Cara Mengatasi Burung Trucukan Macet Bunyi dengan Perawatan Tepat

Home | Burung Trucukan | Cara Mengatasi Burung Trucukan Macet Bunyi dengan Perawatan Tepat

Cara mengatasi burung trucukan macet bunyi. Cara ini dilakukan agar burung gacor. Melihat burung terbang dan berkicau adalah keindahan tersendiri.

Banyak jenis burung yang memiliki kicauan merdu nan indah. Salah satunya burung trucukan. Burung ini memiliki suara yang khas dan lantang. Tidak heran masih ada orang yang ingin memelihara burung trucukan.

Burung trucukan dengan suara khasnya akan terdengar unik saat didengar. Selain itu, burung ini mudah dipelihara dan termasuk burung yang jinak. 

arenahewan.com

Beberapa jenis burung kicauan sering mengalami yang namanya macet bunyi. Tidak terkecuali burung trucukan. Hal ini dapat dikarenakan beberapa faktor.

Anda sebagai pecinta burung trucukan wajib tahu bagaimana mengatasi masalah tersebut. Jenis perawatan burung yang digunakan pemiliknya tidak selamanya tepat.

Hal ini dikarenakan burung juga membutuhkan perawatan khusus dalam kondisi tertentu. Salah satunya jika kondisi burung kicauan macet bunyi. Jika perawatan burung tidak sesuai kondisi justru dapat membuat burung semakin drop.

Merawat burung memang tidak mudah. Mengetahui kondisi burung dengan gejala yang ditimbulkan adalah cara yang tepat. Dengan begitu, perawatan akan tepat dan sesuai.

Sebelum mengatasi masalah burung trucukan macet bunyi, ketahui penyebabnya. Biasanya bagi pemilik burung trucukan akan merasa khawatir jika peliharaannya macet bunyi.

Anda tidak perlu takut. Ketahui beberapa faktor mengapa hal ini terjadi. Biasanya burung trucukan macet bunyi dikarenakan mengalami stress atau kurang nyaman. Ada beberapa cara untuk mengatasi trucukan yang macet bunyi. Diantaranya:

Jika burung trucukan macet bunyi karena stress gunakan cara ini. Biasanya mengatasi kondisi ini dengan menambah burung trucukan untuk dijadikan pasangannya. Namun, cara ini hanya untuk burung trucukan yang mengalami stress.

Cara lain untuk mengatasi burung trucukan macet bunyi dengan pengembunan. Berikan aktivitas rutin pada burung trucukan pengembunan selama 40 menit.

Usahakan kegiatan tersebut dilakukan sebelum matahari terbit. Selain itu, anda juga bisa memandikannya hingga basah kuyup. Jika sudah jemur burung trucukan kira-kira 1-2 jam.

Makanan pada burung memiliki fungsi agar performanya bagus. Jika makanan burung berkualitas, maka akan berpengaruh pada kicauannya.

Saat burung trucukan mengalami macet bunyi, usahakan beri pakan yang bagus juga. Pemberian pakan bervariasi dan rutin dapat mengatasi kondisi seperti ini. Saat pagi dan siang beri makan burung trucukan dengan kroto sebanyak 1 cepuk.

Saat sore hari ganti pakan dengan 3-5 jangkrik dan 2-3 ekor ulat hongkong. Hentikan pemberian voer saat burung macet bunyi. Anda juga bisa tambahkan buah namun jangan setiap hari sama.

Di waktu siang hari setelah dijemur, anda bisa kerodong burung trucukan. Saat dikerodong siang hari burung bisa sambil diangin-anginkan. Letakkan burung ditempat yang teduh.

Berbeda jika burung akan dimasukkan ke dalam rumah. Sebaiknya kerodong burung secara penuh dan masukkan ke dalam rumah. Cara ini bisa mengatasi burung trucukan macet bunyi.

Saat burung beristirahat dan anda letakkan di dalam rumah bisa lakukan pemasteran. Pemasteran burung untuk memancing agar bisa berbunyi kembali. Apalagi burung yang performanya sudah cukup baik bisa dilakukan pemasteran secara rutin.

Mengetahui apa penyebab burung macet bunyi merupakan usaha yang pas. Setelah anda ketahui apa penyebabnya baru atasi.

Cara mengatasi burung trucukan macet bunyi bisa dilakukan hanya dengan pola pemeliharaan yang tepat.

About dr.gaplek

Check Also

Keunikan dan Cara Perawatan Burung Srindit Agar Gacor

Banyak sekali berbagai jenis burung yang terdapat di alam indonesia ,indonesia termasuk negara kepulauan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *