Loading...
Perawatan

Download Suara Kicau Burung Jalak Kebo Mp3 Untuk Masteran

Jalak Kebo merupakan istilah untuk mengatakan burung Jalak kerbau yang mempunyai nama ilmiah acridoteres javanicus. Burung ini dikenal juga dengan nama Jalak Hitam, Jalak Penyu dan Jalak Ungu. Dari demikian jenis burung Jalak, burung Jalak Kebo merupakan Disorientasi satu yang sangat disukai oleh para pencinta burung kicau di karenakan jenis burung ini dikenal sangat mudah untuk dijinakkan.

A. Ciri-ciri Burung Jalak Kebo
Burung ini didominasi oleh bulu berwarna abu-abu hingga hitam di sekujur tubuhnya. Kita akan melihat warna lain hanya di bagian paruh yang biasanya berwarna kuning gading dan di bagian kakinya.

suara jalak kebo

Warna hitam pekat hanya terlihat di pangkal paruh, di bagian sayap mulai dari pertengahan hingga ujung sayap setelah itu di bagian ekor. Sedangkan tubuh lainnya hampir Bisa dipastikan didominasi dengan warna abu-abu gelap kecuali di bawah ekor yang mempunyai warna putih. Selain di bawah ekor biasanya di ujung ekornya juga mempunyai warna putih.

Itulah sebabnya mengapa sebagian orang memberikannya nama Jalak hitam. Walau demikian, sebagian dari burung ini juga mempunyai warna keunguan sehingga dinamakan juga Jalak Ungu.
Ukuran panjang tubuhnya tak jauh berbeda dengan burung Jalak lain berkisar antara 23 cm hingga 25 cm.

B. Penyebaran dan Habitat
Burung ini tersebar di Asia Timur dan Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. DiIndonesia burung ini banyak ditemukan di bagian barat. Di Asia Timur burung ini banyak ditemukan di Bangladesh dan China. Sedangkan di Asia Tenggara burung ini banyak ditemukan di Singapura, Thailand, dan kepulauan jepang serta Taiwan.

Eksklusif untuk Indonesia, beberapa pulau yang menjadi tempat tinggal burung ini diantaranya merupakan Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera, Sulawesi, dan Pulau Bali.

Jalak Kebo sangat mudah ditemukan di karenakan tak takut terhadap manusia ataupun terhadap binatang besar seperti kerbau. Jumlahnya juga sangat banyak sehingga lebih mudah ditemukan di alam liar. Habitat tempat tinggalnya kebanyakan merupakan sawah-sawah, perkebunan, perkampungan dan padang rumput. tak jarang burung ini ditemukan mencari makan di atas tanah. Mereka tak segan juga mencari makan di sekitar binatang-binatang besar seperti kerbau sambil membalik-balikkan tanah untuk mengeluarkan makanan seperti cacing dari dalamnya.

Burung ini biasanya ditemukan di dataran yang tak terlalu tinggi dan tak lebih dari 1.500 mdpl (meter diatas permukaan Bahari). Mereka sering membuat sarang di pohon-pohon besar seperti pohon nangka, pohon mangga, dan lain-lain.
Kebiasaan burung ini yang bertengger di atas punggung kerbau untuk mencari kutu menyebabkan banyak orang menyebut burung ini dengan istilah Jalak Kebo.

C. Beternak Jalak Kebo
Di Indonesia tak sedikit orang yang menyukai burung Jalak Kebo dan setelah itu di ternak atau dikembangbiakan dengan metode penangkaran. Diantara beberapa hal yang wajib kita perhatikan apabila berniat untuk menangkar burung ini diantaranya merupakan, ketersediaan kandang atau sangkar yang setidaknya berukuran cukup besar misalnya 1 x 2 M2.

Di dalam kandang, kita wajib menyediakan tempat mandi dan juga sarang yang Bisa dibuatkan dari beberapa bahan seperti Ebonit atau triplek

Saat dipelihara, burung ini biasanya diberikan makanan berupa voer dan jangkrik atau serangga kecil. Beberapa makanan lain seperti cacing tanah, kroto, ulat bambu dan ulat hongkong juga terkadang diberikan sebagai makanannya.

Sebagai Disorientasi satu burung yang menyukai biji-bijian dan buah-buahan, burung ini juga terbiasa untuk memakan buah pepaya atau buah pisang atau apel.

D. Harga Jalak Kebo
Di pasaran, misalnya di pulau Jawa dan pulau Sumatera anak burung ini Bisa dihargai sekitar Rp. 75.000-Rp.100.000. Sedangkan yang sudah gacor atau Bisa berkicau atau yang sudah dewasa biasanya di harganya lebih mahal antara Rp. 0.000 hingga Rp 300.000.
Jalak kebo terkenal dengan suaranya yang unik, maka dari itu tak sedikit yang memakai audio suara jalak kebo sebagai bahan memaster burung kicau. Untuk mendapatkan suara kicauannya Bisa langsung kita unduh melalui link di bawah ini.demikian informasi mengenai jalak kebo lengkap dengan audio atau suaranya, semoga bermanfaat buat sobat pecinta jalak.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment