Ciri Khas Burung Munguk Loreng dan Daerah Persebarannya

Banya sekali jenis burung kicauan yang ada di alam ini, akan tetapi tidak semua jenisnya bisa dikenali oleh para pecinta burung kicauan. Salah satu jenis burung kicauan yang pastinya banyak di antara kita agak asing mendengar namanya yaitu Munguk Loreng.

Burung Munguk Loreng ini merupakan salah satu dari jenis burung rambatan. Perlu anda ketahui, jika ciri khas burung Munguk Loreng ini kicauannya terkenal merdu dan layak diperhitungkan.

Burung Munguk Lorenghbw.com

Burung Munguk Loreng (Sitta Azurea) merupakan salah satu jenis burung yang daerah persebarannya hanya ada di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Diantaranya seperti Thailand, Malaysia, dan juga ada di Indonesia.

Sedangkan untuk di Indonesia, jenis burung yang terbilang unik ini mudah ditemukan pada daerah Sumatera. Khususnya di sekitar Bukit Barisan dan juga di Pulau Jawa saja.

Pada saat burung ini berada di alam liar, pada umumnya sekelompok burung ini akan hinggap di antara batang pohon dengan tujuan untuk mencari makan. Dan untuk wilayah lahan yang dijadikan sebagai tempat hidupnya yaitu adalah dataran tinggi di hutan pegunungan yang memiliki ketinggian hingga mencapai 2000 meter dari permukaan laut.

Pada waktu beraktivitas, burung Munguk Loreng ini akan bergabung dengan kawanan jenis burung lain. Dan seakan-akan burung Munguk Loreng ini akan membentuk kawanan tersendiri untuk memudahkannya untuk mencari makanan.

Sedangkan untuk pakan sehari-hari dari burung Munguk Loreng ini ketika berada di hutan lebih seringnya mencari serangga yang berukuran kecil.

Dan pada saat membangun sarangnya burung ini lebih menyukai area batang pohon bekas tempat tinggal dari burun pelatuk. Yang mana burung ini akan memanfaatkannya sebagai tempat tinggal yang memang dirasa cukup aman.

Ciri Khas Burung Munguk Lorengpinterest.com

Untuk ciri khas burung Munguk Loreng ini salah satunya yaitu burung ini yang bertubuh mungil dengan panjang kurang lebih hanya sekitar 13 cm saja. Kemudian untuk warna bulunya terbilang cerah serta terlihat berwarna biru agak kehitaman.

Waran tersebut ada di bagian punggung, sayap, dan juga pada bagian bawah sayap dekat perut, dan juga dekat dengan bagian ekor. Sedangkan untuk bagian kepala, pipi, dan juga pada tengkuknya diselimuti warna hitam terang.

Ciri khas burung Munguk Loreng yang selanjutnya yaitu pada bagian tenggorokan, dada, hingga pada bagian perut ditutupi dengan warna putih cerah. Kemudian juga ada perpaduan warna yang ada di bagian sayapnya dengan sisi luar berwarna hitam dan sisi dalamnya berwarna putih kebiruan.

Terdapat juga ciri khas burung Munguk Loreng yang berupa lingkaran yang mengelilingi bola matanya berupa kulit yang tidak ditumbuhi bulu yang berwarna putih cerah.

Kemudian untuk ciri khas burung Munguk Loreng dari suara yang dikeluarkan yaitu terdengar suara yang sedikit melengking. Lalu nadanya dinyanyikan dengan tempo yang rapat.

Uniknya kicauan yang dikeluarkan oleh burung Munguk Loreng ini yaitu bisa berkicau. Lalu dengan crecetan yang diulangi dalam waktu yang cukup lama. Yang pastinya crecetan yang seperti ini sangat baik diperdengarkan kepada burung kicauan lain seperti Pleci, Kacer, Kenari, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda semua memelihara burung Munguk Loreng ini dan merawatnya dengan baik. Tujuannya yaitu supaya bunyi kicauan dari burung ini bisa semakin indah. Dengan demikian bisa menjadi  berguna untuk memaster burung kicauan lainnya.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ragam Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung Kicauan

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan pastinya harus diiringi dengan perawatan yag baik dan benar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *