Cara Mencegah Tetelo pada Burung Hantu dari Penyebabnya

Cara mencegah tetelo pada burung hantu akan lebih baik dibanding mengobatinya. Tetelo atau penyakit Newcastle merupakan penyakit unggas yang mematikan.

Penyakit tetelo hampir menyerang seluruh belahan dunia. Tetelo disebabkan karena adanya virus NDV.

Tetelo adalah penyakit berbahaya karena dapat menyerang dengan cepat. Tetelo menyerang berbagai jenis unggas. Salah satunya adalah burung hantu.

Burung hantu biasa hidup di alam liar. Namun, tidak jarang burung hantu banyak dipelihara.

Bagi anda yang memeliharanya, sebaiknya atasi segera burung hantu yang terserang tetelo. Jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat akan berujung pada kematian.

arenahewan.com

Tidak hanya manusia yang bisa terserang penyakit berbahaya. Burung yang dipelihara pun juga bisa terserang penyakit. Burung hantu merupakan jenis burung yang biasa hidup di alam liar.

Namun, juga dapat terserang penyakit tetelo. Penyakit yang mematikan ini sering dialami semua jenis burung. Bagi anda yang memelihara burung hantu, sebaiknya kenali gejala burung terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tetelo sering muncul secara tiba-tiba. Penyakit ini menyerang pada bagian syaraf burung sehingga berakibat kelumpuhan.

Mengatasi burung hantu terserang tetelo menjadi cara agar burung tidak mati. Sebab, virus yang dapat menyerang burung ini bisa dicegah. Pencegahan secara cepat dan tepat dapat menghindari burung dari kematian.

Burung hantu yang terserang penyakit tetelo mengalami beberapa gejala yang ditimbulkan. Jika burung sudah terserang virus tetelo pasti memiliki perubahan yang berbeda. Agar dapat mengatasi penyakit tetelo, sebaiknya ketahui penyebabnya.

Banyak faktor yang dapat membuat virus datang menyerang burung. Hal ini bisa diakibatkan karena sangkarnya yang kotor.

Jika tempat tinggal burung dalam kondisi kotor berbagai penyakit dapat timbul. Oleh karena itu, bersihkan kandang burung secara teratur. Sangkar yang bersih dapat membuat performa burung tetap sehat.

Ketika melihat burung peliharaan giras dan sehat pastinya sangat senang. Berbeda saat burung sedang sakit. Burung hantu yang terserang tetelo akan menunjukkan gejala awal yang aneh.

Burung akan menjadi pendiam, lesu, murung dan nafsu makan menurun. Saat terserang penyakit tetelo, burung akan mengalami jatuh dari tangkringan. Burung tidak bisa bergerak dan naik ke atas tangkringan.

Pencegahan tetelo pada burung hantu bisa diawali dari kebiasaan penyakit ini menyerang. Biasanya tetelo akan menyerang burung di musim pancaroba.

Sehingga anda harus bisa mengantisipasi penyakit dari awal. Ketahui melalui apa infeksi virus tersebut dapat menyerang. Tetelo diakibatkan karena adanya virus NDV.

Sebaiknya atasi dengan membersihkan sangkar burung secara rutin. Jika burung hantu sudah terserang penyakit tetelo, segera hindarkan dari burung lainnya. Tetelo dapat menyerang secara cepat.

Oleh karena itu, anda harus lebih waspada dan berhati-hati. Mengetahui cara mencegah penyakit ini bisa meminimalisir terjadinya penyakit semakin berbahaya.

Segera obati burung hantu terserang tetelo. Jauhkan dari jenis unggas lainnya agar tidak menular. Berikan obat pada burung hantu terserang tetelo. Ada banyak jenis obat tetelo yang tersedia di tempat jual pakan burung.

Burung hantu dapat terserang penyakit yang berbahaya, salah satunya tetelo. Anda bisa gunakan cara mencegah tetelo pada burung hantu dengan tepat. Asal anda bisa ketahui bagaimana gejala yang timbul dan mengatasi dengan tepat.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *