Home / Perawatan / Ciri-Ciri Burung Tledekan Kembang / Decu

Ciri-Ciri Burung Tledekan Kembang / Decu

Burung Tledekan ada banyak jenisnya. Mulai dari Tledekan Gunung yang disebut juga Tledekan Bambu atau Tledekan Pring (bahasa jawa, pring = bambu), setelah itu ada Tledekan Bahari, ledakan Kembang, dan lain-lain (lihat selengkapnya: jenis tledekan).

tledekan kembang

Eksklusif untuk Tledekan Kembang, burung ini mempunyai warna bulu coklat, mulai dari kepala di belakang leher dan sayap seekor. Sedangkan di bawah dagu hingga bagian perut, warna bulunya didominasi oleh warna orange atau orange pastel. setelah itu di bagian pantat hingga bawah ekor, burung ini mempunyai warna bulu putih.

Beberapa Tledekan Kembang lainnya mempunyai warna yang didominasi oleh warna gelap seperti hitam kecoklatan setelah itu terdapat garis-garis putih di sekitar mata ke belakang dan juga di bagian sayap. Sedangkan bagian dada dan perut tampak sama mempunyai warna orange. Bagian ekor terlihat mengembang terdapat guratan warna putih yang didominasi bulu berwarna hitam.

Perawatan Tledekan Kembang
Perawatan Burung Tledekan Kembang meliputi: perawatan sangkar, perawatan burung setiap hari dan juga mastering.

A. Sangkar
Sangkar burung setidaknya wajib selalu dalam keadaan Higienis supaya burung tak mudah terkena penyakit. Selain itu, cobalah mengganti air minumnya setiap hari.

B. Setting Harian
1. Sedangkan perawatan harian dan mastering, Bisa dimulai di pagi hari. di pukul 07.00 burung Bisa diangin-anginkan selama kurang lebih 30 menit setelah itu dimandikan dan selanjutnya dijemur.
2. Penjemuran burung dilakukan kurang lebih 2 jam sembari diberi makan berupa 3 atau 4 ekor jangkrik serta diberikan kroto 1 sendok teh.
3. di siang hari, Bisa diperdengarkan master atau suara burung lain.
4. di sore hari burung kembali diangin-anginkan dan diberikan makanan ekstra seperti jangkrik. Jumlahnya boleh 3/4 ekor aja.
5. Menjelang senja, sekitar pukul 18.00, burung Bisa di-kerodong dan diperdengarkan master hingga keesokan paginya.

Baca juga mengenai: cara membedakan tledekan jantan dan betina.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888