Loading...
Pengetahuan Pleci Tips

Ciri- ciri burung pleci mau mabung

pleci mabung

Ciri- ciri burung pleci mau mabung

Mabung adalah hal yang bisa bagi burung dan unggas termasuk juga pada burung pleci. Namun jika kita bisa mengetahui kapan dan bagaimana tanda-tanda burung pleci akan segera berganti bulu, tentu kita bisa mempersiapkan segala hal yang dibutukan untuk mengkondisikan burung tersebut. Berikut bagaimana mengenali tanda-tanda burung pleci mau mabung. 

Meskipun masa mabung bagi semua jenis burung pada umumnya akan ditandai dengan rontoknya bulu-bulu halus yang terdapat di sekitar dada dan perutnya, namun pada burung pleci terdapat tanda-tanda lain yang bisa diamati yang menandakan bahwa burung tersebut akan segera memasuki masa mabungnya.

Berikut tanda-tanda burung pleci mau mabung: 

1. Rontoknya bulu-bulu halus
Seperti juga jenis burung pada umumnya, masa mabung biasanya diawali dengan rontok atau berjatuhannya bulu-bulu halus yang terdapat di sekitar dada dan perutnya. Rontoknya bulu-bulu halus tersebut biasanya terjadi secara alami atau sengaja dicabuti oleh burung tersebut. 

2. Tubuh pleci menjadi gemuk
Dalam kondisi normal burung pleci akan memiliki tubuh yang panjang dan langsing, namun ketika akan memasuki masa mabung terjadi perubahan mendadak dalam bentuk tubuhnya, antara lain tubuh burung yang menjadi gemuk atau burung tersebut sering mengembangkan bulu-bulunya sehingga tampak menjadi gemuk dan bulat. 

3. Munculnya bulu halus berwarna putih
Satu hal yang umum ditemukan ketika burung pleci akan masuk masa mabung atau sedang mabung adalah munculnya bulu-bulu halus atau rambut yang berwarna putih. Bulu-bulu halus itu biasanya muncul di sekitar leher hingga ke atas kepalanya. 

Itulah beberapa tanda-tanda burung pleci mau mabung, dengan mengetahui ciri-ciri tersebut sebelumnya maka kita bisa langsung memberikan perawatan yang tepat agar proses mabung tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sempurna. 

Salam kicau!

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment