Ciri Burung Merpati Tinggian yang Baik dan Berkualitas

Ciri burung Merpati Tinggian tentunya berbeda dengan burung lainnya. Burung Merpati Tinggian merupakan salah satu burung yang paling banyak dicari. Merpati Tinggian juga termasuk dalam kategori burung yang bisa dipelihara. Hal yang menarik dari burung ini adalah dapat dilombakan seperti jenis merpati lainnya.

Ciri Burung Merpati Tinggian yang Baik dan Berkualitas

Seperti yang diketahui bahwa burung Merpati memiliki banyak jenis dan salah satunya adalah Merpati Tinggian. Ciri burung Merpati Tinggian ini ternyata memiliki perbedaan dengan beberapa burung lainnya. Meski masih dalam satu kategori Merpati.

Burung Merpati Tinggian tentu saja berbeda dengan Merpati Balap. Salah satu hal yang membedakan adalah cara pelatihan kedua jenis burung tersebut. Sehingga jenis lomba kedua burung tersebut memang berbeda.

Salah satu ciri burung Merpati Tinggian saat pelatihan adalah belajar turun dari ketinggian dan mendarat di titik pendaratan. Berbeda dengan Merpati Balap yang dilatih agar memiliki kecepatan saat menuju sasaran.

Perbedaan kedua burung tersebut memang hanya terlihat signifikan pada cara pelatihan saja. Sehingga lomba yang diadakan untuk kedua burung tersebut memiliki jarak finish yang berbeda.

Sebelum membeli dan memelihara burung yang satu ini, akan lebih baik jika mengetahui berbagai macam cirinya. Setiap spesies burung memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan yang lain. Berikut ini beberapa ciri burung Merpati Tinggian.

Ciri Burung Merpati Tinggianburungnya.com

Burung Merpati Tinggian memiliki ekor yang dapat berpengaruh kemampuan terbangnya. Merpati Tinggian memiliki ekor yang begitu tebal dan berukuran panjang. Ekor yang dimiliki juga lebih rapi. Dari ekornya saja dapat diketahui bahwa Merpati Tinggian memiliki pinggang yang begitu ramping.

Ciri burung Merpati Tinggian yang selanjutnya adalah bagian dada. Salah satu ciri yang paling menonjol adalah bagian dadanya berbentuk V. Salah satu tips untuk memilih Merpati yang bagus adalah memiliki dada yang berbentuk V dan bukan bentuk O.

Bagian selanjutnya yang tidak boleh terlupakan adalah sayap. Sayap sendiri merupakan salah satu bagian tubuh burung yang memiliki peran penting. Bentuk sayap burung Merpati Tinggian sangat berpengaruh pada ketinggian saat terbang.

Ciri burung Merpati Tinggian pada bagian sayap adalah lebih lentur dan kuat. Selain lentur dan lembut, sayap burung tersebut juga memiliki ukuran yang cukup tebal. Meskipun lentur, namun bulunya juga harus lebih kuat.

Selanjutnya adalah ciri pada bagian leher. Burung Merpati Tinggian memiliki leher yang tidak terlalu panjang. Ciri yang bisa dijadikan sebagai tengarai adalah leher memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan tulang dada.

Meskipun tidak memiliki leher yang panjang, namun leher harus kencang. Tidak hanya kencang saja, leher burung Merpati Tinggian juga harus lebih tegak dan tidak bengkok. Terlebih lagi saat digunakan untuk mendongak ke atas.

Selanjutnya adalah bagian paruh yang memiliki ciri tersendiri. Salah satu ciri yang paling familiar adalah memilih burung dengan bentuk paruh yang lebih runcing. Paruh burung Merpati Tinggian juga tidak terlalu besar atau panjang.

Ciri burung Merpati Tinggian yang selanjutnya adalah bentuk kepala. Selain paruh yang runcing, anda juga harus memperhatikan bentuk kepala. Kepala burung Merpati identik dengan ukuran yang besar. Sehingga anda bisa memilih bentuk kepala yang lebih besar.

Beberapa ciri burung Merpati Tinggian diatas memang berbeda dengan yang lain. Namun beberapa ciri diatas bisa digunakan untuk memilih burung Merpati Tinggian yang bagus dan sehat.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *