Ciri Khas Burung Elang Kecil, Little Eagle (Aquila Morphnoides)

Home | Burung Elang | Ciri Khas Burung Elang Kecil, Little Eagle (Aquila Morphnoides)

Burung Elang adalah salah satu jenis burung pemangsa yang memiliki karakter cengkaraman cakarnya yang kuat. Karakter kaki yang dimilikinya itu pastinya juga sesuai dengan kebiasaannya pada saat menangkap mangsanya seperti, ayam, kelinci, ular, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mangsa tersebut biasanya banyak dijumpai di habitat atau di sekitar burung Elang Kecil ini bertengger. Ciri khas burung Elang Kecil ini juga tidak berbeda jauh dengan jenis burung Elang yang lainnya.

hbw.com

Jenis burung Elang juga bermacam-macam, ada burung Elang Alap Cokelat, Elang Kelabu, Elang Sulawesi, Rajawali, dan masih banyak lagi jenis burung Elang yang lainnya. Salah satu jenis burung Elang yang menarik untuk dibahas yaitu burung Elang Kecil atau Little Eagle (Aquila Morphnoides)

Burung Elang Kecil adalah salah satu jenis burung Elang atau yang juga populer dengan sebutan burung pemangsa atau burung predator. Elang Kecil ini berasal dari keluarga Accipitridae dan Genus Hieraaetus yang bisa dijumpai di Indonesia bagian timur. Ciri khas burung elang kecil ini bisa dilihat bentuk sayapnya pada saat terbang.

Perlu anda ketahui, jika burung Elang kecil ini justru tergolong jenis Elang yang berukuran sedang atau besar. Sebab, burung Elang Kecil ini memiliki tubuh dengan panjang tubuh kurang lebih sekitar 38 sampai dengan 55 cm. Jadi, meskipun namanya Elang Kecil, badannya memiliki ukuran yang besar seperti jenis burung Elang yang lainnya.

Untuk masalah berat, antara berat badan burung Elang Kecil yang berjenis kelamin jantan dan yang berjenis kelamin betina ternyata memiliki perbedaan. Sebab, untuk berat badan dari burung Elang Kecil yang berjenis kelamin jantan kurang lebih sekitar 440 sampai dengan 810 gram saja.

Sedangkan, untuk burung Elang Kecil yang berjenis kelamin betina ini beratnya kurang lebih sekitar 745 sampai dengan 1250 gram. Jadi, bisa disimpulkan jika berat badan Elang Kecil yang berjenis kelamin betina ini lebih berat jika dibandingkan dengan yang berjenis kelamin jantan.

Ciri khas burung Elang Kecil yang selanjutnya yaitu memiliki rentang sayap kurang lebih sekitar 101 sampai dengan 136 cm. Jadi, rentang sayap yang dimilikinya memang cukup lebar. Jenis burung pemangsa ini memiliki badan yang tegap dengan bagian sayap yang terlihat bundar. Nah, sayap yang terlihat bundar ini akan terlihat jelas saat burung Elang Kecil ini terbang. Selain terlihat bundar, sayapnya juga panjang dan datar.

Ciri khas burung Elang Kecil selanjutnya juga bisa diamati dari bagian ekornya. Sebab, pada bagian ekor burung Elang Kecil ini lebar dengan ujung tumpul dan juga dengan ujung sayap gelap yang terlihat dengan sangat jelas. Selain itu, pada bagian bagian tungkai burung yang memiliki nama latin Aquila Morphnoides ini juga tampak berbulu.

Kemudian, untuk bagian tubuh burung Elang Kecil di bagian bawah terlihat pucat dengan satu pita berwarna gelap yang ada di bagian dada. Dan untuk bagian bawah ekor juga memiliki warna yang terlihat gelap dan juga tidak berpalang.

Untuk daerah persebaran burung Elang Kecil ini yaitu berada di wilayah Papua, Kep. Maluku, dan juga ada Australia. Burung Elang Kecil ini memang jarang ditemui. Sebab, jenis ini hanya terpencar di sebagian wilayah saja, misalnya di seluruh Papua, dan Kep. Maluku.

Burung Elang Kecil ini sering terlihat menghuni di wilayah hutan terbuka. Selain itu juga suka berada di kawasan tegalan dan juga di padang belukar maupun di area savana. Kemudian, burung Elang Kecil juga sering terlihat berada di wilayah yang berada sampai dengan ketinggian 1500 m dari permukaan laut.

Burung Elang Kecil ini sering terlihat terbang di atas dan tepi hutan. Karena, burung ini sering mencari mangsanya di sekitar wilayah hutan ini. Adanya persediaan makanan di hutan menjadikan burung ini memiliki habitat di wilayah ini.

Burung Elang kecil ini memang merupakan burung pemburu yang tidak terlihat mencolok. Biasanya Elang Kecil ini akan terlihat pada saat sedang menyambar mangsanya yang ada di udara. Misalnya saja seperti burung-burung kecil.

Terkadang, burung Elang Kecil ini juga akan terbang rendah diantara lokasi-lokasi burung itu bertengger. Setelah itu, Elang Kecil ini akan segera menyerang mangsa yang ada di tanah dengan cara terbang dan menukik cepat dari lokasi bertenggernya itu.

Burung Elang merupakan jenis burung yang suka memangsa hewan hewan kecil yang ada di sekitarnya. Tak terkecuali untuk jenis burung Elang Kecil ini. Untuk jenis makanan burung Elang Kecil ini bisa dikatakan bervariasi. Diantaranya mulai dari memakan jenis mamalia, dan jenis burung kecil.

birdlifephotography.org.au

Selain itu, burung Elang Kecil juga banyak makan jenis reptil, yang kebanyakan adalah jenis kadal. Tak sampai disitu saja, Elang Kecil di alam bebasnya juga sering makan makanan dengan jenis serangga. Bahkan Elang Kecil ini juga akan mencari makan hewan yang ukurannya tidak terlalu besar seperti halnya kelinci.

Bahkan, terkadang burung Elang Kecil ini kadang-kadang juga terlihat seriang mencari makan yang ada di jalan dan juga makan jenis bangkai lainnya.

Ciri khas burung Elang Kecil juga bisa dilihat dari perilakunya. Perilaku burung Elang Kecil ini terlihat sekali dari gaya saat menangkap mangsanya yang cukup unik. Sebab, burung Elang kecil ini akan mencari mangsanya dengan cara quartering dan juga melonjak.

Untuk penerbangan yang dilakukan oleh Elang Kecil ini yaitu meluncur rendah, atau berburu dari tempat sebelumnya dia bertengger. Tidak hanya itu saja, burung pemangsa ini jarang memangsa dalam penerbangan. Akan tetapi, pada umumnya dalam menangkap mangsa akan meluncur atau membungkuk ke tanah guna menangkap mangsa yang sudah diincarnya.

Untuk masalah perkembangbiakan burung Elang Kecil, burung ini memiliki musim kawin yang khusus pada bulan tertentu saja. Musim pekembangbiakan dari burung Elang Kecil ini yaitu mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober. Kemudian nantinya masa kawinnya bisa diperpanjang sampai dengan bulan Desember.

Untuk sarang burung Elang Kecil ini terdapat di percabangan utama pohon yang tinggi. Darinmulai 5 m sampai dengan 45 m di atas permukaan tanah. Sarangnya akan digunakan untuk menyimpan telur yang dihasilkan, mengeraminya, sampai telur-telur tersebut bisa menetas.

Dalam perkembangbiakan burung Elang Kecil ini, telur yang dihasilkan pada umumnya sebayak 1 sampai dengan 3 butir. Sedangkan, untuk masa pengeraman telur burung Elang Kecil ini yaitu kurang lebih selama 36 sampai dengan 41 hari.

Kemudian, anakan burung Elang Kecil yang sudah menetas dari telur tersebut akan mulai belajar terbang dan akan meninggalkan sarang pada saat umur 54 sampai dengan 66 hari. Setelah belajar terbang dan meninggalkan sarangnya, burung Elang Kecil anakan ini akan mandiri dan bisa mencari mangsa sendiri.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ragam Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung Kicauan

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan pastinya harus diiringi dengan perawatan yag baik dan benar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *