Loading...
Pengetahuan

Fakta Menarik tentang Burung Paruh Bengkok

Berikut beberapa fakta menarik seputar burung paruh bengkok dari seluruh dunia :


  1. Burung paruh bengkok paling langka di dunia adalah burung Spix Macaw, kemungkinan burung ini sudah punah dihabitatnya meskipun ada beberapa yang bisa bertahan hidup di penangkaran. penampakan terakhir spix macaw dialam liar adalah pada tahun 2000.
  2. Anda mungkin tidak percaya , tetapi faktanya burung Lovebird ternyata juga memiliki naluri untuk selingkuh dari pasangannya dan seperti manusia lovebird pun bisa bercerai dan mengawini selingkuhannya.
  3. Burung paruh bengkok satu satunya yang asli amerika serikat adalah Carolina Parakeet/ Carolina Conure, dan pada tahun 1939 spesis ini dinyatakan SUDAH PUNAH!.
  4. Burung Paruh bengkok ( MACAW ) yang paling tertua didunia adalah Macaw yg bernama Charlie dan dipelihara oleh Winston Churchill, bayan ini berumur 108 tahun dan sering ngoceh mengenai ANTI-NAZI!.
  5. Selain charlie burung paruh bengkok yang dipelihara winston churchill adalah African Gray Parrot dan parkit.
  6. Paruh bengkok yang paling terkenal di dunia adalah Alex seekor kakatua afrika (Affrican Gray Parrot), Pada th 1977 Dr Irene Pepperberg membeli Alex dari toko hewan peliharaan dengan tujuan agar bisa dilatih bicara. Setelah lebih dari 30 tahun persahabatan dua makhluk berbeda ini akhirnya mampu membuat alex bisa mengembangkan kemampuan kognitif yang menakjubkan dan memiliki lebih dari 100 kosa kata yang dimilikinya dan bahkan bisa mengenali berbagai macam jenis benda dan warna. Alex si kakatua yang pintar ini mati pada tahun 2007 dan kini menjadi nama sebuah yayasan pengembangan paruh bengkok Alex Foundation.
  7. Sedangkan burung  paruh bengkok yang paling populer adalah A.J ( indian-ringnecked Parakeet) seekor nuri leher berkalung india , A.J ini telah tampil lebih dari 20 kali di Televisi dan menampikan lebih dari 20 trik yang menakjubkan, mampu berbicara dengan lebeh dari 30 kosa kata dan sering muncul untuk menghibur di Rumah Sakit Anak anak dan sekolah sekolah.
  8. Burung Paruh bengkok terbesar didunia adalah Hyacinth Macaw
  9. Kakatua maluku (moluccan cockatoo) memiliki paruh yang kuat dan bisa menggigit dengan tekanan seberat 500 kg.
  10. Burung paruh bengkok  bisa melihat cahaya ultra violet yang tidak terlihat oleh mata manusia
  11. Buff Faced Pygmy Parrot adalah burung paruh bengkok terkecil didunia.
  12. selama bertahun tahun burung Nuri dan parkit digunakan dalam setiap parade di india, mereka juga bagian dari budaya suku aztez indian
  13. Burung Nuri bisa bercahaya dalam gelap!, meskipun semua jenis burung memiliki pigmen bulu yang menghasilkan warna pada bulu bulu mereka, akan tetapi hanya Nuri yang memiliki pigmen kuning khusus yang bersinar dibawah cahaya ultra violet, hingga sekarang belum diketahui apa kegunaannya.
  14. Amazon Puerto Rico adalah satu satunya spesis nuri yang mendiami wilayah Amerika serikat, inilah salah satu dari 10 burung paling langka didunia.
  15. Nuri Alexandrine atau Nuri Alexandria  begitulah ia diberi nama , setelah Alexander Agung membawanya dari India pada awal 300 Sebelum masehi, Burung Nuri lainnya juga diberi nama orang orang terkenal seperti Reggent Parrot,Queen of Bavaria Conure, Princess parrot, king Parrot, Imperial Amazon, Duchess Lorikeet dan Cardinal Lory.
  16. Pada masa perang dunia ke II , burung paruh bengkok sering digunakan untuk memperingatkan tentara dari pesawat musuh yang masuk.
  17. Burung Nuri terberat di dunia adalah KAKAPO atau sering juga disebut dengan NURI MALAM atau BAYAN OWL.
  18. Ground Parrot, Night Parrot, Kakapo dan Parkit dari kepulauan Antipodes adalah burung paruh bengkok yang bersarang di tanah.
  19. Bangsa Romawi sering membawa pulang burung nuri dari india sekitar 2300 tahun yang lalu untuk dijual kepada orang orang kaya yang memang sangat tertarik untuk membelinya bahkan sekalian membeli budak untuk merawatnya.
  20. Banyak yang beranggapan bahwa parkit bukan burung paruh bengkok yang bisa bicara dikarenakan ukurannya yang kecil, akan tetapi seekor parkit bernama Puck resmi dikenal sebagai burung parkit yang paling banyak kosa katanya hingga lebih dari 1700 kata. bahkan burung ini tercatat dalam Guinnes Book of Record tahun 1995.
  21. Salah satu burung paruh bengkok yang menjadi penghibur besar untuk bangsa Roma adalah Burung Nuri afrika ( African Gray Parrot )


About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment