Loading...
Perawatan

Cara Merawat Jalak Kebo

Cara Merawat Jalak Kebo – Salah satu burung yang banyak digemari saat ini yaitu burung jalak kebo. Mengapa dinamakan dengan jalak kebo? Hal tersebut karena mamang burung jenis ini kerap terlihat bertengger di punggung kerbau untuk mencari kutu sebagai makanannya.


Gambar Jalak Kebo

Gambar Jalak Kebo


Kelebihan jalak kebo dibandingkan dengan jenis lainnya yaitu mudah dalam perawatannya. Pasalnya dalam hal makanan jalak kebo, burung jalak kebo tidak terlalu memilih jenis makanan tertentu. Bahkan voer apa saja yang diberikan padanya bisa dimakan. Akan tetapi jika Anda sedang mencari makanan jalak kebo biar gacor, Anda bisa memberi vitamin biar gacor untuk burung Anda.


Bukan hanya itu saja, kelebihan jalak kebo lainnya yaitu meski tidak diberikan EF atau ekstra fooding tetap akan mengeluarkan kicauan atau cerewet. Bahkan tek jarang Anda juga bisa menemukan jalak kebo bisa ngomong seperti burung beo, meski tak sebagus dan selantang burung beo.


Gambar Jalak Kebo Jantan

Gambar Jalak Kebo Jantan


Burung jalak kebo sendiri terdapat dua jenis, yaitu jalak kebo mata putih dan jalak kebo mata kuning. Dimana keduanya memiliki ciri khas sendiri. Misalnya jalak kebo mata putih memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jalak kebo mata kuning.

Jalak Kebo Mata Putih

Ciri khas jalak kebo mata putih yaitu memiliki iris mata berwarna putih. Yang  menjadi keistimewaan jalak kebo mata putih adalah bisa meniru suara manusia. Seperti yang telah dijelaskan tadi bawah jalak kebo bisa ngomong yang sering Anda temukan adalah jenis jalak kebo mata putih.

Jalak Kebo Mata Kuning

Dengan ukurannya yang lebih kecil dari jalak kebo putih, jenis jalak kebo ini memiliki keunikan tersendiri.


Jika jalak kebo putih dapat meniru suara manusia, maka jalak kebo memiliki kicauan yang merdu. Bahkan sangat pandai untuk meniru suara atau bunyi yang didengar di sekitarnya, misalnya suara burung lain. Dan bagian iris matanya berwarna kuning.


Gambar Jalak Kebo Mata Putih

Gambar Jalak Kebo Mata Putih


Karakteristik secara umum jalak kebo sendiri antara jantan dan betina berbeda. Cara membedakan jalak kebo jantan dan betina juga cukup mudah, cukup melihat postur tubuhnya karena jalak kebo jantan postur tubuhnya lebih besar dan lebih panjang jika dibandingkan dengan jalak kebo betina. Umumnya jalak kebo jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jalak kebo betina. Selain itu, bagian kepala jalak kebo betina juga memiliki bulu kepala yang lebih rapi sedangkan jalak kebo jantan memiliki jambul. Perbedaan jalak kebo jantan dan betina sangat mudah sekali dilihat bukan?


Meski tergolong jenis burung liar, sebenarnya jalak kebo mudah untuk dijinakkan. Cara menjinakkan jalak kebo liar yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memandikan jalak kebo hingga basah kuyup, kemudian diberi makan jangkrik. Anda bisa menyuapinya sambil mengelus badannya. Dengan cara tersebut, maka jalak kebo akan mudah untuk adaptasi dengan lingkungannya yang baru.


Dengan kelebihan jalak kebo mata putih, yaitu bisa meniru suara manusia, maka tak heran jika jenis jalak kebo ini banyak dimintai. Sedangkan jalak kebo kuning yang banyak diminati adalah dengan jenis kelamin jantan, sebab suaranya lebih merdu.


Cara merawat jalak kebo terbilang sangat mudah, tak seperti dalam merawat burung lainnya. Hanya dengan memandikan, menjemur, dan memberi pakan. Apalagi pakan jalak kebo sendiri sangat mudah, sebab apapun yang Anda berikan akan dimakan dengan lahap. Meski demikian tentunya Anda tetap harus memberikan makanan yang bernutrisi.


Tentang berapa harga jalak kebo mata putih atau kuning sebenarnya relatif, tergantung bagaimana kondisi jalak kebo tersebut. Jika kemampuan kicauan atau berbicara jalak kebo tersebut bagus, maka harganya akan semakin mahal.


Jika Anda ingin memelihara, maka sebaiknya pilih anakan jalak kebo jantan yang mata putih atau kuning. Mengapa? Sebab, jika masih anakan maka akan mudah dilatih. Apalagi jika dengan jenis kelamin jantan, maka suara yang dihasilkan biasanya akan lebih merdu dan bervariasi. Namun meski demikian jenis jalak kebo betina juga tetap bisa gacor, asalkan dilatih dengan cara yang benar.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment