Home / Perawatan / Cara Merawat Murai Batu Pra Lomba dan Pasca Lomba

Cara Merawat Murai Batu Pra Lomba dan Pasca Lomba

Seorang breeder pasti menginginkan Murai kesayangannya menjuari lomba bukan? Tentu semua breeder menjalankan berbagai macam cara untuk mendapatkan gelar jawara. Ada yang menjalankan perawatan ekstra, pemberian pakan Eksklusif, hingga pola pelatihan yang ketat (baca: cara merawat murai batu dengan mudah).

Tapi perlukah semua itu dilakukan? Ya, di karenakan untuk mendapatkan hasil yang bagus, kita dan Murai kita juga wajib menjalankan usaha yang bagus juga. Usaha tersebut Bisa menjalankan pola pelatihan yang Eksklusif, selain itu kita juga Bisa multivitamain dan pakan Eksklusif untuk mendapatkan performa dan stamina yang cukup untuk mengikuti kontes nanti.

murai batu lomba, murai lomba

Lalu, bagaimana dengan pola perawatan dan pelatihannya? Sedangkan untuk pola perawatan Murai Batu sebelum dan sesudah lomba, kita Bisa melakukannya sesuai dengan materi berikut.

Pola Perawatan Sebelum dan Sesudah Lomba
Untuk pola perawatannya sendiri, supaya burung tetap gacor dan ngeplong saat kontes, maka kita Bisa menjalankan pola perawaan seperti berikut:

1. Pola perawatan sebelum lomba
a. Mulai H-6 kita jauhkan Murai ini dari segala macam bentuk kebisingan, termasuk suara bising dari sesama Murai. Ada baiknya kita juga melakuka isolasi atau membagikan karantina di burung ini, dengan tujuan supaya mental bertandingnya tetap bagus dan terjaga.
b. Saat memasuki H-3, bila biasanya kita hanya membagikan 6 ekor jangkrik per hari, maka untuk H-3 kita Bisa membagikan burung ini 10 jangkrik per hari. Sedangkan untuk porsi idealnya yaitu 5 ekor jangkirk untuk pagi hari dan 5 ekor lagi untuk sore hari.supaya birahi burung dan performanya tetap terjaga, kita wajib membagikan menu ini dari H-3 hingga H-1
c. bila biasanya kita menjemur Murai selama 1-2 jam, maka saat H-2 kita cukup menjemurnya selama 30 menit aja.
d. di saat hari dimana kontes dilangsungkan, kita Bisa menjalankan pola perawatan Murai Batu sebelum lomba dilangsungkan. Caranya yaitu dengan memandikian Murai saat 2 jam sebelum kontes dilangsungkan, selain itu, kita juga Bisa memberinya 5 ekor ulat hongkong dan 4 ekor jangkrik.
e. Lalu sebelum Murai kita turun kontes, kita Bisa membagikan 2 ekor jangkrik lagi di Murai kita.

2. Perawatan sesudah lomba
a. Selama H+1 hingga H+3 kita wajib menjemur Murai selama 30 menit dan tak boleh lebih, bila memasuki H+4 kita baru Bisa menambah waktu jemurnya.
b. Setelah lomba kita hanya wajib membagikan extra food (EF) dengan porsi normal atau sesuai dengan porsi di hari biasa.

Cara merawat Murai Batu sebelum dan sesudah lomba Bisa kita terapkan sesuai dengan materi di atas. Tapi ingat, selain memakai cara-cara di atas, kita juga wajib menjaga stamina dan kebugaran burung dengan memberikannya multivitamin OrBird sebelum dan sesudah lomba dilangsungkan.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888