Home / Liputan / Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

BurungCantik.com – Masih belum tau? cara terbaik mengatasi burung lovebird yang sedang mengalami ovebirahi! baca disini.

Over birahi merupakan siklus alami yang pasti dialami oleh setiap burung kicau, tidak terkecuali pada burung lovebird. Nah jika over birahi terjadi ketika burung sedang dilombakan tentunya menjadi kerugian bagi pemilik burung tersebut

Namun bila terjadi pada masa perjodohan tentunya menjadi hal yang sangat menguntungkan. Nah berikut kami rangkumkan beberapa tips mengenai cara mengatasi lovebird yang ovebirahi.

Beberapa tanda yang bisa anda jadikan pedoman untuk mengetahui burung lovebird mengalami over birahi atau tidak.

Burung terlihat sering mengawini pangkringan atau tangkringan.Sering mematuk dan mencabuti bulunya sendiri, berakibat pada kerusakan bulu.Burung terlihat agresif, galak dan berperilaku aneh tidak seperti biasanya.Apabila over birahi terjadi pada indukan yang sedang meloloh, burung akan berhenti meloloh.Burung mengalami macet bunyi atau sama sekali tidak berbunyi.

Baca Juga:

Mau cara paling aman dan ampuh mengatasi burung lovebird yang sedang mengalami over birahi (OB), silahkan baca beberapa tips berikut ini.

Saat lovebird mengalami over birahi, hal yang paling baik dilakukan ialah meningkatkan frekuensi mandinya. Tingkatkan mandi burung menjadi 3 kali sehari yaitu pada “Pagi Hari” sebelum terbitnya matahari, “Sore Hari” sekitar jam 15.00 dan juga “Malam Hari” pada jam 22.00–24.00.

Cara memandikannya, silahkan gunakan sprayer atau keramba selama 15-30 menit lakukan secara rutin sampai tingkat birahi lovebird menurun.

Baca Juga:

Pengembunan sangat baik untuk menjaga kesehatan pernafasan burung serta melatih burung untuk ngeplong (berkicau lebih keras). Cara pengembunan, cukup gantungkan sangkar diluar rumah saat matahari belum terbit.

Untuk penjemuran sebaiknya dilakukan pada pukul 07.00 – 09.00 pagi, soalnya sinar matahari pada jam ini memiliki kandungan vitamin D yang paling tinggi.

Baca Juga:

Untuk sementara stop dulu pemberian pakan yang dapat meningkatkan birahi burung seperti kwaci, jagung muda dan kangkung. Sebagai gantinya silahkan tambahkan multivitamin sepeti “Ebod Vit” pada air minum burung (cukup 3 tetes untuk 1 cepuk) sampai birahi menurun.

Baca Juga:

Pemindahan kandang ini bertujuan agar burung dapat bergerak secara bebas dan terhindar dari yang nama stress. Saat dikandang poiler, sangat disarankan untuk melakukan pengawasan soalnya burung yang sedang over birahi biasanya berubah menjadi galak dan mudah berkelahi.

Baca Juga:

Fenomena seperti “Gestang (gesek tangkringan)” sebetulnya bukan hal asing lagi! Lalu bagaimana cara mengatasi lovebird yang mengalami kondisi seperti ini, ikuti tips berikut ini.

Mandikan burung dengan “Metode Semprot” hingga basah kuyup.Berikan pakan berupa “Milet” dan hindari pakan penyebab birahi.Lepasakan burung pada kandang umbaran bila tidak punya gunakan kandang soliter.Pada kandang tersebut berikan pakan dan air minum serta hilangkan tangkringan.Segara carikan pasang agar perilaku gestang lovebird bisa hilang.

Baca Juga:

Apa yang harus dilakukan ketika mendapati burung suka mencabuti bulunya sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika mengalami hal tersebut.

Kenali dulu apa yang menjadi penyebab lovebird mencabuti bulu.Penyebab Utama: overbirahi, terserang kutu, overdoses dan stress.Overdosis: hentikan memberikan obat dan pakan berprotein tinggi.Terserang Kutu: mandikan lovebird menggunakan semprotan yang ditambahkan shampo anti kutu.Bila lovebird mencabuti bulu setelah dimandikan, silahkan ganti metode memandikan burung.Gunakan cepuk besar yang berisi air dan biarkan lovebird mandi sesukanya.Tapi bila kejadian ini terulang kembali, hentikan memandikan lovebird hingga bulunya kembali.Overbirahi: coba carikan pasangan dan hindari pakan yang menyebabkan overbirahi.Stress: pindahkan lovebird kedalam kandang umbaran dan berikan beberapa mainan.Langkah selanjutnya pasang “Cone Collar” atau “Corong” pada bagian leher burung.Terakhir silahkan tempatkan lovebird pada lokasi yang sejuk dan tenang sampai bulunya tumbuh.

Baca Juga:

Tidak hanya manusia burung kicau ternyata bisa mengalami kebotakan juga lho! Bila burung lovebird anda mengalami kebotakan coba gunakan bahan berikut, untuk menumbuhkan kembali bulunya.

Sudah sejak lama tanaman lidah buaya dipercaya dapat menumbuhkan bulu secara cepat serta melebatkan.

Berikut cara menumbuhkan bulu lovebird menggunakan lidah buaya

Silahkan ambil daging lidah buaya secukupnya saja, lalu haluskan.Kemudian oleskan pada bagian burung yang mengalami kebotakan.Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, secara rutin.

Baca Juga:

Selain dikenal sebagai obat kanker, bawang putih ternyata bisa juga digunakan untuk membantu proses pertumbuhan bulu pada burung lovebird.

Inilah cara terbaik mengatasi kebotakan pada lovebird dengan bawang putih

Cukup ambil 1 siung bawang putih lalu haluskan hingga lembut.Lalu oleskan pada area yang mengalami kebotakan.Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin cukup 1 kali sehari.INGAT! berbeda dengan lidah buaya, bawah putih memiliki efek panas.

Baca Juga:

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan atau meredam sifat agresif burung lovebird atau suka menyerang pasangannya.

Segera pisahkan lovebird yang galak ke kandang soliter (karantina).Biarkan burung ini dalam kandang tersebut selama beberapa hari (kurangi jatah makannya).Untuk burung yang terintimidasi (korban) silahkan pindahkan ke lokasi yang tenang.Jangan lupa berikan pakan dan minum yang baik, agar mentalnya tumbuh kembali.Bila sudah 2 minggu, coba jodohkan kedua burung tersebut dengan burung lain.

Baca Juga:

Orang Juga Bertanya: cara menurunkan birahi lovebird jantan cara mengatasi lovebird birahi tinggi ciri lovebird jantan birahi ciri ciri lovebird jantan birahi cara menurunkan birahi lb jantan lovebird jantan birahi menurunkan birahi lovebird jantan cara menurunkan birahi lovebird betina dengan cepat cara menstabilkan birahi lovebird betina cara mengatasi lovebird

Kunjungi artikel aslinya

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888