Cara Mengatasi Burung Kacer Nyiblek dan Ketahui Penyebabnya

Home | Burung Kacer | Cara Mengatasi Burung Kacer Nyiblek dan Ketahui Penyebabnya

Merawat burung memang ada yang mudah dan sulit. Pada jenis burung kacer merawatnya membutuhkan kesabaran yang cukup.

Banyak hal yang bisa dialami pada burung kicauan yang satu ini. Ada beberapa aktivitas yang sering dilakukan oleh burung kacer. Diantaranya mbagong, ngeruji, mabung, nyiblek dan masih banyak yang lainnya.

Burung kacer nyiblek (tidak bisa buka ekor) perlu diatasi segera. Cara mengatasi burung kacer nyiblek bisa diawali dari cara merubah perawatannya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Nyiblek dan Ketahui Penyebabnya youtube.com

Kacer nyiblek sering menjadi permasalahan yang banyak dialami. Kacer nyiblek merupakan sikap alami dari kacer saat kondisinya tidak nyaman.

Biasanya kacer merasa terancam karena ada yang mengganggunya. Kacer yang jinak juga sering mengalami hal tersebut. Dalam kesehariannya, kacer nyiblek tidak bisa dibedakan dengan burung sejenisnya.

Namun, saat dilombakan burung kicauan ini baru nampak apakah nyiblek atau tidak. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa burung kacer nyiblek.

Diantaranya karena sakit, mabung, kurang mapan, dan kurangnya makanan tambahan. Jika kacer nyiblek akan mengurangi nilai saat dilombakan.

Mengetahui lebih jelas mengapa kacer nyiblek perlu dilakukan. Burung kacer nyiblek biasanya menunggingkan ekornya ke atas dan berperilaku manja.

Burung seperti ini akan memperlihatkan sifatnya saat pemiliknya mendekat. Perilaku seperti ini diperlihatkan karena sifat fighternya berkurang. Jika kacer peliharaan anda mengalami hal ini, sebaiknya segera ditangani.

Memelihara burung kacer perlu ditekuni agar tahu apa yang akan terjadi dan bagaimana mengatasinya. Bagi pecinta burung kicauan ini pasti sudah tidak asing dengan masalah tersebut.

Ketika burung kacer nyiblek anda bisa mengatasinya dengan perawatan. Ada cara ampuh merawat kacer nyiblek dengan perawatan khusus.

Jangkrik adalah makanan favorit burung kacer. Oleh sebab itu, berikan makanan tambahan pada burung kacer. Berikan pola pemberian makanan secara rutin.

Hal ini dapat membantu burung tidak hanya ngeriwik tapi juga ngeplong. Berikan jangkrik pada wadah dan penuhi. Jika jangkrik tidak habis, porsinya dikurangi hingga tidak tersisa.

Cara ampuh mengatasi kacer nyiblek yaitu dengan memandikan. Mandikan burung kacer secara rutin. Mandikan kacer kurang lebih satu minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk dapat menekan birahi dan menjaga emosi agar tetap stabil.

Bagi burung kacer nyiblek perlu dilakukan penjemuran. Kacer yang hanya mondar mandir dan tidak buka ekor dapat teratasi. Penjemuran di bawah matahari dipercaya memperkuat kacer.

Jemur di jam 7 hingga jam 10. Jemur kacer kurang lebih 2-3 jam rutin setiap hari. Setelah itu, berikan vitamin khusus burung kicau. Campurkan dengan minumannya dan kacer dikerodong kembali. 

Burung kacer sebenarnya memperoleh sumber protein dari kroto. Namun, jika pemberian berlebihan justru dapat menambah birahi.

Jika terjadi hal ini burung kacer akan sulit membuka ekornya. Burung tidak emosi sehingga hanya naik turun tangkringan saja.

Mengumbar burung kacer dan memberikannya untulan juga tepat. Berikan untulan atau pancingan burung kecil untuk mengembalikan keganasannya. Bisa berikan pancingan pakan menyerupai cicak, kadal kecil, atau katak kecil untuk diburu.

Burung jenis kicauan yang satu ini memang sering mengalami nyiblek. Cara mengatasi burung kacer nyiblek dapat dilakukan dengan mengganti perawatannya.

Pola settingan makanan tambahan juga mempengaruhinya. Oleh karena itu, atasi segera agar burung kacer dapat menang di perlombaan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *