Cara Mengecat Sangkar Burung Agar Mengkilap dan Anti Kusam

Bila anda suka memelihara burung tentunya sangkar menjadi hal utama dan penting. Sebab sangkar adalah tempat dimana anda memelihara burung kesayangan. Agar sangkar terlihat indah, ada cara mengecat sangkar burung supaya tampak mengkilap yang perlu anda ketahui.

Sangkar sendiri sudah ada sejak zaman kerajaan Mesir, ketika itu Caesar memberikan hadiah berupa burung pada penguasa Mesir. Lalu dibuatlah sangkar untuk tempat burung tersebut.

Tujuannya memamerkan burung saat diadakan pesta. Setelah itu, sangkar mulai berkembang di zaman Victoria. Sangkar burung dibuat dengan unik dan sudah banyak orang yang bisa memilikinya.

Biasanya sangkar burung digantung di jendela. Sementara di zaman modern, sangkar burung bisa terbuat dari berbagai macam material. Ada yang dibuat dengan material bambu, kayu, bahkan besi. Pemilihan material tergantung dari jenis burung yang nantinya akan dipelihara.

Apakah burung mempunyai sifat pematuk seperti kenari. Bila iya, maka sangkar harus dibuat dengan material yang memiliki kekuatan tinggi seperti besi. Bila anda memelihara burung dara, maka anda bisa memilih sangkar yang terbuat dari bahan bambu atau kayu.

Agar bisa menciptakan sangkar burung yang mengkilap solusinya dengan menerapkan cara mengecat sangkar burung. Cat bisa membuat tampilan sangkar lebih menarik dan juga tahan lama.

Sangkar burung memerlukan perlindungan yang baik agar bisa bertahan lama dan aman. Supaya burung terhindar dari toxic yang terkandung di dalam cat.

Cara Mengecat Sangkar Burung Agar Mengkilap dan Anti Kusamabisc.wordpress.com

Ada dua macam cara yang bisa anda lakukan untuk memberikan tampilan natural dan juga tampilan solid pada sangkar burung. Keduanya bisa membuat tampilan sangkar burung yang anda miliki menjadi lebih menarik dan tampil elegan.

Jenis cat pertama yang bisa anda pilih saat anda menggunakan material sangkar burung berupa kayu adalah cat water based. Umumnya banyak orang memilih material serat alam untuk membuat sangkar burung seperti kayu atau bambu.

Mungkin anda juga pernah melihat sangkar burung yang memiliki ukiran yang sangat menarik. Anda dapat memilih jenis sangkar ini dan bisa melakukan finishing sendiri. Sangkar burung memerlukan tampilan warna natural supaya ukiran yang terdapat pada sangkar burung tersebut tampak lebih menarik dan klasik.

Berikut ini akan kami bagikan cara mengaplikasikan cat water based pada sangkar burung dengan cara aplikasi menggunakan kuas atau bisa juga direndam. Untuk informasi selengkapnya, berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

Hal pertama yang harus anda lakukan pastikan sangkar burung dalam kondisi kering dengan MC kayu minimal 12%. Selain itu, pastikan pula sangkar burung bersih dari kotoran seperti debu amplas.

Anda dapat mengecat sangkar burung baik yang sudah dirakit maupun yang belum. Namun sebaiknya untuk sangkar burung yang belum dirakit bisa dilakukan dengan menggunakan teknik perendaman. Sementara untuk sangkar yang sudah dirakit akan lebih mudah melakukan pengecatan dengan kuas.

Langkah selanjutnya campuran cat kayu yang telah dipilih dengan menggunakan bahan pelarut. Dalam hal ini sebaiknya anda menggunakan cat water based. Campur cat kayu dan bahan pelarut kemudian aduk sampai rata.

Lakukan perendaman atau pengecatan dengan kuas secara merata ke semua permukaan sangkar burung. Tunggu cat sampai kering, lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas bernomor 400.

Selanjutnya untuk sentuhan akhir anda dapat memakai top coat gloss dan dicampur dengan bahan pelarut yang di aduk sampai rata. Aplikasikan campuran tersebut pada sangkar burung baik dengan cara direndam atau dengan kuas.

Tunggu sampai kering sekitar 1 malam, baru sangkar burung nantinya dapat dirakit atau bisa langsung digunakan.

Bila anda ingin sangkar burung memiliki warna lain selain warna yang natural, maka anda dapat memilih warna solid. Umumnya pemilihan warna ini disebabkan karena alasan material yang dipakai.

Warna solid sering dipakai untuk warna kayu, besi dan juga bambu. Pemilihan warna ini karena cat sangkar burung dengan warna solid bertujuan untuk mendapatkan tampilan sangkar yang berbeda. Khususnya sangkar burung yang dibuat dengan bahan baku besi.

Pengaplikasiannya juga ada dua cara, yakni bisa dilakukan dengan cara direndam atau dengan dikuas. Anda dapat memilih cara mana yang paling mudah. Sementara itu, untuk cara mengecat sangkar burung, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan pastikan sangkar burung sudah dalam kondisi bersih dan kering. Bila sangkar burung dibuat dari bahan besi, pastikan bahwa tidak ada karat. Sebab karat bisa mengganggu proses penetrasi cat untuk melapisi besi.

Campur cat untuk sangkar burung dengan bahan pelarut. Dalam pencampuran ini sebaiknya anda menggunakan cat water based. Campur sampai rata lalu kuas atau rendam sangkar burung sampai seluruh bagian terlapisi cat.

Tunggu sampai kering lalu amplas ambang menggunakan kertas ambang nomor 400. Anda dapat melapisi sangkar burung dengan cat kembali sampai mendapatkan hasil seperti yang anda inginkan.

Tahap terakhir adalah memberikan lapisan top coat yang bisa melindungi sangkar lebih baik. Lapisan ini juga bisa memberikan tampilan yang lebih mengkilap pada sangkar burung. Caranya tinggal campur top coat dengan bahan pelarutnya.

Kemudian diaduk sampai rata, lalu anda dapat merendam sangkar burung atau menguasnya. Tunggu hingga sangkar burung kering 1 malam, baru sangkar ini bisa digunakan.

contohternak.blogspot.com

Di dalam pemelituran, sangkar yang dihasilkan memiliki warna clear atau natural. Sementara untuk bisa mendapatkan warna warna yang natural seperti hijau, kuning, merah, biru sampai dengan warna ungu dibutuhkan produk yang lebih spesifik.

Ada 5 langkah yang bisa anda ikuti dalam mengecat sangkar burung agar mendapatkan warna yang indah. Pertama amplas bilah sangkar dan juga bagian lain supaya lebih halus.

Larutkan cat yang ingin anda gunakan sesuai rekomendasi. Kemudian aplikasikan cat pada bagian sangkar burung dan tunggu sampai kering. Ulangi langkah tersebut sampai selesai.

Anda harus memastikan bahwa sangkar sudah benar-benar garing dan juga bersih dari kotoran. Jika anda mengaplikasikan cat water based, pastikan bahwa sangkar bisa bersih dari noda minyak.

Di dalam memilih cat untuk memperindah sangkar burung, berbagai macam warna bisa menggunakan cat water based agar kesehatan burung peliharaan tetap terjaga. Cat water based merupakan cat yang pengencerannya digunakan dengan menggunakan air bukan spiritus atau tiner.

Lebih baik anda pilih cat yang menerapkan sistem aplikasi tunggal. Cat tersebut di dalamnya mengandung dempul, warna, sampai clear coat jadi sangat praktis untuk digunakan. Pilih jenis cat seperti cat yang sering dipakai pada ruangan indoor maupun outdoor.

Jika anda memakai produk pewarna kayu, anda bisa menambahkan clear varnish yang bisa memberikan efek mengkilap. Clear varnish tersedia di pasaran dengan tingkat kilau yang beragam. Mulai dari Glossy, satin sampai dengan matte. Bila anda ingin memberikan efek klasik atau lawas, anda bisa fokus terhadap atap sangkar.

Supaya lebih praktis, pilih cat yang dapat disemprotkan atau digunakan sebagai rendaman cat yang dapat diaplikasikan baik pada kayu maupun pada logam. Sehingga saat anda menerapkan cara mengecat sangkar burung ini anda tidak akan mengalami kesulitan. Meski sangkar burung anda terbuat dari berbagai macam material.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *