Loading...
Lovebird

Cara Memunculkan Birahi Lovebird Jantan

Cara memunculkan birahi lovebird Jantan– Masalah yang sering di alami peternak lovebird adalah lovebird jantan kurang birahi. Bagi peternak lovebird, hal yang menggembirakan adalah lovebird yang kita jodohkan bisa jodoh dalam waktu yang singkat. Misalnya dalam satu hari kedua lovebird jantan dan betina sudah jodoh. Kadang saya pusing sendiri lovebird yang saya jodohkan tidak kunjung akur dan jodoh malahan berkelahi. Seringnya lovebird jantan kalah dengan lovebird betina. Walaupun sudah menjadi sepasang indukan yang sudah pernah produksi seringnya lovebird jantan masih kalah.

Lovebird kawin

Lovebird kawin

Dari hasil pengamatan selama bertahun-tahun saya sebagai peternak lovebird, untuk meningkatkan birahi lovebird agar jantan dan betina cepat jodoh dan cepat kawin adalah dengan pemberian pakan. Pakan yang saya gunakan sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa rahasia pakan tersebut?

Makanan yang dapat  meningkatkan birahi lovebird jantan dan betina :

KangkungTauge atau kecambang kacang hijauJagung mudaBiji bunga matahari atau kwaciKenari sed

Dari kelima jenis pakan tersebut yang paling power full untuk meningkatkan birahi lovebird adalah kangkung. Selain bisa meningkatkan birahi, kangkung juga bisa meningkatkan produksi telur jika diberikan terus menerus pada saat masa lovebird bertelur.

Cara pemberian pakan untuk meningkatkan birahi lovebird jantan dan betina

Jika kita ingin menjodohkan lovebird sebaiknya masing-masing diberi kangkung apabila lovebird jantan dan betina belum menunjukkan birahinya. Bisa diberikan kangkung 5 hari sampai satu minggu kemudian dijodohkan. Kangkung diberikan secukupnya saja dalam wadah khusus untuk kangkung di samping wadah milet. Alangkah lebih baik kangkung dipotong-potong terlebih dahulu agar lovebird lebih mudah memakannya. Setiap hari diberikan. Kalau ada sisa kangkung hari kemarin sebaiknya dibuang saja.

Untuk terapi agar lovebird mau kawin, di dalam kandang ternak diberikan kangkung juga. Setiap hari diberikan terus sampai lovebird terlihat kawin atau bertelur. Biasanya dalam waktu kurang lebih 10 hari sampai 14 hari setelah kawin lovebird akan bertelur. Bertelurnya lovebird itu tidak setiap hari jadi setiap dua hari sekali.

Perawatan untuk meningkatkan birahi lovebird

Sebenarnya, lovebird yang umurnya sudah 10 bulan sampai 12 bulan, lovebird dengan sendirinya akan memasuki masa birahi. Namun kita sebagai peternak kadang kala menjodohkan lovebird yang usianya baru 9 bulan karena mau mengejar produksi lovebird hehehe. Jadi semakin banyak pasangan lovebird maka semakin banyak pula uang yang masuk ke kantong kita. Oke jadi kalaupun tidak diberikan kangkung atau kecambah juga bisa birahi sendiri asalkan usianya sudah 10 bulan sampai 11 bulanan. Nah kalau tidak segera dijodohkan maka lovebird akan gesek tangkringan (mengawini tangkringan) pada lovebird jantan.

Kalau kita sering menjemur lovebird dalam waktu yang lama juga bisa membuat birahi lovebird naik. Hal ini berlaku kalau lovebirdnya sudah umur 8 bulanan. Kalau lovebird yang masih PAUD (umur 2 – 4 bulan) belum bisa birahi walaupun sudah dijemur dalam waktu yang cukup lama. Jadi penjemuran ini sering dilakukan. Setelah mandi dijemur pada jam 7 sampai jam 10 siang.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara memunculkan birahi lb jantan
  2. cara memunculkan birahi lovebird cepat
  3. munculkan birahi lovebird

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment