Cara Menjinakkan Burung Prenjak Kepala Merah dari Alam Liar

Home | Burung Prenjak | Cara Menjinakkan Burung Prenjak Kepala Merah dari Alam Liar

Sebenarnya cara menjinakkan burung prenjak kepala merah tidak sulit. Asalkan anda harus sabar, tekun, dan merawatnya dengan konsisten. Akan tetapi, lamanya burung tersebut akan jinak tergantung dari psikologinya.

Jika burung tersebut sering berada di lingkungan manusia, pasti akan cepat jinak. Berbeda dengan burung yang ditangkap liar di hutan akan sulit dijinakkan.

Cara Menjinakkan Burung Prenjak Kepala Merah dari Alam Liar kicaumania.net

Prenjak kepala merah merupakan jenis burung mungil yang banyak berada di sekitar rumah. Dulu hampir setiap pagi burung ini berkicau di halaman rumah.

Orang zaman dulu percaya bahwa jika ada burung prenjak berkicau di depan rumah pertanda adanya tamu. Namun, saat ini hal tersebut sudah hilang.

Begitu juga habitat burung prenjak kepala merah tidak hanya bisa ditemukan di alam bebas. Anda bisa menemukan prenjak kepala merah berada di kios toko burung, bahkan pasar.

Burung prenjak kepala merah termasuk dalam burung yang unik dan menarik. Ukuran tubuhnya mungil. Sedangkan suaranya keras dan nyaring. Apalagi jika anda pelihara sepasang, pasti akan bersahutan dan ramai.

Meski burung ini liar, namun jika anda berminat memeliharanya akan menjadi jinak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar burung prenjak kepala merah jinak dipelihara.

Burung prenjak kepala merah saat ini sudah ikut ambil bagian dalam dunia burung kicauan. Banyak kicau mania yang menggunakan burung ini untuk masteran burung kicau yang akan dilombakan.

Burung ini banyak dipelihara secara berpasangan agar suaranya semakin gacor. Suara prenjak yang paling dominan dan selalu gacor dimiliki prenjak jantan.

Sedangkan betinanya memiliki kicauan yang monoton. Ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan agar burung prenjak liar bisa dijinakkan. Diantaranya:

Saat anda mendapatkan burung prenjak kepala merah dari alam liar, sebaiknya dikrodong. Burung yang biasanya hidup bebas akan kelabakan saat dimasukkan dalam sangkar.

Oleh karena itu, biasanya dikerodong agar tidak mudah kaget. Berikan full kerodong agar burung merasa lebih aman dan nyaman.

Di awal penjinakan, sebaiknya dikerodong secara keseluruhan asalkan pakan dan minumnya tetap terpenuhi. Jika sudah, beberapa hari gantung burung di tempat yang sepi, aman dan nyaman.

Selanjutnya, anda bisa gantung burung di tempat yang sepi, aman dan nyaman tanpa kerodong. Namun, di malam hari anda pasang kembali krodong yang sudah digunakan tadi.

Tips agar prenjak ini jinak yang anda dapatkan secara liar selanjutnya dengan dimandikan. Ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari memandikan burung.

Salah satunya yaitu agar burung lebih jinak. Mandikan burung di pagi hari dengan spray. Mandikan burung hingga burung basah kuyup. Lakukan memandikan burung pada pukul setengah 7 pagi.

Jika proses mandi burung sudah selesai, jemur prenjak kepala merah di bawah matahari. Saat matahari mulai terik, sebaiknya pindah ke tempat yang teduh.

Burung yang dimandikan dan dijemur biasanya merasa lapar. Anda harus segera berikan pakan secara langsung agar bisa lebih dekat dengan burung. Jika burung masih merasa ketakutan, bisa gunakan bantuan alat.

Berikan makan secara rutin di waktu pagi, siang dan sore hari. Berikan makan kroto, ulat, atau jangkrik dari tangan anda sendiri agar burung lebih jinak.

Merawat burung prenjak kepala merah memang agak sulit. Apalagi jika prenjak yang dirawat adalah jenis burung yang didapatkan dari alam liar.

Gunakan cara menjinakkan burung prenjak kepala merah untuk bisa dipelihara. Dengan merawat secara rutin, anda bisa mendapatkan burung liar yang jinak.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ragam Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung Kicauan

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan pastinya harus diiringi dengan perawatan yag baik dan benar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *