Cara Mengatasi Burung Cendet Salto Sampai Normal Kembali

Burung cendet dulunya termasuk burung sawahan harganya murah. Akan tetapi punya kempuan berkicau yang bagus sehingga harganya bisa mahal. Kemudian, burung cendet juga dikenal menjadi burung yang cukup agresif dan juga galak.

Burung Cendet SaltoBurung Cendet Salto

Namun mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Terkadang burung cendet juga mengalami beberapa masalah burung cendet salto.

Perilaku cendet salto bisa berujung macet bunyi. Burung yang salto dan mogok bunyi menjadi tanda dari burung cendet yang stres. Cendet juga bisa menjadi sering glabakan.

Pada saat didekati, burung cendet selalu berusaha untuk menghindari Anda dan ekornya bisa rusak dan bisa mengalami luka.

Untuk cara mengatasi burung cendet salto, anda harus menerapkannya dengan rutin, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut.

Cara Mengatasi Burung Cendet SaltoCara Mengatasi Burung Cendet Salto

Cara mengatasi burung cendet salto pertama anda harus mengerodongnya terlebih dahulu. Tujuannya agar kondisi burung tidak semakin parah.

Pengerodongan ini dapat dilakukan dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Sebab harus melihat keadaan burung. Apabila burung sudah mengalami perkembangan, pengerodongan bisa ketika malam hari saja.

Mengatasi burung cendet salto bisa dilakukan dengan memberikan terapi suara air mengalir. Bisa diperdengarkan pada burung cendet yang stres ini dengan jelas dan pelan. Hal ini dapat dilakukan selama 24 jam nonstop atau saat malam hari saja.

Mandi malam juga bisa mengembalikan kondisi burung. Karena mandi malam ini manfaatnya sangat penting untuk burung.

Tetapi, karena burung masih dalam keadaan stres, lebih baik semprotan harus disetel embun dan jaraknya jangan terlalu dekat dengan burung.

Karena dikhawatirkan burung bisa merasa ketakutan. Dengan demikian akan trauma pada Anda.

Ketika sudah selesai mandi, bisa diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit. Kemudin dapat langsung dikerodong lalu dimasukkan ke dalam rumah.

Sesudah saltonya berkurang, anda bisa menggunakan terapi lapar. Sebab ketika Anda membuka kerodong dan hendak memberikan jangkrik, sebaiknya jangan langsung berikan.

terlebih dahuluanda bisa menggoda sampai burung cendet mau mengejar jangkrik yang ada di tangan Anda. Setelah itu, jangkrik dapat dengan langsung diberikan.

Terapi lapar ini tak hanya menurunkan emosi salto pada burung cendet. Namun burung juga akan menjadi jinak kembali. Sebab, terapi ini hanya dianjurkan untuk burung-burung yang stres serta mengalami trauma berat sehingga menjadi glabakan.

Pengembunan bisa dilakukan saat pagi hari. Tapi, sebaiknya pengembunan dilakukan sesudah burung tidak terlalu stres.

Karena burung yang diumbar dengan tanpa dikerodong dalam jangka lama, sebab bisa menjadikan salto pada burung semakin parah.

Meskipun, pengembunan kurang efektif dalam mengurangi salto, akan tetapi lebih cocok dilakukan untuk cendet yang kurang gacor. Sebab cara ini dianjurkan hanya pada burung cendet yang sudah tidak salto lagi.

Burung cendet yang sudah tidak ada masalah stres umumnya pada saat kerodong dibuka sudah tidak salto maupun glabakan lagi. Akan tetapi, hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Sebab Anda harus bersabar ketika masih proses penyembuhan ini. Dalam masalah kicauan, mungkin saja burung belum mau bunyi walaupun burung telah mengalami banyak kemajuan.

Maka dari itu, sesudah burung sudah tidak polah dan salto lagi, perawatan berikutnya adalah tahap penggacoran.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan seting ulang dalam menu harian burung dengan meningkatkan pemberian jangkrik serta untuk menambahkan menu kroto.

Lalu, mandi dan jemur juga dapat anda lakukan seperti biasa agar keadaan burung menjadi lebih cepat stabil.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ragam Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung Kicauan

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan pastinya harus diiringi dengan perawatan yag baik dan benar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *