Cara Mengatasi Burung Kenari Murung Agar Tidak Sakit Parah

Home | Burung Kenari | Cara Mengatasi Burung Kenari Murung Agar Tidak Sakit Parah

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak sekali penggemarnya. Hal tersebut disebabkan karena burung kenari memiliki warna bulu yang cantik dan menarik.

Selain bulunya yang cantik, kicauan burung kenari juga merdu dan bervariasi. Maka tidak heran jika banyak yang memelihara dan juga menangkarkan burung kicauan ini.

Di dalam memelihara burung kenari, ada kalanya burung kenari mengalami permasalahan yang membuat kita sebagai pemelihara merasa khawatir.

Salah satu masalah yang sering dijumpai dalam memelihara burung kenari yaitu burung kenari terlihat murung dan tidak aktif lagi seperti hari hari biasanya.

Burung Kenari MurungBurung Kenari Murung

Pada saat musim hujan memang bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari berkembangnya bibit penyakit, termasuk diantaranya adalah penyakit pada Burung Kenari.

Masalah yang sering dialami oleh pemelihara kenari yaitu burung kenari menjadi tidak bersemangat dan tampak murung serta lebih banyak diam di lantai kandang. Selain itu burung kenari tidak mau berkicau.

Sama seperti jenis burung peliharaan yang lainnya , burung kenari juga mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Khususnya apabila kondisi kandang tidak dijaga kebersihannya.

Tak hanya itu saja, akan tetapi perubahan cuaca juga berperan pada terserangnya penyakit yang ada pada burung kenari peliharaan.

Untuk mencegah terjadi penyakit yang lebih parah, harus ada penanganan yang tepat pada burung kenari yang sedang mengalami sakit.

Anda sebagai pemelihara sebaiknya juga tau seperti apa ciri-ciri yang diperlihatkan dari sakit yang diderita burung kenari peliharaan Anda. Sebab cara ini akan sangat membantu supaya Anda bisa mengambil tindakan dengan cepat dan juga tepat.

Burung kenari yang tidak sehat atau sedang sakit pada umumnya akan terlihat murung, tidak mau bergerak aktif seperti biasanya, dan sering berada di lantai kandang saja.

Mengatasi Burung Kenari MurungMengatasi Burung Kenari Murung

Penyakit ini banyak dinamakan dengan Panyakit murung oleh sebagian banyak pecinta burung kenari. Guna mengatasi burung kenari murung anda bisa melakukan dengan beberapa langkah seperti berikut ini:

Mengatasi burung kenari murung bisa dilakukan dengan cara melakukan penjemuran yang rutin. Penyakit murung yang menyerang burung kenari ini biasnya diakibatkan karena udara atau cuaca dingin yang terjadi ketika musim penghujan.

Keadaan yang lembab pada kandang mengakibatkan burung merasa kedinginan dan gampang dihinggapi oleh bibit penyakit seperti virus dan juga bakteri.

Maka anda harus melakukan penjemuran burung kenari setiap pagi hari yaitu saat jam 07.00 – 09.00 setiap harinya supaya kenari anda merasa hangat.

Untuk kandang kenari yang keadaannya kotor bisa saja meningkatkan kemungkinan Burung Kenari terserang penyakit.

Maka dari itu sebagai pemilik burung kenari anda perlu melakukan pembersihan kandang dengan rutin pagi dan sore. Khususnya ketika musim penghujan, kandang bisa mudah lembab.

Kemudian pastikan kandang yang digunakan selalu terawat kebersihan dan tidak lembab. Dengan demikian bibit penyakit tidak mudahmenyerang.

Mengatasi burung kenari murung bisa dilakukan menutup sangkar dengan kerodong pada malam hari atau saat cuaca dingin. Sebab bisa membuat burung kenari peliharaan menjadi hangat.

Maka dari itu pemasangan kerodong/punutup kurungan perlu anda lakuakn ketika burung kenari peliharaan Anda tampak sakit.

Anda juga bisa memberikan variasi makanan yang sehat agar burung kenari anda bisa terhindar dari serangan penyakit.

Anda juga bisa memberikan sayuran dan makanan berprotein. Antara lain seperti telur puyuh yang diberikan secara bergantian untuk selingan makanan utama burung kenari anda. Bisa juga anda berikan tepung wortel untuk burung kenari.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Merawat Anakan Burung Cekakak Agar Berumur Panjang

Burung cekakak adalah adalah jenis burung yang tidak termasuk burung langka, akan tetapi burung cekakak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *