Cara Merawat Kenari Mabung Dengan Tepat dan Mudah

Cara merawat kenari mabung diperlukan adanya langkah yang benar. Sebenarnya perawatan burung kenari tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan burung kenari tidak mudah stress.

Oleh karena itu, dalam perawatannya pun tidak terlalu merepotkan. Namun terdapat kondisi yang membuat jenis burung ini cukup cukup mengkhawatirkan yakni ketika burung kenari mabung.

Cara Merawat Kenari Mabung Dengan Tepat dan Mudahwikicau.com

Mabung atau dikenal dengan moulting yakni suatu kondisi dimana burung mengalami
pergantian bulu. Ketika mengalami mabung, pada umumnya burung akan memasuki mas cuti. Dimana mereka akan mengurangi aktivitas seperti berkicau.

Dalam hal ini, perawatan burung kenari mabung hendaknya perlu adanya perhatian secara cermat serta cukup hati-hati. Apabila anda melakukan cara merawat kenari mabung secara asal-asalan, maka justru akan menimbulkan masalah lain.

Perawatan pada burung kenari mabung cukup berbeda dibandingkan dengan jenis burung lain. Pada burung kenari yang sedang mabung harus diperhatikan dalam hal makanan, penjemuran serta cara memandikannya.

Akan tetapi, terkadang para pemilik burung kenari kurang begitu memahami bagaimana cara perawatan burung kenari mabung secara tepat dan benar.

Padahal dengan adanya perawatan kenari mabung yang benar, maka proses mabung burung tersebut akan berjalan lancar serta cepat selesai, sehingga burung kenari dapat beraktivitas lagi.

Pergantian bulu yang lama menjadi bulu yang baru merupakan cara periodik. Oleh karena itu, bagi anda yang mempunyai burung kenari yang mabung, hendaknya mengerti cara cara perawatan burung kenari mabung yang benar dan mudah. Dibawah ini cara perawatan burung kenari mabung dengan benar antara lain:

Supaya burung kenari mabung memperoleh perhatian yang baik sesuai dengan keadaannya, maka anda perlu mengetahui ciri-ciri kenari mabung.

Ciri kenari yang sedang mabung adalah kenari mabung pada umumnya akan malas berkicau serta lebih banyak diam. Selain itu terjadi kerontokan pada bulu.

Selanjutnya akan terlihat bulu-bulu muda yang baru tumbuh. Kenari mabung memerlukan tambahan nutrisi seperti protein serta vitamin.

Cara Merawat Kenari Mabungjualayamhias.com

Beberapa faktor yang mempengaruhi burung kenari mabung antara lain faktor cuaca yang kurang baik, faktor lingkungan, serta faktor hormon yang tidak stabil.

Selain itu, faktor umur, pada kenari muda akan mengalami masa mabung yang cukup lama. Sedangkan kenari tua akan mengalami proses mabung yang lebih cepat.

Beberapa cara perawatan kenari mabung secara benar dan mudah diantaranya:

Selama mabung, porsi makan burung kenari hendaknya lebih ditingkatkan. Hal ini dikarenakan kenari membutuhkan asupan energi serta nutrisi yang tinggi agar kondisi tetap prima.

Dalam merawat burung kenari mabung, hendaknya dijauhkan dari keramaian terutama dari hewan predator. Pada sangkar burung hendaknya ditutup dengan kain yang bertujuan untuk menjaga suhu dalam sangkar agar tetap stabil. Hal ini dapat membuat burung menjadi lebih fokus selama fase mabung.

Hal ini bertujuan untuk memperlancar pembentukan bulu. Dengan pemberian extra fooding alami yang berupa sayuran, buah-buahan, serta makanan yang mengandung protein tinggi seperti kroto dan telur puyuh.

Apabila telah tumbuh bulu-bulu jarum, maka anda dapat melakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung kicau yang sudah gacor.

Hal inilah yang tepat dalam memaster burung kenari. Karena pada saat ini burung kenari lebih fokus sehingga cepat untuk belajar.

Dengan mengikuti langkah cara perawatan burung kenari mabung dengan benar dan mudah diatas, maka proses mabung burung kenari tersebut dapat berlangsung dengan mudah tanpa ada kendala.

About dr.gaplek

Check Also

Mengenal Burung Takahe Dari Selandia Baru Yang Terancam Punah

Home | Dunia Burung | Mengenal Burung Takahe Dari Selandia Baru Yang Terancam PunahBurung Takahe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *