Cara Mengobati Flu pada Burung Merpati bisa Diawali dengan Perawatan

Home | Burung Merpati | Cara Mengobati Flu pada Burung Merpati bisa Diawali dengan Perawatan

Gunakan cara mengobati flu pada burung merpati agar cepat sembuh. Sakit flu atau pilek sering terjadi pada saat musim hujan. Sebenarnya sakit flu tidak terlalu berbahaya atau mematikan.

Penyakit ini bisa menyerang burung jenis apa saja, tak terkecuali burung merpati. Burung merpati atau dara dapat terserang flu karena disebabkan virus. Selain itu, penyebaran penyakit juga cukup cepat.

merpati.org

Ketika musim hujan pasti banyak penyakit yang menyerang burung merpati. Salah satunya sakit flu atau pilek. Penyakit ini dapat menyerang burung merpati jantan maupun betina.

Virus akan menyebar dengan cepat ketika sudah menyerang satu burung saja. Oleh karena itu, bagi anda yang memelihara burung merpati atasi penyakit flu dengan cepat.

Jangan biarkan penyakit flu menyebar luas sehingga membuat kesehatan burung semakin melemah. Penyakit flu pada burung merpati dapat menular cepat dengan berbagai perantara.

Bisa melalui makanan, minuman, hingga kontak langsung antara burung satu dengan yang lain. Kenali burung merpati yang terserang flu dengan cepat.

Sehingga mengatasinya juga bisa segera dan tepat. Gejala sakit flu pada burung merpati dapat diketahui dengan mudah. Diantaranya demam, sakit kepala, batuk, nafsu makan berkurang, hingga bersin-bersin. 

Bagi anda pemilik burung merpati atau dara, segera atasi ketika burung terserang flu. Burung merpati adalah jenis burung yang biasa dilombakan.

Oleh sebab itu, jangan biarkan burung merpati sakit saat akan dilombakan. Jika burung merpati sudah terlanjur sakit, ada beberapa obat yang bisa diberikan untuk mengatasinya.

Ketika anda ketahui bahwa burung merpati terkena flu, segera pisahkan dengan yang lain. Hal ini bukan hanya agar tidak menyerang yang lain.

Namun, dapat membantu burung merasa nyaman dan aman. Jika masih dibiarkan bersama dengan yang lain, virus dapat menular.

Burung merpati yang sakit flu jangan letakkan di luar. Apabila burung terkena angin justru dapat semakin parah. Tempatkan burung yang sedang sakit di dalam rumah dan hindari dari angin yang kencang.

Tirai yang dimaksud disini adalah kerodong. Kerodong ini terbuat dari balutan kain untuk penutup sangkar.

Kerodong pada merpati bertujuan agar burung merasa hangat. Pemberian kerodong pada burung merpati sakit flu dipercaya dapat menyembuhkan dengan cepat.

Saat penyakit flu menyerang merpati selain kerodong bisa tambahkan lampu bohlam. Berikan lampu bohlam 5 watt untuk menghangatkan. Karena musim hujan pastinya udara akan dingin baik di siang hari atau malam hari.

Pemberian lampu dapat membantu menghangatkan burung yang sedang sakit. Selain menghangatkan, bisa juga menerangi burung yang berada di dalam sangkar dan tertutup.

Cara yang paling efektif dalam pengobatan merpati sakit flu dengan memberikan vitamin. Memberikan multivitamin atau suplemen bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh burung.

Jika burung merpati terserang flu bisa berikan multivitamin untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuhnya.

Musim hujan berpotensi banyak penyakit yang dapat menyerang pada unggas. Salah satunya sakit flu.

Sakit flu dapat menyerang burung merpati atau dara. Cara mengobati flu pada burung merpati ternyata mudah saja. Jangan biarkan burung merpati yang sakit flu tidak segera diobati.

Berikan perawatan yang tepat agar burung merpati cepat sembuh dan tidak menulari temannya.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *