Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar Paling Efektif

Home | Burung Kacer | Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar Paling Efektif

Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji harus anda pelajari sebaik mungkin. Terlebih untuk anda yang hobi ikut lomba burung. Hal ini dikarenakan ngeruji bisa mempengaruhi kacer kesayangan anda sehingga kalah lomba.

Kebiasaan ngeruji sebenarnya juga dilakukan oleh jenis burung lainnya. Selain kacer, ngeruji juga sering ditampilkan burung lovebird, serindit, kenari dan lain sebagainya. Dengan anda tahu cara mengatasinya, maka penampilan kacer anda bisa lebih maksimal.

duniakicau.net

Kacer adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara penghobi burung. Hal ini dikarenakan kacer memiliki suara yang nyaring dan bervariasi. Tak hanya itu, burung kacer juga memiliki penampilan yang terbilang elegan. Semakin elegan apabila kacer tengah bergaya ngobra.

Sebelum anda tahu bagaimana cara mengatasi burung kacer giras ngeruji, ada baiknya jika anda tahu apa saja penyebabnya dulu. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam menangani nantinya.

Adapun salah satu hal yang menyebabkan kacer ngeruji yaitu over birahi atau yang juga dikenal dengan singkatan OB. Kacer bisa mengalami over birahi apabila mengonsumsi pakan yang tinggi protein.

Selain karena over birahi, kacer giras akan ngeruji apabila anda salah dalam memberikan perawatan harian. Sementara untuk cara mengatasinya, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan dibawah ini.

EF (extra fooding) seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kacer lebih mudah emosi. Tak hanya itu, kacer juga lebih mudah birahi. Maka jangan heran jika pemberian pakan berprotein tinggi membuat kacer ngeruji.

Untuk mengatasinya, alangkah baiknya jika anda mengurangi pakan EF tersebut. Dengan anda membiasakan hal ini, maka kacer anda tidak akan ngeruji lagi.

Selain membatasi pakan extra fooding, ada baiknya anda rutin memberikan pakan berupa buah-buahan pada kacer yang anda pelihara. Perlu untuk anda ketahui bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah-buahan bisa membantu proses pemulihan kacer sehingga tidak ngeruji lagi. Adapun buah yang bisa anda berikan pada kacer yaitu pisang dan pepaya.

Cacing tanah terbukti mampu mengatasi ngeruji yang sering dilakukan kacer. Dalam hal ini, anda bisa memberikan cacing tanah pada kacer dalam kurun waktu beberapa hari sekali. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa langsung terlihat.

Ngeruji juga bisa diatasi dengan cara memperbanyak mandi. Kacer yang rutin mandi secara otomatis bisa menurunkan birahinya. Oleh karena itu, pastikan anda rutin memandikan kacer setiap pagi hari.

Tak hanya itu, anda sebenarnya juga bisa memandikan kacer saat malam hari. Hanya saja, pastikan kondisi kacer sedang fit agar tak jatuh sakit.

Tak bisa dipungkiri bahwa penjemuran bisa meningkatkan birahi pada burung kacer. Maka dari itu, anda sangat disarankan untuk mengurangi intensitas penjemuran.

Ada baiknya jika anda melakukan penjemuran setiap hari maksimal selama 20 sampai 30 menit saja. Anda bisa melakukan penjemuran burung kacer pada pagi hari.

Bahkan anda disarankan untuk menghentikan proses penjemuran dalam kurun waktu tertentu apabila burung kacer selalu ngeruji saat bertemua dengan jenis burung lainnya.

Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji lainnya yaitu memasang tali ties di sangkar. Untuk melakukannya, anda hanya perlu memasang tali ties yang posisinya menghadap ke dalam sangkar di tiap jerujinya. Jangan ragu untuk melakukan cara ini karena termasuk solusi yang cerdas.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung kacer giras ngeruji yaitu melakukan pengembunan. Burung kacer yang sering ngeruji bisa dirawat dengan pengembunan secara rutin.

Perlu untuk anda pahami bahwa pengembunan yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi kacer yang stress. Tak hanya itu, pengembunan juga bisa memberikan kesegaran. Dengan demikian, pengembunan bisa menghilangkan kebiasaan ngeruji yang dilakukan kacer anda.

Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji lainnya yaitu melakukan karantina. Cara ini bisa anda lakukan pada burung kacer yang belum mapan atau masih bahan. Dalam melakukan karantina, anda bisa memberikannya perawatan berupa full kerodong.

Selain itu, anda juga bisa menempatkannya pada lingkungan yang baru. Pastikan anda membantu kacer untuk cepat beradaptasi dalam lingkungan yang baru. Kacer ngeruji sebenarnya juga bisa disebabkan karena belum nyaman dengan lingkungannya yang baru.

burungkacer.com

Burung kacer yang suka ngeruji juga bisa anda tempatkan pada kandang terapi. Kandang terapi itu sendiri adalah sangkar yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan sangkar burung kacer pada umumnya.

Sangkar ini dilengkapi dengan tangkringan tunggal yang sebelah kanan, kiri, atas dan belakangnya ditutup. Adapun penutup yang digunakan adalah karton. Anda bisa menutupnya dari dalam kandang agar lebih praktis dan efisien.

Saat anda menempatkan burung kacer di dalam kandang terapi, anda bisa menggantungnya dengan ketinggian sejajar pandangan mata orang dewasa. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai burung kacer anda tidak ngeruji lagi.

Perlu diketahui bahwa burung kacer juga akan ngeruji apabila takut dengan manusia. Untuk mengatasinya, anda bisa menggantung sangkar burung kacer di tempat yang sering dilalui manusia. Pastikan posisinya sejajar dengan pandangan mata orang dewasa. Hal ini bisa anda lakukan saat siang hari.

Sementara jika malam hari, sangkar burung kacer bisa ditempatkan di lantai saja. Untuk menghindari sangkar dikerumuni semut, maka anda bisa mencoretkan kapur ajaib ataupun menaburi lantai dengan bedak.

Dalam memberikan perawatan ini, anda bisa mengkerodong sangkar pada bagian atasnya saja. Jika tidak dikerodong, dikhawatirkan burung kacer akan sering salto.

Untuk mengetahui apakah cara mengatasi burung kacer giras ngeruji di atas berhasil, maka pastikan anda melakukan pemantauan secara rutin. Jika kacer giras masih suka ngeruji, ada baiknya anda lebih rutin dan cermat dalam mempraktekkan cara-cara di atas.

Lain halnya jika kacer giras yang anda pelihara sudah tidak lagi ngeruji, maka anda bisa memberikan perawatan harian sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan agar kacer anda tidak mengalami malgizi atau kekurangan gizi.

Pemberian vitamin tambahan tidak hanya dilakukan pada burung kacer yang berhenti ngeruji saja, akan tetapi juga sebagai bentuk perawatan yang baik untuk kacer. Hal ini dikarenakan vitamin tambahan bisa memberikan banyak manfaat pada kacer.

Adapun salah satu manfaatnya yaitu burung kacer bisa selalu fit. Selain itu, burung kacer juga tidak akan mudah stress. Vitamin juga bisa meningkatkan nafsu makan burung kacer. Dengan anda memberikan vitamin tambahan, maka anda sama saja telah menjaga kesehatan kacer kesayangan anda.

Selain sehat, kacer juga bisa lebih mudah jinak. Kini anda tak perlu ragu lagi untuk mengikutsertakan kacer untuk lomba. Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji dengan memberikan vitamin tambahan tersebut bisa dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu.

About dr.gaplek

Check Also

Beberapa Tips Beternak Burung Lovebird Bagi Pemula yang Menguntungkan

Home | Burung Lovebird | Beberapa Tips Beternak Burung Lovebird Bagi Pemula yang MenguntungkanTernak burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *