Cara Merawat kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lomba

Burung kenari merupakan salah satu burung yang tubuhnya mungil. Hal ini membuat para pecinta burung sangat meminati burung kicau satu ini. Bukan hanya badannya yang kecil, namun suara kicauan yang dihasilkan juga sangat merdu.

Tidak heran jika burung kecil ini sering mengikuti perlombaan bergengsi. Nah, bagaimana cara merawat kenari untuk lomba, berikut sedikit ulasan.

Cara Merawat kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lombajualtelurjangkrik.com

Pada dasarnya perawatan burung kenari ini sama saja dengan burung kicauan lain. Dilakukan setiap hari dengan konsisten, ini bisa menjadi kunci keberhasilan kenari dalam perlombaan.

Akan tetapi, perlu juga memperhatikan kesehatan burung dan agar bisa mengeluarkan suara yang merdu dan indah.

Burung kenari pada jam 07.00 diangin-angikan di teras rumah kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bisa dimandikan atau disemprot tergantung dengan kebiasaan burung kenari.

Rutin membersihkan kandang untuk menjaga kebersihan serta bisa menambahkan pakan dan minumnya. Ini salah satu cara merawat kenari untuk lomba. Lalu burung kenari dijemur sekitar jam 08.00 sampai jam 11.00 kurang lebih bisa 1 sampai 2 jam saja.

Jika sudah dijemur burung kenari bisa ditaruh di teras selama 10 menit untuk diangin-anginkan dan setelah itu dikerodong di dalam sangkar.

Siang hari burung bisa dimaster dengan burung master lainnya atau juga bisa dengan suara master. Pada jam 15.30, burung kenari bisa diangin-anginkan kembali dan jika perlu bisa dimandikan lagi.

Jangan lupa untuk selalu mengontrol makanan dan minuman burung. Saat malam hari, burung dikerodong kembali sambil diperdengarkan suara burung master.

Semua cara merawat kenari untuk lomba ini tidak lain bertujuan untuk mempersiapkan burung agar memiliki stamina dan birahi yang stabil saat berada di gantangan.

Saat diberikan pakan dan kebiasaan yang burung sukai, akan membuat burung merasa dicintai dan pemilik bisa mulai mengakrabkan diri untuk mengenal karakter burung. Perawatan yang dilakukan untuk persiapan lomba bisa dilakukan 3 hari sebelum hari perlombaan.

Cara Merawat kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lombapixabay.com

Cara merawat kenari untuk lomba tidak hanya dilakukan saat akan ada pertandingan saja, melainkan terus dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh dan stamina saat lomba.

Mengembalikan stelan kenari harian, memberi vitamin suprvit pada hari pertama setelah lomba guna mengembalikan kebugaran burung kenari. Pemberian vitamin sampai 3 hari setelah lomba dan lakukan penjemuran maksimal 30 menit.

Bisa dengan memberi mentimun selama 2 hari berturut-turut, lebih sering dimandikan, lamanya penjemuran bisa dikurangi dan saat diumbar bisa lebih sering dan lebih lama.

Berikan apel 4 hari, perbanyak campuran lin seed, niger seed dan biji fumayin pada makanan burung kenari.

Pada porsi kroto bisa ditingkatkan sampai 3x seminggu, mandikan hanya 2 hari sekali saja, dan lakukan isolasi pada burung kenari.

Perlu anda tahu, burung akan mengalami masa mabung yakni masa dimana burung akan merontokkan bulu-bulunya secara alami.

Masa mabung harus dilakukan perawatan yang tepat karena jika kurang perawatan, maka burung kenari akan rusak. Metabolisme burung kenari akan berkurang hampir 40% dari kondisi saat burung keadaan normal.

Jika mengalami masa mabung, burung kenari memerlukan asupan makanan jauh lebih banyak dari keadaan normal. Hindari burung kenari bertemu dengan burung lain untuk mengurangi dampaknya.

Akibatnya dari dampak bertemu dengan burung lain akan tidak seimbang hormon serta masa mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Cara merawat kenari untuk lomba dan untuk pasca lomba serta penanganan lain bisa anda jadikan panduan jika ingin merawat burung kenari.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *