Disukai Pecinta Burung Kicauan

Fakta unik burung gelatik bisa dilihat dari spesifikasinya. Burung gelatik adalah burung pengicau yang masuk ke dalam famili Estrildidae.

Burung ini biasanya berkelompok dan lebih suka dengan alam terbuka, seperti hutan, sawah, dan padang rumput. Burung kecil ini banyak digemari oleh pecinta burung kicau.

Burung ini terdiri dari dua jenis, yaitu gelatik Jawa (P. oryzivora) dan gelatik timor (P. fuscata). Makanan burung kicauan yang satu ini adalah biji-bijian, buah, serta serangga.

Burung kicauan ini memiliki suara yang banyak digemari pecinta burung. Suara burung ini berulang-ulang seperti cip-cip-cip. Agar lebih jelas dengan gambaran burung bisa dilihat dari fakta unik burung gelatik.

Fakta Unik Burung Gelatik Alasan Disukai Pecinta Burung Kicauan burungcantik.com

Burung gelatik semakin lama berkurang habitatnya. Padahal dahulu burung ini banyak dijumpai di alam bebas dan menjadi musuh petani.

Burung kicauan ini banyak diburu manusia yang tidak bertanggung jawab. Ekosistem yang rusak serta area persawahan yang berkurang ikut berperan berkurangnya habitat burung gelatik.

Saat ini burung gelatik menjadi burung yang banyak memiliki penggemar. Hal ini dikarenakan burung gelatik dapat memberikan kicauan yang unik dan menarik.

Jika burung gelatik memiliki suara gacor pastinya memiliki harga yang cukup tinggi. Ukuran tubuh gelatik cukup kecil, panjangnya kurang lebih 15 cm.

Ada dua jenis burung gelatik dengan spesifikasi yang berbeda. Banyak fakta unik yang dimiliki burung gelatik sehingga memiliki harga yang lumayan tinggi.

Jenis burung ini adalah burung kecil yang memiliki suara cantik. Burung ini banyak diminati pecinta burung kicauan. Ada beberapa fakta unik yang bisa dilihat dari burung gelatik. Diantaranya:

Burung gelatik yang berada di Indonesia terdiri dari gelatik Jawa dan gelatik Timor. Habitat burung gelatik Jawa dapat ditemui di wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Sedangkan burung gelatik Timor dapat dijumpai di Nusa Tenggara. Gelatik Jawa memiliki ukuran sedikit besar dibanding gelatik Timor.

Gelatik Jawa berukuran 16cm dengan ciri-ciri paruhnya berwarna merah dengan bercak putih. Gelatik Timor memiliki ukuran 15,5 cm dengan ciri-ciri paruhnya berwarna abu-abu.

Kicauan burung gelatik cukup unik dan disukai para pecinta burung kicauan. Suara kicauan burung gelatik Jawa jantan cenderung lebih lantang dibanding betinanya.

Selain itu, kicauan burung gelatik jantan enak didengar. Bahkan kicauannya akan terdengar lebih cantik dan keras saat musim kawin.

Selain kicauannya untuk menarik pasangan, ternyata fakta unik lainnya yaitu pejantan melakukan tarian untuk menarik betinanya.

Saat berebut sarang, burung gelatik Jawa akan menggoyangkan badan yang terlihat lebih rumit. Burung gelatik betina mampu menetaskan telur berwarna putih antara 5-7 buah.

Telur tersebut biasanya dierami secara bergantian dengan pejantannya. Lama pengeraman telur burung gelatik sekitar dua minggu saja.

Di waktu malam hari, betina akan mengerami telur, sedangkan pejantan akan berjaga di luar sarang.

Jika dulu burung gelatik banyak dijumpai di area persawahan, namun saat ini tidak lagi. Burung gelatik Jawa memiliki lokasi favorit yang biasa disinggahi.

Diantaranya di pepohonan daerah candi dan goa di wilayah Gunungkidul. Jumlah burung gelatik semakin berkurang karena perburuan liar.

Beberapa fakta unik burung gelatik mampu menjadi daya tarik tersendiri. Bagi anda pecinta burung kicauan bisa melestarikannya.

Dengan cara membuat penangkaran dan mengembangbiakannya. Selain itu, merawat burung gelatik dengan benar.

About dr.gaplek

Check Also

Mengenal Ciri Khas Burung Puyuh Sengayan Jantan dan Betina

Mungkin para pecinta burung kicauan semua sudah mengenal burung puyuh. Burung puyuh adalah salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *