Ciri Ciri Burung Seriwang Jantan dan Persebarannya

Di Indonesia jenis burung ini biasa disebut burung tali pocong atau burung tali mayit. Disebut juga Asian Paradise Flycather dengan nama ilmiah Terpsiphone Paradisi. Mari mengenal ciri ciri burung seriwang jantan.

Burung ini mempunyai panjang tubuh 22 cm, sedangkan untuk jantan bisa mencapai 30 cm. Penampilan burung seriwang ini mirip dengan burung murai batu ekor panjang. Hanya saja, warna bulu dan jambul kepala yang lebih menawan.

Ciri Ciri Burung Seriwang Jantan dan Persebarannyayoutube.com

Banyak dijumpai di hutan Asia dan wilayah di daerah seperti Cina, Inda, Turkistan, Srilanka, dan Indonesia. Di wilayah Indonesia banyak dijumpai burung seriwang di Pulau Alor, Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Pulau Sumba.

Untuk Pulau Jawa hanya dijumpai di sekitar dataran rendah dengan ketinggian 800 mdpl. Di daerah Kalimantan sendiri banyak ditemukan burung seriwang di daerah dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut.

Suaranya yang bisa dibilang berisik, kencang dan merdu ini membuat burung seriwang bisa untuk memasterkan dengan burung lain.

Adapun makanan untuk burung seriwang ini berupa kumbang, kutu kayu, laba-laba, ulat, serta buah-buahan yang berbentuk kecil yang biasa mereka temukan di hutan lepas.

Berbeda dengan ciri ciri burung seriwang jantan, jenis betina bisa bertelur 3 sampai 4 butir. Warna telurnya coklat hampir sama dengan warna telur ayam. Hanya saja, pada telur burung seriwang ada bercak kemerah-merahan.

Ciri Ciri Burung Seriwang Jantan dan Persebarannyaportalhijau.com

Ini ciri ciri burung seriwang jantan berwarna cokelat tembaga punggung dan ekornya. Sedangkan untuk dada dan perut, burung spesies Terpsiphone Paradisi ini berwarna putih.

Iris mata burung ini berwarna cokelat dengan sedikit titik hitam sehingga mudah untuk membedakan dengan spesies lain.

Jambul di kepalanya yang berwarna hitam serta kaki yang bisa dikatakan pendek sehingga saat bertengker di dahan pohon tubuhnya terlihat tegap.

Berbeda dengan spesies Terpsiphone Pradisi, warna bulu spesies ini putih bersih dengan jambul dan kepalanya berwarna hitam.

Iris matanya pada spesies Terpsiphone Leucogaster ini berwarna hitam, namun terdapat warna hitam di beberapa bulunya.

Apabila pada burung seriwang Asia spesies Terpsiphone Paradisi memiliki warna punggung cokelat tembaga, pada spesies betina memiliki warna cokelat.

Sedangkan ciri ciri burung seriwang jantan pada bagian perut dan dadanya memiliki warna putih kusam. Burung paradis betina cenderung memiliki ekor lebih pendek ketimbang jenis jantan.

Tp Paradisi: Habitanya di daerah wilayah Bangladesh, tengah dan selatan India, serta sebelah barat daya Myanmar. Tp Affinis: untuk wilyah Malaysia dan Sumatera.

Tp Insularis: wilayah di Pulau Nias, Lepas pantai barat Sumatera. Tp Sumbaenis: Biasanya di wilayah Sumba, dan di Lesser Sunda (ini ada di timur Indonesia).

Tp Procera: Habita di wilayah Aceh dan pesisir utara Sumatera. Tp Borneesis: Wilayah Kalimantan. Tp Burmae: Daerah tengah Myanmar.

Tp Leucogaster: Ada di sekitar barat Tian Shan (Afghanistan), utara Pakistan, tengah dan barat India, serta wilayah barat dan tengah Nepal.

Tp Incei: Hidup di bagian timur dan tengah China, Korea Utara, dan wilayah timur Rusia. Tp Nicobarica: Di Kepulauan Nicobar. Tp Ceylonensis: Ini daerah Srilanka.

Tp Floris: Habitanya ada di daerah Flores, Lomblen, Kepulauan Alor, dan di Lesser Sunda. Tp Saturatior: Wilayah Timur Nepal, Bangladesh, India, dan utara Myanmar.

Tp Indochinensis: ini untuk daerah Yunan (China), timur Myanmar, dan sering melakukan migrasi ke wilayah Malaysia, Sumatera, Indochina, dan Thailand.

Inilah beberapa ciri ciri burung seriwang jantan dan sedikit ulasan subspesiesnya yang bisa kita jadikan panduan jika ingin memelihara burung kicau jenis ini.

About dr.gaplek

Check Also

Metode Perawatan Anakan Burung Jalak Bali

Bagi Anda yang memiliki rencana melakukan penangkaran burung Jalak Bali, tapi masih bingung bagaimana metode …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *