Home / Perawatan / Cara mengobati bintil bisul di mata burung merpati

Cara mengobati bintil bisul di mata burung merpati

Dengan adanya penyakit bintil atau bisul ataupun kutilen yang menyerang di mata burung tentunya akan membuat burung tak nyaman bahkan apabila bintil tersebut tak cepat kita obati maka yang akan terjadi merupakan kebutaan,penyakit bintil atau bisulen biasa menyerang di burung merpati (burung dara) namun penyakit bintil benjolan yang ada di sekitar kelopak mata juga Bisa menyerang burung kicauan seperti burung cucak ijo ataupun cendet,gejala awal penyakit bintil di burung biasanya terlihat mata akan tampak berair dan memerah dan banyak penyakit bintil tersebut banyak yang menyebutnya caplak.


Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan bintil benjolan di mata burung merpati Disorientasi satunya merupakan kurangnya kebersihan sangkar burung merpati langkah utama menangani penyakit bintil merupakan membersihkan sangkar dari kotoran kotoran yang menempel di sangkar ataupun yang ada di bagian bawah sangkar burung sisa sisa kotoranya.


mengobati bintil bisul di mata burung merpati


Ciri ciri utama apabila burung akan terserang penyakit bintil merupakan burung akan terbiasa menggosok gosokkan mata burung dengan sangkarnya dan ini akan sangat membahayakan untuk mata burung,tak hanya di mata burung penyakit bintil juga Bisa terjadi di kaki burung.

Langkah langkahnya merupakan lakukan operasi bintil atau benjolan di pinggir matanya dengan memakai pisau ataupun siletBelah daging yang tumbuh tersebut dengan memakai siletBelah menjadi 2 bagian setelah itu kita masukkan obatJenis obat untuk mengobati bisul kutil di burung merpati Bisa memakai kapur (enjet)Ambil kapus yang telah kita beri air dan agak sedikit pulen setelah itu kita taruh di bagian bintil yang baru kita belah.

Untuk mempercepat penyembuhan bintil kita Bisa memakai obat alami berupa dan sirih yang telah kita tumbuk dan setelah itu kita ambil airnya setetes aja dan teteskan di mata burung yang sakit mata tersebut,setelah langkah langkah di atas kita terapkan maka ulangi 3 hari sekali untuk pemberian kapurnya pemberian kapur bermanfaat untuk mematikan bintil tersebut,setelah itu amati bagian mata burung yang benjolan sakit tersebut apabila ada pengempisan bintil ini menandakan bintil sudah akan sembuh.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888