Fakta Menarik Kakatua Jambul Kuning, Burung Penuh Talenta

Home | Burung Kakatua | Fakta Menarik Kakatua Jambul Kuning, Burung Penuh Talenta

Fakta menarik Kakatua Jambul Kuning memang selalu menyita perhatian. Pasalnya, burung ini mempunyai banyak pesona yang tidak pernah membuat orang bosan melihatnya.

Salah satu kelebihan yang selalu diingat adalah kemampuannya dalam menirukan suara. Burung ini mampu menirukan suara apa saja dengan mudahnya.

Mulai dari suara hewan lain, hingga suara manusia, mampu ditirukan dengan tepat. Dari segi fisik, burung ini juga memiliki ciri khas yang tentunya menggemaskan.

Belum lagi penampilan yang lucu dengan jambul kuning di kepalanya. Sekilas, burung ini memang lahir sebagai burung bertalenta.

netralnews.com

Selain kemampuan dan bentuk badannya, masih banyak fakta menarik Kakatua Jambul Kuning lainnya. Keunikan yang paling utama dari burung ini adalah kemampuannya menirukan suara.

Burung ini mampu menirukan suara manusia sebagai cara beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini akan semakin mudah ketika burung ini memang sudah dipelihara sejak kecil.

Burung Kakatua kecil akan menganggap orang yang memelihara itu sebagai kawanannya. Secara alami burung Kakatua akan mengajak berkomunikasi dengan cara menirukan suara kawanannya.

Mekanisme pengeluaran suara burung Kakakua jelas berbeda dengan manusia. Untuk bersuara, Kakatua akan mengatur otot saluran napasnya dan penempatan lidah.

Burung ini juga tergolong burung yang sangat cerdas. Oleh karena itu, banyak pertunjukan sirkus yang melibatkan burung lucu ini.

Sebagai burung kesukaan, status merupakan fakta menarik Kakatua Jambul Kuning yang diperhatikan. Sifat tamak manusia kerap tidak memerhatikan perbuatannya yang kerap merusak alam.

Banyak diperjualbelikan, membuat keberadaan burung ini di alam kian menurun. Hingga saat ini populasi Kakutua Jambul Kuning hanya berkisar dibawah 7000 ekor.

Jumlah ini terus mengalami penurunan tiap harinya. Banyak sekali upaya yang sedang digalakkan untuk melestarikan burung ini.

Sekarang, sudah berdiri balai-balai konservasi di titik bermain burung ini. Selain itu, kini pemerintah telah meresmikan peraturan berisi larangan memelihara burung ini.

Fakta menarik Kakatua Jambul Kuning yang tentunya juga mengejutkan adalah persebarannya. Nyatanya, burung Kakatua adalah burung endemik Indonesia.

Burung ini ditemukan di bagian timur Indonesia. Dimana kerap menari-nari di hutan sekitar Sulawesi dan kepulauan Sunda Kecil.

Sama dengan burung tropis lainnya, burung ini menyukai lingkungan yang lembab. Burung Kakatua termasuk burung yang senang saat dimandikan.

Burung yang dapat tumbuh hingga 34 cm ini tergolong tidak pilih-pilih makanan. Pada dasarnya burung ini merupakan burung herbivora.

Sebagai makanan sehari-hari, burung ini kerap bertengger di pohon mencari buah-buahan. Selain memakan buah-buahan, burung ini juga kerap berkeliaran di tanah mencari biji-bijian.

Sama halnya dengan burung lainnya, Kakatua juga berkembangbiak dengan cara bertelur. Jantan dan betina yang telah cocok akan membuat sangkar untuk selanjutnya melakukan perkawinan.

Burung Kakatua, biasa membuat sangkar di sela-sela pohon. Dalam satu sangkar biasanya terdapat 2 butir telur.

Pada masa inkubasinya, kedua indukan akan bergantian mengerami calon anaknya. Dalam waktu 28 hari, telur akan menetas dan menghasilkan anakan.

Setelah 75 hari pasca menetas anakan Kakatua akan mulai meninggalkan sarangnya. Mereka akan lebih banyak berada di tanah sambil sesekali terbang mengudara.

Dengan segala keunikannya burung ini memanglah termasuk burung yang bertalenta. Berikut tadi fakta menarik Kakatua Jambul Kuning yang tentunya tidak boleh dilupakan.

About dr.gaplek

Check Also

Tips Paling Ampuh Untuk Meningkatkan Volume Cucak Ijo

Untuk anda semua yang hobi dengan burung kicauan pastinya sudah mengenal burung cucak ijo. Burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *